Awas!!Air radiator cepat habis, bisa menyebabkan “bubur sumsum” didalam mesin

Bubur sumsum!! yah..itu hanya kiasan saja :D tapi memang begitulah bentuknya cairan didalam mesin mirip bubur sumsum bila sepeda motor anda yang berpendingin cairan mengalami gejala air radiator didalam reservoir cepat habis dan tidak segera ditangani :D

Photo yang dibawah ini mirip kopi cap dracula :mrgreen: :lol:

Seperti pada artikel saya hari selasa kemarin tentang air radiator yang cepat habis, setelah motor dibawa keBengkel resmi Yamaha JG Cirebon, barulah ketahuan sebab dan akibatnya. Ininih biang yang menyebabkannya

Yup..penyebabnya adalah seal water pump yang sudah sobek, seal tersebut sobek karena bergesekan dengan as baling-baling dalam waktu yang lama, setelah sobek rotor jadi macet(vixion saya udah 3tahun buat riding antar kota terus :mrgreen: ).menurut mekanik belum ada patokan pasti kapan seal water pump dan “teman-temannya” harus diganti. 

Akibatnya air radiator ada yang masuk kedalam mesin dan oli ada yang masuk kejalur air radiator.terciptalah campuran air radiator dan oli yang berbentuk mirip bubur sumsum :mrgreen: dan menyebabkan performa motor ngedrop. Kata mekanik lagi.. Untung problem tersebut segera ditangani, kalau dibiarkan lama, maka penyakitnya akan merembet kepiston, ring piston dan blok silinder :sad: Bagi brother biker yang memiliki tunggangan dengan pendingin cairan seperti Vixion, Jupiter MX, Honda CS1, N250, CBR 150 dll, terutama yang suka modofikasi mesin.. Harus rajin mengecek ketinggian air radiator ditabung reservoir dan didalam radiator :D bila mendapati air radiator cepat habis direservoir, jangan tunggu lama-lama.. segera bawa kebengkel!! dan minta ditangani mekanik yang berpengalaman :D Sebenarnya ada penyebab utama yang menimbulkan bubur sumsum ini, tapi akan saya bahas diartikel terpisah :D special thanks untuk mekanik yamaha JG Cirebon BroNoviyana dan krunya yang telah bekerja cekatan, sigap dan sangat kooperatif dalam menangani vixion saya

Semoga bermanfaat dan silahkan share pendapat anda:D

About these ads

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Tulisan ini dipublikasikan di Bikers, Honda, Info parts motor, Kawasaki, pengalaman berkendara, Suzuki, Tips sepeda motor, Yamaha dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

76 Balasan ke Awas!!Air radiator cepat habis, bisa menyebabkan “bubur sumsum” didalam mesin

  1. H 4444 N berkata:

    pertamax

  2. H 4444 N berkata:

    keduax

  3. H 4444 N berkata:

    podium abis………

  4. H 4444 N berkata:

    klo vario giman om??

  5. Wahyu Rofik berkata:

    wuih ngeri juga membayangkan, bubur sumsum… kyak apa ya..!

  6. VHANZ-VJRS berkata:

    Waaaawwww… Mantab tenan euy ada tukang bubur sumsum gelar lapak di mesin piksen si om yud wkwkwkwk…

  7. irfan berkata:

    ew,. bahaya jg om,. klo JG tuh yg di bypass ato cipto c om,. lupa saya ,.. hehe,..

  8. pb berkata:

    kalo dimobil gak cepat ditangani alamat kepala silinder melengkung……..

  9. Takumi Fujiwara berkata:

    aq jg prnh ngalami maz,tp vixione konco kost ku.
    pertama bunyi klethek2.
    di bawa ke be-res.
    sebabnya bukan air radiator tp air biasa(air radiator msh penuh).
    gak thu air darimana,pas di kuras jadi 1,5 l. hampir setengah liter air yg masuk,olinya jd putih.
    di kuras ,di bilas oli bekas 3x dan oli baru 2x.
    di pakai 1 minggu langsung pecah tu crankcase dan blokcilynder
    .

    http://wahyuvixi.wordpress.com/2011/03/16/crankcasecilynder-vixion-jebol/

    • sampah berkata:

      biasanya kalo ada air masuk ke mesin itu kena ‘water hammer’.. search aja di google tentang ‘water hammer’.. gw juga pernah dulu pake FU nerobos banjiran eh mesin kelelep mati di tengah banjiran, ga lama mesin brebet di rpm tengah kaya kemasukan air padahal motor udah diservis karbu sama ganti oli tetep aja brebet.. ga lama sekitar 5 hari-an stang piston patah ngancurin daleman mesin smua, crankcase retak, pokoknya amburadul.. akhirnya ganti mesin deh.. biayanya itu yg lumayan berasa..

  10. keseringen mblayu edyan yae Mas Yud :)

  11. zaqlutv berkata:

    untuk blom punya motor pake radiator, masi konvensional pake AC (Angin Cepoi-cepoi), tapi buat pelajaran juga, kali aja besok2 bisa tuku bandit.. :oops:

  12. Doni berkata:

    nambah pengetahuan lagi..:)

    makasih mas..

  13. Widya Perwira berkata:

    buset, service nya ampe cirebon ? :ngakak

  14. azizyhoree berkata:

    Paijo lagi nambah isi reservoir coolant 1 x dalam kurun waktu 2 tahun , dan warna coolant masih ijo :mrgreen:

    http://azizyhoree.wordpress.com/2011/04/28/masihkah-angel-eyes-pantas-menjadi-trending/

  15. elsabarto berkata:

    yang pake additif ke oli untuk recovery silinder & piston ada yang hasilnya persis seperti diatas krn additif & oli gak kompatible or gak bisa menyatu.

  16. lilypud.Lucu berkata:

    sutangnya pake apaan om *lagiberburusutang :mrgreen:

  17. cak poer berkata:

    ngais inpoh gan :)

  18. blackvixy berkata:

    vixy ane udah 31500km pemakaian 1th8bln jd waswas klo gni tlg diulas penyebab n pencegahan nya y mas!thx

  19. gogo berkata:

    info yg berguna buat vixi ane, manteb.. kudu rutin cek motor..

  20. Brevianabrevis berkata:

    Kalau kejadian seperti itu, paling tidak setiap tahun harus ganti seal water pump, walaupun kondisinya masih bagus lebih baik ganti

  21. novi berkata:

    wah…. vixion gue udah 3 tahun kayanya malah kebalikannya nih…
    air radiator kayanya malah nambah penuh… sampei2 klo abis di ajak jalan trus di parkir ada tetesan air radiator dilantai… ga tau itu netes dari mana.
    posisin tetesannya di bawah tabung plastik putihnya itu.
    kayanya ada yang bocor di deket situ… apa tutupnya kali yang kendor ya.
    klo powernya sih sejauh ini ga masalah, cuma ada suara yang mengganggu setiap abis lepas gas…. suaranya berasal dari sekitar rumah kopling.
    apa kampas koplingnya udah tipis kali ya..?

  22. “menurut mekanik belum ada patokan pasti kapan seal water pump dan “teman-temannya” harus diganti” :( kok bisa parah gitu ya bro… Harus tambah ati2 ni buat yang ga pernah baca blog motor…ntar deh ak kasih tau temenku.. :) makasih info nya ya bro…
    Bro..ane bikin analisis motogp ni

    http://ngobrolmotor.wordpress.com/2011/04/29/analisis-awal-motogp-portugal-dendam-simoncelli-dan-stoner-atau-kembalinya-rossi/

    silakan baca :mrgreen:

  23. riehary berkata:

    om yudi mau tanya nih….:oot:
    aku juga ngalamin air dalam tank reservoiur berkurang…..
    tapi gag masuk dalam mesin…(belom chek)
    tapi airnya tertampung di dalem air box….
    dan sebagian di filter by pass yang aku pasang di jalur lubang hawa….
    air yang ilang gag banyak, cuma selebar jari kelingking orang kurus..hehehhe tapi kok bisa masuk ke sana yah om….(ini yang buat takut, takut tiba2 kena water hammer :( )
    apa akibat pemuaian air radiator akibat perjalanan jauh….
    biasanya enggak juga tuh…tp kemarin emang baru abis ganti air radiator di beres….
    petromaknya om yah….di tunggu…. :D

    nb: sebelumnya udah pernah ganti seal waterpump juga om…nih…hiks…hiks….

  24. asmarantaka berkata:

    sampeyan Wes Mangan Om??… :mrgreen:

  25. kangmase berkata:

    sip, biarpun bukan salah satu penyemplak motor2 diatas, makasih infonya…

  26. rollint berkata:

    abis berapa tuh semuanya gan??

  27. JG Cirebon berkata:

    Jangan bosen mampir ke JG Cirebon Bos…

  28. slavers berkata:

    om reservoir radiator vixi ane kok mlah kosong yahpdhal dah pernah ganti air radiator. kira2 itu kenapa ya bisa kosong gtu gak ada airnya?

  29. Raul berkata:

    Thx Mas Boss….
    Nais Inpo…. Kudu di Cek Nih Jupi Meki gua kilometer udah 74000 KM…

  30. putra berkata:

    bro gue punya msalah di mx gue nich,awalx th oli kyak bubur sumsum gt,tp stlah gue tnyak2 blangx sealx rusak tp udah q ganti te2p aj bro air radiatorx bercmpur ke oli,awal2 mesin susah hidup,ktx temen cobak d amplas block n headx stlah ku amplas th mase te2p aj,yg q herankan th kalau buat jalan jarak jauh olix th bgus g putih tp kalau g buat jalan/di diemin d rumah olix th jdi putih it gman bro jalan keluarx gue pening bnget rasa2x gue mau jual spda gue

  31. putra berkata:

    bro mx gue gejala air radiator masuk ruang bkar it dr apax?ap ad keretakan/packingx mintak di ganti?,dlu pernah ku ganti tapi yg packing biasa tp te2p ap mesin susah hdup n gue penasaran apakah air radiator masuk g dlam ruang bkar n gue lepas kenalpok dah hasilx alamak ada air yg keluar dr pipa kenalpot dpat,pening gue in gmana bro cr mengatasix?

  32. kadex putra berkata:

    brapa hrga seal water pump mx?

  33. budi berkata:

    wahhh..ane juga pnya vixion neh bozz..dadi deg2an iki…..

  34. Snoopy_drag berkata:

    enak’an Fu…………..sistem pendingan yang unik……di ciptakan khusus buat fu yang unik………………itulah kenapa suzuki tidak sembarangan pake radiator di Fu dan bertahan dengan oil cooler…….cara bekerjanya pun sudah beda banget….kalau pake radiator hanya mendingankan head silendernya saja tp kalau oil cooler yang di sematkan di Fu……mendingankan seluruh bagian mesin…………….pendapat sekenanya……………….

  35. Vian Sheckler berkata:

    Berapa harga seal waternya buat Jupiter Mx Om..?

  36. Alanz berkata:

    sya mw bertanya.
    speda mtor sya udh hampir 6 bulan lah hbis air radiatornya (kering).
    awalnya sih saya gk tw klo airnya abis.
    stlah sya pke trus spda mtor sya tnpa air radiator. dan akhirnya spd mtor sya berbunyi litik litik d mesinnya.
    pertnyaan sya. apakah yg rusak dr spd mtor sya. ( jupiter mx )

  37. epri berkata:

    tengkyu info nya om

  38. avin berkata:

    om yud
    mao tnya nich aq nyari siL pompa radiator buat ninja R 150 kok susah bngt yach di daerah purwokerto yumz ada

    • yudibatang berkata:

      mas avin, Coba nanti kalau saya ketoko spare part cirebon saya bantu tanyakan ketokonya, kalau ada nanti saya infokan via email. kalau nanti mas avin tertarik dan mau beli, nanti saya bantu..mas avin tinggal ganti ongkir+ uang bengsin saja :D

  39. hendryx berkata:

    vixion gwre malah dahganti2x ah jebolll domPet ane

  40. Melawanarah berkata:

    Menyerikan mata dan kantong.

    Thanks dah share om.

  41. donny berkata:

    OM, biaya perbaikan vixi yang ada bubur sumsumnya, abis brapa duit om? tolong infonya om!
    penting ne. vixi ane kyanya kena ne.

  42. Primma berkata:

    Om yud, luna saya sdh 20.000km, setiap hanti oli warna selalu hitam agak kehijauan ketika ganti saringan oli juga begitu, tidak ada kebocoran atau kekurangan air radiator, kira2 penyebabnya apa ya, apakah air radiator sudah masuk ke mesin apa belum, terima kasih ….

  43. Ping balik: dear AHM, saluran radiator coolant CS1 bocor, gimana ini? « kankkunk – blognya nbsusanto

  44. Joel berkata:

    hahahaa….ini nih yg skang trjadi pada mx ane…, untung cepet ketahuan…belum ampe jebol. amit” dah…bikin kantong bobol ajah. hahahaha…klo harga sealnya sekitar Rp. 126.000
    YGP kode partnya 93103-10801, nama partnya OIL SEAL. mendingan ganti sekalian Bearingya mupung sekalian d’bongkar bro biar ga 2 kali kerja… untuk harga bearingnya sekitar Rp. 17.000 YGP kode partnya 93306-000Y3 nama partnya BEARING.
    sepengetahuan ane sih klo jupiter mx apa vixi udah ada bunyi suara berdecit kya suara tikus kejepit pas mesin hidup idle (stasioner), itu tanda” klo seal pompa radiator dah mulai rusak, ane pernah baca di Tabloid Motor Plus, tapi lupa edisi berapa…pokoknya pas lg mengulas air radiator.

  45. Randy berkata:

    Mas vixione nyong penyakite juga kokuwi wkwkwkwk””

  46. sujarwo berkata:

    broe mau nanya!! kalo ada bur sum dalam mesin,kudu dibersihkan?

  47. gerrad berkata:

    Vixion gw sering berebet trus klo digas mati knalpot nembak2 ngpa ya bang??

  48. eko suyanto berkata:

    buat mx ane radiator penuh lha setelah jalan jauh terun2an kipas nyala cob cek radiator kosong tetapi tidak jd bubur sumsum mesin di cek bersih gak ad masalh … terus kemana air itu y
    mtor sudah bore up 150 cc tpi di tabung reservaior gak berkurang

    • kw13 berkata:

      sama mx (piston+Blok vixi) ane juga gtu gan… smpai 3 kali bongkar kop tetapi gak ada hasil… tetap aja kaya mx juragan @eko suyanto…

  49. lukman berkata:

    motor saya zupiter mx masalah say ,dg radiator,sil waterpa uda saya ganti blm lam 1bln an,sebelumnya bocor lumayan parah,sesudah say ganti sil tpi air radiator berkurang ters dikit2,ternyat air masuk kemesin,kemunginan selain dri water pap kebocoran dri mana lagi, terima kasih

  50. dika berkata:

    mas bro yudi, saya mau tanya.. kenapa ya waktu kemarin sempat radiator saya berputar dan berdengung sangat kencang sekali dan sering ngebul pada bagian bawah tangki, saya takut kalau radiator saya ada problem.. dan sering sekali keluar bau seperti oli yang terbakar, saya bingung harus gimana sekarang.. mungkin mas bro yudi tahu apa problem yang sedang dialami oleh motor saya.. mohon pencerahannya mas bro,… salam vixion!!.. wehehehehe balas yaa mas brooo wehehehhee :D

  51. pak de ne galih berkata:

    umm sama yg ane alama jupiter ane sekarang bsa buat bikin bubur sumsum

  52. pak de ne galih berkata:

    kemaren abis turun mesin setelah di pake air radiator itungan jam abis sekarang motor ga di pake umm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s