ganti kampas kopling Yamaha vixion dengan kampas kopling yamaha Scorpio

yups.. bahasan artikel kali ini saya mau berbagi tentang penggantian parts Yamaha vixion dengan parts dari Yamaha Scorpio khususnya kampas kopling.

mengapa harus pakai kampas kopling scorpio? yups.. alasan yang paling utama adalah harga kampas kopling Yamaha vixion yang muahal… satu lembar 76.000 :cry: sedangkan harga kampas kopling yamaha scorpio satu lembar 25.000 ( harga satu lembar kampas kopling vixion, bisa dapat 3 lembar kampas kopling scorpio plus kembalian seribu :mrgreen: ) Kampas kopling yamaha vixion ada 5 lembar (4 lembar besar dan satu lembar kecil ). Bentuk dan ukuran kampas kopling yamaha vixion yang empat lembar (yang besar) memiliki kesamaan dengan kampas kopling Scorpio, hanya satu lembar saja yang beda (yang kecil), tidak bisa diganti dengan kampas kopling scorpio. Hal diatas juga berlaku untuk plat tipisnya :D

Tanda-tanda yang dirasakan bila kampas kopling sudah aus adalah bila motor dinyalakan, kemudian kopling ditarik dan masuk gigi satu, motor terasa menghentak (padahal kopling belum dilepas) dan Ciri-ciri fisik kampas kopling sudah harus diganti adalah terdapat bekas gesekan dipermukaan kampas kopling dan ketebalanya kurang dari 3mm. lihat poto dibawah :D

Sedangkan ukuran ketebalan kampas kopling normal adalah lebih dari 3 mm

Semoga bermanfaat bagi anda pengguna yamaha vixion :D

About these ads

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Tulisan ini dipublikasikan di Bikers, Info parts motor, pengalaman berkendara, Tips sepeda motor, Yamaha dan tag , , , , . Tandai permalink.

103 Balasan ke ganti kampas kopling Yamaha vixion dengan kampas kopling yamaha Scorpio

  1. Virus berkata:

    om yudi jd inti ny pake kamkop scorpio 3 lembar + 1 lembar kecil yg punya vixion?
    coz ad kata-kata rancu…
    #hanya satu lembar saja yang beda (yang diameter dalamnya lebih LEBAR, tidak bisa diganti dengan kampas kopling scorpio)#
    nah pas ane lihat gambar kok di anak panah ditulis kampas kopling KECIL 1 lembar tidak bs diganti punya scopio…Lebar VS Kecil…apa ane yg gk mudeng ya om yud…

  2. asmarantaka berkata:

    denger2 buat Bajaj juga bisa nih kampas..tapi cuman ok ditarikan doang..apakah bner??

  3. aprisneijder berkata:

    brarti kampas yg kecil g perlu diganti bro

  4. agoey berkata:

    nice info….. klo gak salah kampas kopling MX bisa pake tuh punya scorpio (ngubek2 majalah motor)….. :-D

    http://agoey.wordpress.com/2011/05/04/harga-cbr-250-non-abs-diatas-40-juta-rupiah/

  5. jakatimur berkata:

    perbedaan dengan aslinya apa masbro:
    1. apa beda timing pergantian gigi?
    2. dari segi kecepatan?
    3. segi keawetan kampas kopling lebih baik dari vixion asli?

  6. othonx berkata:

    wah cara pengukurannya kurang tepat mas yudi..
    Kok di ujung varnier calipernya??(harusnya tepat di tengah untuk mendapatkan hasil pengukuran yang lebih akurat) hehehehehehe peace

  7. penggemar ninja berkata:

    kenapa ngak ganti semua pake scorpio..? emang yg kecil itu fungsinya apaan sich..? kenapa beda sendiri..?

    saya sekarang pake kampas kopling dytona, tapi ngak ada yg ukuran kecil, gede semua..

    yg saya denger2 dari mechanic, yg kecl itu yg bikin slip kopling, karena tinggi nya hampir sama dengan platnya

    cmiiw

  8. fengenfifiz berkata:

    pake kampas kopling daytona tarikan nendang banget om yud, kampas gede semua tapi masangnya musti nyopot kampas yg kecil sm dua plat tipis om..

  9. sidoel anak kendal berkata:

    kampas daytona sama per kopling r9 kompetisi duet maut ohm..gampang omonge di colke koplinge dangak kendarane ..bhasa jwa ne

  10. gcm berkata:

    ane juga udah pake kampas kopling scorpiul… :D

  11. kangmase berkata:

    bagus infona…

  12. gogo berkata:

    begitulah ,udah bnyk info yg nganjurin pake pnya scorpio bila dana cekak, tp ane bru tau ternyata ad versi kecilnya..

  13. gadget12 berkata:

    itu bisa dilakuin di bengkel resmi ya om, pengen ganti juga soalnya…

  14. piter berkata:

    kok vixion ku gak ada tarikan nya ya om

  15. Iwan berkata:

    Tq bro infonya ptg bwt saya……………

  16. chandra berkata:

    ijin copas mas bro, kemarin habis masang, 4 plat scorpio dan 1 plat vixion, habis total 140rbu sudah sama biaya pasang

  17. Otomotif2™ berkata:

    nice inpo Gan..kebetulan ane juga lagi mau ganti punya ane…
    ane coba dulu :mrgreen:

  18. wwwww berkata:

    bro nyari kamkop scorpionya di mana, diberes ada g?
    klo dibengkel biasa adamya yg satu set.

  19. hendro berkata:

    mantap tuh infonya mas

  20. muhammad berkata:

    mas yudi mau nanya ni..
    Ane br ganti karet kopling + kamkop scorpio.
    Kok mtr ane pas masuk gigi 1, kyk bunyi gear selip y, Itu knapa y? Trus tiap pindah gigi 2 ke 1 keras bngt.

  21. randi yvci-D berkata:

    bro yudi..penasaran newh..pengen coba pk plat scorpio..tp cuma 4 ajj kan tuh,,n plat yg kecil nya..enakan di ganti yg gede juga pa harus pake yg kecil jg…
    trus klo yg kecil di ganti mang ada yg jual satuan?

  22. dejun berkata:

    Mas yud,…sepertinya tidak semua bengkel beres tau subtitusi kampas kopling vixion pake scorpio…saya pernah coba test tanya ke mekaniknya…katanya ga bisa…beda ukurannya!…atau pura2 tidak tau mereka!…hehehe

  23. Diperz berkata:

    bro yudi ane mau tanya ne ?
    klo ganti kanvas pio di vixy tetep pake kanva yg kecil punya vixi ya ?

  24. deniz berkata:

    bro yud klo ane gnti kamkop pke scorpio performanya naik apa gmna om ???? :)

  25. deniz berkata:

    lah truzz yg beda itu dlam hal apah om yudd ??? :D

  26. deniz berkata:

    oooo :)
    tpi klo vixi saiia mw bwt feestyle apa aja yg di ganti mz broo :)

  27. nanaadi berkata:

    bos kalo tarikan motor kurang padahal sudah diservis & direset,apa pengaruh dari kampas kopling yang belum pernah diganti?? motor ane vixion 2007,pake velg lebar.

  28. Diperz berkata:

    bro kallo plat tipisnya tetap di pake atau gmn ?
    mohon di blz

  29. Ping balik: Review perkopling racing RMG untuk Vixion..nampol banget pada awal-awal pemakaian | yudibatang personal blog

  30. yaqin berkata:

    Saya sangat berterimakasig atas situs ,,,krna membrikan informasi yang cukup akurat

  31. Heru Nggombong berkata:

    masbro,,,,ane mo tanya nech,,,,,ane kan punya niat ganti velg lebar,,,,,menurut masbro mending yang tromol pa cakram belakangnya,,,terus untuk kelemahan dan kelebihannya apa dengan menggunakan cakram,,,,,????penggunaan velg lebar bisa mengurangi top speed ga,,,????mohon informasinya masbro,,,,maturnuwun,,,,

    • Indra Onta Akbar berkata:

      sorry sedikit berbagi:….menurut ane sih top speed gak bakal ngurang TAPI(klo ente gak ganti ukuran gear set)…efeknya yah nembus top speednya pasti butuh jarak lebih jauh lagi…krna beban ngangkat motor ente bertambah gara” ganti velg gde..tp klo ganti ukuran gear supaya tenaga gak loyo…otomatis top speed berkurang…^_^

  32. ali berkata:

    terimah kasih

    infoNya

  33. kopling berkata:

    apakah bisa meniadakan kopling tangan pada vision? jadi kopling kaki saja spt motor bebek,,,,trims

    • dhani berkata:

      iso ene produk sisteme koyo kopling otomatise bebek(make sntrifugal) di gae karo adventure.Iso juga gae kopling otomate bebek.Tapi akeh seng drubah,Q tau ndelok.ngko tak bahas carane pye

  34. dhani berkata:

    aku tau jajal kampas kpling vixion make kampas scorpio, semua boleh diganti asalkan juder springe dicopot(pelat tipis di kampas kecil, juder iki funsine utk perpndahan gigi luweh lembut,kalo balap copot ae,kurang ene fungsine)malahan tambah enak soale dekapane kampas >besar

  35. aul berkata:

    Om yudi ane udh ganti 4 kamkop pio yg gede sm 1 kamkop piksen yg kecil. Tp kok abis itu ngoper giginya jd keras bgt yah om? :( musti neken bener2. Apa musti ganti oli yah?

  36. rastariva berkata:

    om yud kalo motor ditarik terus kaya koplingnya rada diteken apa itu penyebab kampas koplingnya udah mesti ganti?
    oiya kalo kampas vixion yang kecil ga bisa beli ketengan ya om?

  37. octha_arega berkata:

    mau tanya ne om yudi,,,per kopling resing to bagus nya apa om..??
    soal y bingung mau ganti apa..terlalu banyak merek di pasaran.
    thanks….om?

  38. taufik berkata:

    mas booo vixionku kok top spednya cima 120km/jam ya, kondisi vixion 2010,servis rutin, filter copot ganti asesoris koso yang guede,per kopling racing, bisa diberi penjelasan mas broooo

  39. uchu berkata:

    klo pke kamkop scorpio utk vixion hax 4 lembar yg besarx saja bisa d,pake, tpi klo 1 lembar yg kecil apa bisa beli ketengan jg sama dengan kamkop scorpio belix bs ketengan …

  40. Ping balik: Spek terupdate yamaha Vixion yudibatang Juli 2012 | yudibatang personal blog

  41. sijidewe aka snalpot99 berkata:

    njajal ahhh..

  42. Mukti Ali Agrem berkata:

    bos kalo buat 2010 bisa gx mas..pake kopling scorpio??

  43. brigade15 berkata:

    om yud kalo bau gosong dari blok mesin itu kenapa ya? https://brigade15.wordpress.com/

  44. Tian Supriansyah berkata:

    so sorry numpang ngerepotin,mau tanya ni bro,vixion saya suhu mesin nya panas baget padahal radiator normal,thank before

  45. foxhound berkata:

    mas yudi kl vixion mau ganti pake kamkop scorpio, yg divixion pelat tipisnya ada yg gak dipake ato dipake semua?

    • yudibatang berkata:

      kalo pake kamkop scorpio semua (5 pcs) plat yang kecil gak dipake. tapi kalo kamkop scorpionya hanya 4 dan yg satu tetap pake punya vixion (yang kecil) plat ipis yang kecil tetep dipakai :D

      • foxhound berkata:

        bro sy udh ganti td karet kopling dan 4 kamkop scorpio & plat tipis tetep pake yg lama.hasilnya pergantian gigi lebih halus,cuma knapa masih denger suara kasar ya??ato mungkin karet koplingnya gak bagus.sebab kl ganti rumah kopling komplit agak mahal bro,mknya sy ganti karetnya aja.
        thanks mas yudi atas infonya,btw knapa gak buka bengkel aja mas?

      • mentari rembulan II berkata:

        gan mau nanya nich.ane baru ganti kamkop pio.pake 5 yg lebar.pemasangan ane turuti seperti semula sbl dibongkar.2 plat tipis putih ane copot tp koq susah netralnya.pungsi ke 2plat itu apagan mohon pencerahannya gan plzz

      • yudibatang berkata:

        kalo kelimanya pake kam kop scorpio pasti jadi keras bro, coba yang satu (kecil) diganti yg ori vixion :D

  46. mau tanya efek samping pake kanvas kopling scorpio ape?? denger2 pas ganti oli,, cairan oli jadi padat kaya lumpur karena kanvas kopling scorpio yang ga sesuai dengan performa vixion ???

  47. Areif berkata:

    Kalu sher rxs berapah duit

  48. Marco Pereira berkata:

    klo mtor kawasaki 250 kanpas koplinx sama dengan motor apa,,?
    uda saya googelin tpi tdak dapat
    makasih atas bantuanx

  49. ABI BUNAYYA berkata:

    MAS KALAU SUARA KOPLING MENDENGUNG PADA SAAT DI GAS KENAPA YAH …. PADA MOTOR VIXION … MKASIH…….. :-)

  50. RianNugraha berkata:

    bang.,kampas kopling scorpio kan jumlahnya 6. ada 5 yg besar ada 1 yg kecil.. nah, di vixi ane pasang kampas kop yg kecil punya scorpio. kira ada efek negatif d mesin ane kaga??

  51. agus bp berkata:

    emang beli kampas ori, 4 scorpion 1 vixion.Bisa ta bos?

  52. agus bp berkata:

    maksud saya ecer?Bisa boz.Gk harus satu set gt???

  53. agus bp berkata:

    maksud saya ecer?Bisa boz.Gk harus satu set gt??? tol0ng dijwab bos

  54. pras berkata:

    bos bener ga ada efek kah kalau kanfas kopling vixi di ganti sama punya pio…

  55. hadi berkata:

    Mas bro Yud, sharing pengalaman sedikit .

    Vixi taon : 2008 , keluhan :
    – tarikan berat & napas pendek
    – suara mesin kasar

    setelah di cek , alhasil :
    – rumah kopling oblak
    – kampas tipis habis
    – busi sekarat

    perbaikan, setelahnya :
    – Ganti rumah kopling : 250 an
    – kampas scorpio ke 5 lembar ane masukin semua : 125 an
    – Filter udara : ferox -> 300 an
    – busi ngk , kodelupa : 25 an
    – koil tadinya protect 170 an , karena dirasa kurang cocok akhirnya balik ke standar lagi cuma
    ditambah aja 9power 2 biji (75 2 biji) , pengen nyoba koil tirev si.. hihi..
    – oiya.. tali kopling juga berat alhasil ternyata hampir putus sisa cuma 3 lembar yg 2 putus ,ganti
    pula dan tarikam koplign lebih enteng
    – knalpot abal2 hihi.. pake ahrs f4 , soale yg standar blm sempet nyoba di bobok
    – nambah product vai ( vacum air injection ) ganti intake manifold 200 an, tp sekarng ane tutup
    soalnya ky nya kurang cocok di tendem sm filter udara yg ane pake..
    – premium ane ganti pertamax berhubung hrg ne wes 11 12 …
    – gear set masih standar depan lupa ,belakang si 42 , pgn nyoba ganti depan…

    * Hasile : tarikan 120km bisa dicapai dengan mudah mas bro itungan detik, selepas itu belum
    sempet narik lagi soale wes kepentok mobil neng depanku…

    Mohon masukan buat dapetin akselerasi di putaran bawah mas brooo….

  56. eko berkata:

    om..
    maaf mohon infonya..

    utk rantai keteng byson.ma karet rumah koplingnya sama dengan motor apa yach

  57. mameg berkata:

    kok punya ane yg kecil diganti sm scorpio bisa kok bro? jadi 5 lembar besar semua :/
    malah waktu gantinya kampas kecil doang yg ane ganti, pake besar, yg 4 masih pake bawaan motor blm pernah diganti.
    kalo per kopling nya ane pake’in punya Honda CRF 250R, menghentak :D
    1 setnya 5 per jadinya nganggur 1 per tuh di rumah :D

  58. Aris Prihastono berkata:

    kenapa yg diganti pake scorpio cuman 4 lembar saja mas Yud?
    padahal kalo yg di ganti cuman 4 terus yg tipis itu dibiarin, rasanya akselerasi si vixi masih standar saja. coba deh pake yg gede itu ke limanya pasti bakalan terasa banget perbedaannya.
    Akan lebih jos lagi jika dilakukan penyetelan gerak bebas kopling. Sehingga begitu tuas kopling dilepaskan sedikit saja, motor sudah terasa terhentak.

    maaf kalo saya lancang. Salam vixi Batang ( G 2166 ML )

  59. mx vs satria f berkata:

    memang edian ki motor yo kang

    “Yamaha YZF R25 Pukul speed Kawasaki Ninja 250″

    http://berita-motor-drag.blogspot.com/2014/06/yamaha-yzf-r25-pukul-kawasaki-ninja-250.html

  60. ganti karet kopling scorpio untuk di bubut, pakek merk apa yg mantap ???

  61. mau ganti karet kopling scorpio, dibubut pakek merk apa karet ny yg mantap ny ?? mana tau bisa di subtitusi ke merk lain gtuu… mohon pencerahan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s