Ganti ring piston Yamaha Vixion Part II

Okay, kita lanjutkan pembahasan Ganti ring piston Yamaha Vixion Part II, Bila pada bagian pertama gejala ring piston kendor bisa dideteksi lewat performa motor yang menurun, pada bagian yang kedua gejala ring piston kendor dapat dideketahui melalui pemeriksaan gap/celah kerenggangan pangkal dan ujung ring piston tersebut. menurut BroBapo, batas maksimal celah kerenggangan ring piston dikatakan masih normal maksimal ada diangka 0,25 mm . Check it out

Coba perhatikan gambar diatas, Bila ring piston kita masukan kedalam silinder blok kemudian celah kerenggangannya kita check dengan menggunakan filler gauge, bila celah kerenggangannya dibawah 0,25 mm berarti ring piston itu masih bagus. Namun bila celah kerenggangannya sudah lebih dari 0,25mm, atau bila kita masukan filler gauge dengan ketebalan o,25mm dan filler gauge itu bisa masuk, berarti ring piston tersebut sudah “nglower’ atau kendor. Check it out.

Sebelum mengganti ring piston motor, ada baiknya saya informasikan parts apa saja yang perlu dibeli dan dipersiapkan agar kita tidak bolak-balik kebengkel resmi untuk membeli part2 yang dibutuhkan. berikut parts yang dibutuhkan :

1. Ring piston set 140rebu

2. Packing blok silinder 14rebu

3. Oli (terserah anda :D )

4. Air radiator (terserah anda :D )

Oh iya, untuk melakukan penggantian ring piston perlu membongkar Blok silinder dan silinder head… Bersambung lagi :D

Semoga bermanfaat :D

About these ads

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Tulisan ini dipublikasikan di Bikers, Honda, Info parts motor, Kawasaki, Modifikasi performa, pengalaman berkendara, Suzuki, Tips sepeda motor, Yamaha dan tag , . Tandai permalink.

28 Balasan ke Ganti ring piston Yamaha Vixion Part II

  1. riehary berkata:

    stay tuned om…hehehhe

  2. rere-arinda berkata:

    bro,maaf newbie
    kalau ganti ring piston,apa perlu di cek juga cylinder bloknya? kriterianya seperti apa ya? misal daleman cylinder headnya sudah baret-baret ,dan baret2nya yang bijimana yang masih dalam batas toleransi bisa dipakai, nati takutnya cuma ganti ring piston aja, ternyata cilindernya dah aus juga, mohon bimbingannya suhu….

  3. Maskur berkata:

    menyimak saja, karena awam tentang mesin

  4. suretianto berkata:

    ikutan nyimak.

    Info kisaran total biaya penting bnget nh om :D

    • yudibatang berkata:

      total biaya kalau dikerjakan diberes ring piston 140 rebu + packing blok silinder blok 14rebu + Oli shell 50 rebu + Air radiator 30 rebu + ongkos servis besar 80rebu .. Total biaya 314 rebu :D

  5. moyseventeen berkata:

    gk ngerti mesin bro yud. Brmanfa’at terima kasih
    http://kayaknya tahun dpan mbah satar mau ngikut nih mas xixixi
    http://moyseventeen.wordpress.com/2011/01/17/pembuktian-motor-mobil-vs-pesawa-jet-mantap/

  6. gasspoll berkata:

    kalo di bengkel resmi onkos nya berapa kangga berani tuh bongkar2 kaya gitu hehe

  7. gasspoll berkata:

    oh ia kalo bisa ditulis juga donk langkah2 buka cilinder head nya

  8. Genesis berkata:

    Air Radiatornya mending pake yamacoolant kalo pake yang laen misalnya air radiator mobil, malah akan jadi kerak di kipas pompa radiatornya (pengalaman)

  9. sabo berkata:

    masih ikut menyimak..

  10. sabo berkata:

    kang, kalo pake xado atau nano kira2 ada pengaruhnya nggak ke mesin? Barangkali punya pengalaman.

  11. terong amnesia berkata:

    oli sheel vsx bukannya 42rb… sebelumnya pake itu terus balik maning ke oli kawasaki spek sama cm 28rb hehehe :mrgreen:

  12. terong amnesia berkata:

    blognya super keren euy… ditunggu artikel lanjutannya…

    *siap2 nyampah mode on… :mrgreen:

  13. azizyhoree berkata:

    :roll: diwarung DOHC kalo ongkos bongkar2 cuma segitu tjukup 40 rebu xixixi (kalo yg dateng serem pake jaket + kumisan + melotot harga IDR:seiklashnya :mrgreen:

    http://azizyhoree.wordpress.com/2011/01/19/accessories-all-new-cbr-150-r-2011-part-2/

  14. Hourex berkata:

    tolong bahas jg tentang penggantian & gejalanya pd ninja 150 Mz Yud..

    Ngarep bgt mode on:

    PISS..

  15. Ping balik: Ganti ring piston Yamaha vixion part III | yudibatang personal blog

  16. jefry berkata:

    ikut nimbrung bro yud..q prnh pke oli mesin BM1.krna tarikan mesin malh brebet, q pke lg oli std yamalube.tp kq malh jd panas bgt y.sdangkn tiap hri vixi ane mempuh jarak 40 km pp.ap lagi stlah ane ganti velg ma ban gamboet.uh jd ky mw meledak tu mesin.tlg ksh saran dong bro yud,,ap ane hruz gnti merk oli lagi.lalu bgusnya merek ap??trmksh

  17. donny teongmutiara 2 berkata:

    pake oli merek pejuh bro..psti adem msinnya ,,..hahahahaha trasa orgasme..hahaaha..coba cek radiator

  18. christian berkata:

    mau tanya bro , kalo seher ama ring seher vixie sudah aus , apakah ada seher B nya kayak di Ninja ? ato cukup ganti dengan ring+seher standar saja ? trims bro…

  19. ahmad berkata:

    kira2 kl diberes waktu pengerjaannya brp hari mas..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s