Penyebab utama seal water pump jebol pada sepeda motor beradiator

Yups… pada artikel sebelumnya, saya membahas air radiator yang cepat habis direservoir, bisa menyebabkan “bubur sumsum” pada mesin. dan penyebabnya adalah seal water pump yang jebol.

Dalam kesempatan ini, saya mau membahas penyebab utamanya kenapa air radiator cepat habis dari hulu sampai kehilir berdasarkan pengalaman pribadi yang terjadi divixion saya :D Begini bahasannya :D …Semua pabrikan sepeda motor sebelum memproduksi satu jenis sepeda motor, pasti awal mulanya bikin sketsa, design, gambar, bikin prototipe atau sample, dan itung-itungan yang njlimet diantaranya tingkat kekuatan masing-masing partsnya dan hubungan sesama komponen setelah itu dilakukan pengetesan masing-masing komponen, dan pengetesan prototip:D (kira-kira seperti itulah :D ) Nah.. kasus “bubur sumsum” yang terjadi divixion saya bukanlah cacat produk atau semacamnya. melainkan kesalahan saya sendiri :D lho..kok? yup.. mesin vixion saya sudah tidak standar lagi… sudah diporting and polish, papas head cilynder, coak piston dll :D menurut mekanik yang mengerjakanya (namanya fidel) , kompresi mesin vixion saya jadi naik 11,2 :1 (nggak tau ngitungnya bagaimana ). karena mesin kompresinya sudah tidak standar lagi (standarnya 10,4 :1 ) maka mesinpun akan lebih panas dari standar, dan radiatorpun akan bekerja ekstra keras mendinginkan mesin… karena tekanan dalam radiator sudah tidak standar, lama-lama parts didalam tutup radiatorpun akan menjadi berkurang daya kerjanya dan terus menekan hingga mengeluarkan semprotan uap dan air panas melalui selang yang menuju box filter udara.

karena seal water pump, bearing dan baling-baling menerima tekanan yang diluar batas kekuatanya secara terus-menerus dalam jangka waktu lama, ahirnya jebol.. :D Khusus bagi brother bikers penunggang sepeda motor berpendingin cairan yang suka “oprek” mesin, seperti contohnya Jupiter MX, Yamaha Vixion, Honda CS1,Honda CBR150, kawaski and brothers dll , harus sering-sering check kondisi tutup radiator, bila sudah kadaluarsa (akan dibahas diartikel tersendiri) segera ganti tutup radiatornya agar terhindar dari masalah bubur sumsum :lol: , kalau sudah terkena bubur sumsum, dijamin bikin mojrot isi dompet :mrgreen: :lol: Namun bagi brother biker yang mesin motornya masih standar ting-ting (nggak diapa-apain) sepertinya tidak akan terjadi bubur sumsum kalau tidak disebakan “human eror” … contoh mekanik yang kurang berpengalaman membongkar mesin anda, tetapi pas masang lagi ada part2 yang kurang kenceng, ketinggalan dll :D Demikianlah analisa pribadi dari saya :D

Semoga bermanfaat dan silakan share pendapat anda :D

:D

Semoga berguna :D

About these ads

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Tulisan ini dipublikasikan di Bikers, Honda, Info parts motor, Kawasaki, Modifikasi performa, pengalaman berkendara, Suzuki, Tips sepeda motor, Yamaha dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

35 Balasan ke Penyebab utama seal water pump jebol pada sepeda motor beradiator

  1. kong berkata:

    pertamax

  2. Maskur berkata:

    motorku jik standar. muga muga awet

  3. warungbaksosabar berkata:

    singkatnya standard is lebih ya om :mrgreen:
    kompresinya 11,2 : 1 gak kuuaaattt beli pertamax cukup podium aja :-D

    http://warungbaksosabar.wordpress.com/2011/04/26/stang-byson-plus-footstep-nui-rekomen-buat-v-ixion/

  4. azwar berkata:

    top dahg sngat mmbantu…..bro coba cek jg selang kcil di bawah tutup radiator,,,,cepat bgt rusaknya yaaa,wktu perjalanan 20km ja selang kcil tu bocor, tpaksa dtekan ke dalam agar bocornya nda meluas,,,,vixion 2008(vixi ku) n 2009(senior punya) sama masalahnya,,,,,,mudah2an bermanfaat,,,,,

  5. riehary berkata:

    om yudi mau tanya nih….:oot:
    aku juga ngalamin air dalam tank reservoiur berkurang…..
    tapi gag masuk dalam mesin…(belom chek)
    tapi airnya tertampung di dalem air box….
    dan sebagian di filter by pass yang aku pasang di jalur lubang hawa….
    air yang ilang gag banyak, cuma selebar jari kelingking orang kurus..hehehhe tapi kok bisa masuk ke sana yah om….(ini yang buat takut, takut tiba2 kena water hammer :( )
    apa akibat pemuaian air radiator akibat perjalanan jauh….
    biasanya enggak juga tuh…tp kemarin emang baru abis ganti air radiator di beres….
    petromaknya om yah….di tunggu…. :D

  6. black cs1-rider berkata:

    thank’s ilmunya gan manfaat bgt nih buat antisipasi, ane demen artikel2 beginian.

  7. gogo berkata:

    standar tetap yg nyaman buat harian..

  8. LIONSTAR berkata:

    jadi ragu mau porting polish :)

  9. Virus berkata:

    secara logika masuk akal, mesin high performance (mau standar bawaan ato pun dah oprek) pasti nya puanas…nah klo dah gini pasti lah merembet ke part-part daleman, yg awal ny bs masuk ke pemakaian 3 sampe 5 tahun bs berkurang jd 1-2 tahun…apa lg klo di pake ny sekali geber ampe beratus-ratus kilometer di tempuh + rutin pula kyk om Yudi bolak-balik seminggu sekali…tpi jd kepikiran hal lain hehehe…bs gak ya klo di ganti radiator yg agak lebar/gede kyk adopsi radiator motor lain…hohoho
    note:
    pemakaian BBM jg harus sesuai ama kompresi, klo trjadi detonasi/nglitik panas mesin meningkat drastis efek ny = memperpendek usia pakai daleman part mesin…

  10. irfan berkata:

    takut ah,. jgn macem2in vixi, .apalagi mesin,..
    ane c masang koil ma busi ja ,. hehehe,…

  11. sabdho guparman berkata:

    mestinya bagi yang modif pasti tahu resiko dari peningkatan performa sebelum hal itu di lakukan .

    pantesan kenceng vixinya mas yudi . . . kompresinya aja segitu

    keep brotherhood,

    salam,

  12. Skips berkata:

    Wah klo Ane yg namanya oprek2 mesin belum brani Mas cz gak pengalaman, makanya Ane beli motor kenceng sekalian kek Ninja150 selama ini msh standard knalpot aj belum ganti cz pernah dgn kondisi standard dibawa lari + boncengan dr speed 80 -140 kpj cepetnya minta ampun mpe mo jungkal gara2 main2 dgn jambakanya. Intinya Ane suka yg instan2 aj apalagi minum premium masih kuencanggg.

  13. sidoel anak kendal berkata:

    kalo diganti pasang elektric pump gymna to terus gati accu 6ampere biar ngak drop kan udah racing set engine vixion ohm yudhi yakan adem enteng laghi mesin putaranya

  14. samboga berkata:

    gue juga baru ngalamin gituan jg,seal water pump vixi gue bocor,air radiator direservoir tekor bgitu jg diradiator,oli mesin jd spti warna cappucino,masuk gigi keras banget,netral susah saat mesin idup,tarikan motor berat banget,di impeler water pump numpuk bubur sumsum,saran gue bg yg pnya motor dgn water cooled kudu teliti,vixi,ninja,cs1,vario

  15. Tangguh berkata:

    Thanks Agan Yudi Infonya.. Sangat membantu Sekali..
    Langsung Check si Vixie Ah.. Hehehe..
    Serem Juga kalimat “dijamin bikin mojrot isi dompet :mrgreen:”

  16. faisal berkata:

    Salam kenal bro Yudi….
    artikel ini sangat berguna buat saya yang juga pemakai ViXi..
    namun saya berencana menggandeng/menggunakan 2 buah radiator standard ViXi…
    apakah nantinya itu juga akan menambah beban kerja water pump? sebab satu unit radiator tambahan itu,akan saya tempatkan di posisi lebih rendah daripada cylinder head (mirip 2 radiator pada Ducati Monster/Streetfighter)…..
    Trims sebelumnya…

  17. Agung Setyadi berkata:

    mz yudhi, aq mau tanya ni.. dmtorQ kok oli radiator bisa masuk keruang mesin?
    oli motorQ kcampur coolant..
    apa penyebabnya?
    tolong kasih solusinya…

    mksh…
    vixion G 6019 TC

  18. Alexander Dimpos berkata:

    gan .. nih gw punya jupiter MX (th.2009) udah ganti piston 58mm,cam(noken as) kawahara,dll..
    gw jga ngalamin bubur sumsum bgtu.. tpi seal water pump ny udah di ganti dg yg baru ,, tpi masi bubur sumsum jg nih gan,,
    rencana gw sih radiator ny di cor, jd gk pake radiator,, hhe
    tolong petunjuknya gan,, thx,,

  19. kadex putra berkata:

    brapa harga seal water pump mx ?

  20. tins berkata:

    motor q baling2 e pumpa air radiator e tidak ada, mau beli di toko jg g ada, ama yang jual di embat baling2 e, buat baling2 mainan e anake, jan sit og ex

  21. Vian Sheckler berkata:

    Om mx gue gejala air radiator masuk ruang bkar it dr apanya? apa ada keretakan/packingnya..?
    tpi dlu pernah ku ganti tapi yg packing biasa tp tetep,terus mesin susah hdup dan gue penasaran apakah air radiator masuk ke dlam ruang bkar dan aku lepas kenalpot dah hasilnya alamak ada air yg keluar dr pipa kenalpot,trus klau di sela air radiator muncrat dari lubang busi,
    gmana Om cara mengatasinya?
    mohon bantuanya ya
    makasih

  22. rikywahyuromansyah berkata:

    oalah ngono to

  23. donny berkata:

    om, biaya service vixi yang dah kna bubur sumsum sampe rebes total qra-qra brapa?

  24. @capt_echonk berkata:

    bro motor gw udah boreup 355cc.. tp masih harus pake radiator.. kendalanya selang2 pada bocor,pecah n ngluarin uap+air panas.. siasatnya gmn ya bos supaya bs seperti normalnya motor gres??? thanks

    • yudibatang berkata:

      Halo masbro, menurut saya kalau motor sudah dibore up hingga 355cc otomatis panas yang ditimbulkan juga lebih besar, jadi ya radiator meski mengikutinya. mungkin radiatornya bisa diganti yang lebih besar (radiator bawaan motor yang ccnya lebih besar) :D

  25. Boedy berkata:

    Boz mw nanya jupiter mx gw juga gtu air radiator.a msuk msin packing udah ganti seal water pump juga baru kira” apanya ya boz tlong jwaban.a ya boz gua dh pusing bgt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s