problem air radiator cepat habis, terjadi juga di Honda CS1

Ya..problem air radiator cepet habis direservoir yang terjadi divixion saya, juga bisa terjadi pada sepeda motor berpendingin cairan lain, salah satu yang saya temui sendiri adalah Honda CS1 teman saya yang dibeli bulan April 2010. kemarin sore, Rabu 27 April 2011 pas waktu pulang kerja saya ngobrol-ngobrol dengan rekan kerja saya pengguna Honda CS1. Saya ceritakan problem pada motor saya. Ternyata dia mengalami problem yang sama. Air radiator direservoir Honda CS1 miliknya cepat habis kering kerontang, padahal baru diisi penuh waktu servis hari sabtu tanggal 23 April 2011 alias baru sekitar 5 hari. Check it out :D

Karena rekan saya kurang paham masalah motor, dia tidak tau apa yang harus dilakukan. Saya coba check, buka tutup air radiatornya, ternyata masih penuh. saya coba lihat bagian bawah mesin, jadi tambah bingung… karena ada tiga selang berwarna hitam yang menjulur kebawah. trus mau saya buka box filter udaranya tapi keburu sudah sore.

saya sarankan pada temen saya, agar sementara reservoir segera diisi ulang sambil menunggu waktu yang tepat untuk dibawa kebengkel resmi honda. oh iya, pemakaian Honda CS1 temen saya tergolong normal-normal saja, hanya untuk pulang pergi rumah – tempat kerja. Adakah brother cyser atau pengguna Honda CS1 yang tau solusi untuk mengatasinya? :D

About these ads

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Tulisan ini dipublikasikan di Bikers, Honda, Info parts motor, Tips sepeda motor dan tag , . Tandai permalink.

75 Balasan ke problem air radiator cepat habis, terjadi juga di Honda CS1

  1. snalpot99 berkata:

    tp wekku di tahun ke 2 dua baru nambahin air radiotor mas yud :-D itu stelah dipakai mudik sempat mengalami hampir overheat stlah isi premium di indramayu

  2. Maskur berkata:

    mungkin itu makenya suka yang panas panas panas
    OOT : dulu nemu CS1 di showroom second, tapi udah beli yang lain

    http://maskurblog.wordpress.com/2011/04/28/beli-sepeda-motor-di-showroom-bekas-kenapa-tidak/

  3. Virus berkata:

    sama om yud, temen 1 kota ane jg cepet abis coolant di reservoir ny cuma temen ane itu abis ny 1-2 minggu…tpi klo temen om yud ini waw waw waw baru sekitar 5 hari udah kering kerontang…
    *yg dikonsumsi bensin ny apa coolant ny ya xixixix…kabooor tar ad senior mencak-mencak dimari…

  4. asmarantaka berkata:

    jgn2 di sedot ama Jin penghuni alas Roban itu?? :mrgreen:
    *baru tau kalo CS-1 ngisi air radiatornya lewat bawah jok..kayak ngisi oli samping di motor bebek 2 stroke..buat yg ngak tau bisa2 diisi oli samping tuh :mrgreen:

  5. wiesnunugraha berkata:

    ia niehh…cs1 ane juga air radiator’y cepet bgt kering…pas diisi tau”dari bagian bawah mesin’y ngocor gitu…ada yg tau gk masalah’y apa?????

    • zipx berkata:

      Yah kalo ngisinya kelebihan dari batas upper level yah emang sengaja dikocorin ke bawah bro ada selang pembuangan dari tabung reservoirnya kog kalo udah kelewatan dari batas upper level makanya gak guna kalo ngisi berlebihan, coba aja isi perlahan-lahan gak bakalan luber kan? soalnya ada selang di tabungnya buat antisipasi kalo ngisinya kelebihan serta buat ruang dari air radiator yang panas. Coba dicek diintip dari samping body motor level airnya harus ada minimal di batasan lower level ada batas garisnya kog kalo kosong yah isi sampe batas upper level(garis paling atas).

    • udin jaya radiator berkata:

      selangnya udah memuai, jadi, ganti selang baru atau selang lama dipasang tapi dikasih sealer biar gak bocor

  6. agungsevi berkata:

    kayak e ane juga mas bro..
    mungkin c klo kita bongkar, ada lubang ditabung reservoir(untuk tidak terlalu penuh)..
    supaya tidak gampang terjadi banjir..
    ya seperti kita tahu bahwa kalo mengisi reservoir disarankan tidak penuh, tetapi separo saja(antara low dan full)

    http://agungsevi.wordpress.com/2011/04/26/setel-kemudi-pada-roda-4learn-never-stop/

    http://agungsevi.wordpress.com/2011/04/17/ban-motor-tahu-kan-sekarang-ganti-ban-mobil/

    http://agungsevi.wordpress.com/2011/04/16/kawak-ksr-akan-menjadi-monster-cilik-2011/

  7. gen9 berkata:

    cs1 ane sejak beli baru april 2009 diisi full coolant mpe skrg blom habis coolantnya,,,km nya dah menempuh 23785km,,,tidak pernah overheat dan suhu dikemacetan hanya 3bar,,ketika hi speed cruising 90-115kpj stabil di 2bar (total 6bar)
    masi joz dan markotop,,pemakaian 75% maen di 8000-11000rpm :) ,,yg kudu diperhatikan hanya klem dari selang radiator yg menjulur itu saja,,,,,karena kbnyakan problem radiator cs1 hanya disitu,,,dari pabrik dan dealer kayaknya klemnya kurang kencang…

    • Dani Ramadian berkata:

      Siiiiipppppppp… :)

    • zipx berkata:

      waduh hebat juga punya ente, punya ane di kemacetan jakarta aja sering 4 bar tuh pemakaian sering 5000-7000 rpm udah 29000km. Tapi ane nyantai2 aja tuh(udah biasa sih) selama fan masih bekerja dengan baik dan gak pernah nyentuh 5 bar. oh ya tiap hari ane make 3 bar terus tuh jarang dapet di 2 bar(kecuali kalo pagi2)dapet 1 bar kalo lagi hujan palingan. ane tiap hari biasa pp 50 km. Oh ya setahu ane suhu optimal cs1 kalo stabil maennya di 3 bar deh. hebat juga motor ente.

      • gen9 berkata:

        motul ester 10w40 rahasianya bang,,,suhu motor adeem,,beda ama oli shell yg pernah ane pake sebelumnya,,,,kejadian naik ke bar 4 hanya terjadi ketika naik gunung dengan beban ane 70kg+boncenger 76kg plus tas ransel ala pendaki gunung himalaya :)
        udah berasa beruang kutub naik sepeda onthel gitu,,takut gelundung kebelakang ketika menanjak beban pindah ke belakang semua xixixixi

        ini level di reservoir keliatannya udah 1/4,,

    • cole berkata:

      Betul tuh CS1 ane juga gitu, coolant direservoir berkurang drastis……. ternyata setelah dicheck ……..alamak klem-klem pada selang radiatornya pada kurang kenceng….

    • Billy berkata:

      IYa bener tuh bang broooo…

  8. Tulus_Budi berkata:

    CS1 diadu ama Piksion menang mana yaks ?….. hehehehehe… (kompor mode:on)

  9. Joko berkata:

    Punyaku mau 3th belum nambah air sedikitpun.

  10. black cs1-rider berkata:

    Yoi, bener gan, dulu waktu baru beli probelm ane seperti itu, ane cek aja sambungan selang yg pake klem, ternyata ada rembes di situ, trus ane kencengin aja semua. alhamdulillah sampe sekarang awet, udah 2 tahun ane cuma abis 1 botol aje.

    • yudibatang berkata:

      Thanks infonya masbro, Ntar sy sampaikan keteman saya :D

      • zipx berkata:

        cara memeriksa air radiator cs1 dengan cara melihat di samping kiri body motor dekat tempat tabung reservoir masbro, diintip dari situ, bukan dari atas kalo dari atas mah semua cs1 emang nampaknya begitu terlihat kosong padahal enggak. Ane pengguna cs1 soalnya.

      • yudibatang berkata:

        @zipx, Sudah dimasukin lidi kedalam reservoir, tapi tetep nggak ada cairan terseida.. :D

    • Nay berkata:

      Kalo ternyata udah kenceng semua tapi tetep bocor…coba cek ‘Thermostat’…termostat kita copot dari dudukannya terus coba isi air sambil ditiup pake mulut..kalo mampet coba dipukul2 ke tangan kita (jangan pake palu atau yg keras2 yaa..takut ambrol..hehe)…sampe tiupan angin via mulut kita (inlet) berhasil dirasakan di posisi outlet.

      Nah kalo termostat tidak masalah tapi masih bocor juga…coba kuras habis semua air radiator…terus copot radiator & isi dengan air biasa sampai keluar semua isi kotoran radiator…isi terus ajah yaa airnya sampe kotoran keluar semua…

      Nah mungkin itu ajah tips tambahannya yg pernah gw alamin di Vixion gw dulu…hehe

      Semoga bermanfaat.

      • Udien Drag berkata:

        scara sy penguna cz one

        jka air radiator cpat habis seharosx cek selang2 yg menuju ke radiator pasti ad yg bocor atau selangx ad yg belum tertutup bercayas deh sma sy kan sy anak2 bengkellll dan poex mtor cs one zmzkin lju

        ini ceritaq…………….
        apa ceritamu……………

  11. sekopati berkata:

    sedikit menambahkan mas, jika kita bongkar semua body depan di sebelah kiri ada sejenis valve. jika pada kecepatan tinggi rpm kira2 >7000 rpm, kadang muncul rembesan bahkan semburan cairan coolant. Hal itu terjadi setelah motor dipakai 2tahunan. setelah dicek ternyata pakingnya sudah mulai rusak. akhirnya ya dikencangkan bautnya untuk mengurangi tingkat kebocorannya.

    • azizyhoree berkata:

      itu valve bypass sirkulasi yang terhubung dengan sensor termostat, dimana dalam keadaan mesin dingin (pemanasan) sirkulasi coolen hanya berputar di blok cylinder, baru setelah panas dialirkan ke radiator :D

      fungsinya untuk mengoptimalkan suhu ideal mesin saat pemanasan awal start

  12. info Yamaha berkata:

    segera diisi tu air daripada mesin overheat :D

    Yamahandfriends mengadakan blog awards. info selengkapnya klik aja di http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=858
    semoga berhasil friends

  13. gogo berkata:

    ternyata cs 1 jg punya problem, slh satu resiko beradiator cair.. kudu sering dicek nih sblm naek motor..

  14. goblink berkata:

    Mungkin begini,
    Kalo air reservoir cepat habis artinya mesinnya sedikit terlalu panas.
    Skema : radiator penuh, saat panas air memuai, tekanan ditahan tutup radiator, tekanan tinggi titik didih air turun, kalo tetap panas, tetap memuai, air mengalir ke reservoir, air di reservoir jadi panas, mudah menguap.
    Mesin panas bisa karena ngelitik pake premium ato tutup radiator soak.
    Mohon koreksi

  15. aiefz berkata:

    Wah musti cek ricek cessi neeh

  16. gaplek mania berkata:

    alhamdulillah cs1 ku baik2 saja,

  17. Rollerman berkata:

    dger2 d fan page welovehonda juga bnyak yg ngeluh kyak d atas,yg bocor lha,yg cpet habis lha

  18. beni berkata:

    ah tidak juga saya pengguna cs1 tetapi 1 bulan air radiator masih penuh penuh saja dan hanya berkurang sedikit, memang sudah ada perubahan di sistem pengapiannya dan juga oli racing shell advance serta penggunaan pertamax plus selalu. thanks

  19. icha berkata:

    saya pengguna cs1 baru 1 bulan
    tapi ko coolant direservoirnya cepat habis ya??
    apa karena motor baru kaya gitu.
    mohon pentunjuknya dari agan2

  20. TANTO berkata:

    MOHON SEMUA PENGGUNA CS1 UNT MENGENCANGI SETIAP KLEM YANG BERHUBUNGAN DENGAN RADIATOR, SEPERTINYA KENCANG TP KLO DIPAKSA DIKENCANGKAN LG MASIH BISA,… KLO SEMUA SDH BENAR2 KENCANG, DIJAMIN AIR TDK AKAN HABIS,…. TERIMAKASIH.

  21. anggara berkata:

    saya jg pernah ngalami. cs1 saya th 2010. ternyata masalahnya di baut2 klem yg kurang kenceng. air mrembes lewat situ.

  22. wasi' berkata:

    thanks, bro :)

  23. Dre berkata:

    CSku juga pernah, masalahnya ada di baut2 klem yg kurang kenceng. air mrembes lewat situ, selesai deh…

  24. Dre berkata:

    CSku juga pernah, masalahnya ada di baut2 klem yg kurang kenceng. selesai deh…

  25. Melawanarah berkata:

    Air radiator nya di isi air biasa boleh ga?

  26. rikywahyuromansyah berkata:

    motor cs1 ku kok hidup bntr aja buat jlan 2klo aja barnya kok udh nyampe 2 ya,tlng ksh tau yg prnah ngalami kya aku trim…

  27. visicom_mkt berkata:

    punya kipas radiatornya ga mau kecuali di langsung kan ke aki langsung mau kipasnya
    kira2 ap y msalahnya?

  28. mett berkata:

    bro mo tanya nih..
    klo terjadi oli bocor di motor CS1 persisinya di selang kecil di sebelah kanan seperti selang pembuangan..
    kira2 pa masalahnya dan solusinya …

  29. aris berkata:

    wahhh,
    q jg pny prmslhn yg sma,,,
    cs 1 q terjadi kbcran, ntes dari mesin sblh kri. gx tau dri mn asal muasalnya…
    ada yg bs ngsh jwbn???

  30. brondon'x berkata:

    bang yud, saya punya motor CS 1, cara ngeliat air radiator cs 1kalo abis gmna?

  31. ade berkata:

    masalah di cs1 ane baru2 ini lagi asik2 jalan ko’ gas nya turun sendiri trus langsung mati gitu… di ster ga mao idup…waduuuuuuuuuuhhh…. kena dorong ane sial bener. yang tau tolong kasih tau gitu..trims….

    • yudibatang berkata:

      jawaban dari teman : pengalamanku dulu motor kawasaki, stel klep udah, cari2 siapa tau ada yang bocor, tp tetep berulang-ulang, bisa jalan tp klo dah agak lama lsg mati,dinyalain jalan lg mati lg, gak taunya krn aki soak gak diganti-ganti jd penyebab cdi ikut error… wis dadi jajan aki + cdi

  32. Saidina berkata:

    Mengatasi suhu panas motor: Coba pake oil kekentalannya 10-40.Cek extrapennya main kagak.kalau di 4 bar gak main coba kabel dari extrapen di temple di masa bodi dalam posisi on.kalau dia main(kipas extrapen berputar)berarti transmistornya yang rusak.Cullen radiator klau bisa jangan sampai kering.

  33. kankkunk berkata:

    dulu cs1 nya sodara pas servis pertama, di kertas hasil pengecekan mekanik ditulis perlu ditambah air radiator..setelah servis kedua nggak masalah..panas juga normal di kemacetan 4 bar, dibawa agak kenceng 3 bar..

  34. Ping-balik: dear AHM, saluran radiator coolant CS1 bocor, gimana ini? « kankkunk – blognya nbsusanto

  35. hondaholic berkata:

    casey baru 300km pernah buat kenceng selama 10 km an, banyak bercak coolant terlihat di mesin bawah trus saya isi lagi ccolant sampe penuh, saya bawa jalan agak menanjak kepanasen sampe bar maksimal. cuma pas itu sdh sampe tujuan , langsung dimatiin. ada efeknya ga ya?

    • Billy berkata:

      gan ane baru dapet pelajaran baru… (tapi dari motor ane)
      ternyata yang bikin air radiator bocor itu karena panas (air radiator menggolak) Kipas radiator ga nyala. jadi dia menggolak otomatis dia aka keluar dari celah selang sambungan. ada yang bilang klem selangnya kurang kenceng (orang berkali kali di kencengin juga)

      dari motor ane setelah kipas air radiatornya udah dibenerin . itu udah gada lagi kejadian air radiator bocor gan .. sebenernya sih emang tergantung masalah dari motor masing masing kayanya.

  36. dani berkata:

    GAN MOHON BANTUANNYA.. AIR RADIATOR ANE CPET HABIS, baru diisi 3 hari sudah habis,, ternyata pas ane buka mesin alias buka head dan blok mesin,, air radiator masuk kedalam ruang pembakaran dan bahaya banget bisa menyebabkan korosi pada ruang cilinder.. ane udah bersihin seal pelat dan sudah ane kasih lem gasket juga tetapi tetap bocor dan parah.. mungkin SUHU-SUHU senior yang berpengalaman ada masukkan untuk SEAL PEREKAT ATAU ap yang cocok buat masalah ini.. yang ane takutin air radiator masuk ke ruang oli dan bercampur.. terima kasih

  37. scebech berkata:

    Ane juga pake CS 1 gan n kasusnya sama, kalo kita liat dari atas emang bakalan keliatan habis soalnya dia punya katup, kalo terlalu penuh bakal ngebuang sendiri. Pernah ane penuhin n hasilnya keluar dari selang pembuangan di dkt standar. jadi untuk indikatornya ada di samping kiri bodi gan. hehehe
    maaf klo salah n mohon di tambahkan, makasih

  38. ulwa berkata:

    ane punya masalah dgn cessy gue,air radiator masuk ke mesin dan bercampur dgn oli..mohon info dari para agan-agan sekalian.bagaimana solusinya..apa yg mesti di ganti..trimakasih sebelumnya..

    • yudibatang berkata:

      yang perlu diganti water pump beserta sil2 nya. setelah diganti jangan langsung diberi oli yang baru. disisi oli bekas dibleyer2 kemudian keluarkan olinya. ulangi sampe 2-3 kali agar oli yg kecampur coolant benar2 bersih, baru kemudian diisi oli baru. semoga membantu :D

  39. Endang Wahyudi berkata:

    thanks ya sob bermanfaat sekali buat saya, pengguna cs 1, mz yudi saya mau nanya nih, saya punya cs 1, parah, pernah terbakar di dudukan knalpot dkt blok silinder,karna pernah bawa motor gak pake pipa knalpot. akibat nya jika motor di pake cepet panas, di indikator nya selalu cepet naik 3 bar,walau cuma di pake jarak dekat, gmana ya ngatasi trouble nya, o ya, saya pernah mennganti coolant yg baru merek jumbo, tetapi trouble masih saja, dan kipas air radiator pernah terbakar, thanks ya mz yudi,tolong bantuan nya.

  40. Endang Wahyudi berkata:

    thanks ya,mz bro, info semuanya bermanfaat sekali buat ane yang awam,

  41. rhay alevender berkata:

    Masalah itu pernah saya alami, bahkan satu hari setelah motor dikirim kerumah. Saat itu saya berangkat kerja, dan terkena macet di jl.TB Simatupang sehingga jalan tersendat-sendat. Mulai terasa hawa panas dari arah mesin. Tiba-tiba ada pengendara motor lain menghampiri saya ” Bos olinya kayaknya netes terus tuh sepanjang jalan tadi”. Langsung saya menepi, setelah saya tengok kebawah mesin, ternyata ada cairan hijau keluar dari selang dibawah mesin. Ternyata setelah sy telusuri itu adalah air radiator di bawa jok. Keesokan harinya kejadian seperti itu lagi, pihak dealerpun sudah saya telpon dan kami janjian hari minggu akan di perbaiki di AHAS. Setelaah di cek semua ternyata tidak ada masalah, bahkan motor saya sampai di nyalakan selama setengah jam, air dari radiator tdk keluar jg. Aneh memang, akhirnya besoknya ketika saya kena macet lagi, kejadian terulang lagi air radiator keluar, Dari sini sy punya kesimpulan, bahwa air radiator akan keluar saat terkena beban tenaga karna saat itu fan di radiator akan berputar cepat. Saat sy complai di bengkel sy minta teknisi buka tutup radiator. Benar saja ada keanehan pada bentuk alur karet di penutupnya. Saya sebut ini kempot, karna seharusnya alurnya teratur jalurnya. Kemudian saya minta ganti, alhamdulilah untuk masalah air radiator keluar sampai sekarang tdk terjadi lagi. Yg belum lama terjadi adalah air di radiator kering padahal di tabung di bawah jok masih penuh. Bahkan indikator suhu radiatorpun tdk tampil. Setelah di bongkar, ternyata pompa air radiator dan pakingnya kering. Jadi selama ini air dari tabung dibawah jok tidak mengalir ke radiator, lumayan untuk perbaikannya habis -/+ Rp.600.000. Jujur menyesal sy ambil CS1, padahal sy suka dng gaya sportynya, semoga manfaat buat teman- teman semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s