Penyebab Vixionku mogok dipantura Losari Brebes

Halo brother biker :D … Menjawab rasa penasaran para pembaca warung ini kenapa vixionku tiba-tiba mogok ketika sedang riding malam hari dijalan pantura losari brebes. Keesokan harinya dengan dibantu seorang rekan yang bernama BroFajar, motor saya dipancal dengan mio menuju beres langganan saya Terra motor Batang. :D dan ditangani oleh trio mekanik muda Andi and friend :D Langkah pertama check kondisi motor dengan FIDT (Fuel Injection Diagnostic Tool) , namun setelah dicheck tidak ada tanda lampu indikator dispido berkedip yang menunjukan suatu kerusakan pada bagian tertentu. Analisa pertama masalah ada pada fuel pump, Para mekanik ini cukup smart, mereka tidak membongkar fuel pump yang memakan cukup waktu, tapi menukarnya dengan tangki vixion yang normal :D

Dan hasilnya Fuel pump nggak ada masalah. Langkah kedua, check kompresi motor dengan melepas busi, kemudian lubang busi ditutup dengan jari, kemudian elektrik starter dinyalakan… ternyata tidak ada tekanan dalam ruang bakar.. berarti tidak ada kompresi!! Biang masalahpun mengerucut pada ruang bakar (Silinder head, piston, klep dll) .. selanjutnya dibongkarlah head silinder… dan ternyata benar… masalah ada pada klep yang macet!! tidak bergerak sama sekali dengan posisi klep terbuka!!

(wadew.. pantas saja waktu motor mogok dan distarter terdengar bunyi “koclok-koclok”.. ternyata itu suara piston yang menghantam klep!! ) saya bertanya-tanya kenapaklep bisa macet?? setelah dirunut/ ditelusuri, itu disebabkan penyakit yang dulu ketika seal water pump jebol dan air radiator bercampur dengan oli mesin tidak ditangani secara tuntas (tidak membersihkan ruang bakar dan jeroan mesin) jadi masih ada sedikit air radiator didalam ruang klep / silinder head yang tidak keluar, lama kelamaan membentuk kerak yang menghambat pergerakan klep. dan klep membentur piston dan kleppun menjadi bengkok/floating.

dan mesin motorpun tidak ada kompresi maka mogoklah mesin yang ditandai dengan bunyi krotak-krotak dulu sebelum mati :D dan setelah ditelusuri lagi awal sumber penyakit adalah ulah kenek mekanik yang salah dalam pemasangan tutup seal radiator yang menyebabkan seal radiator jebol. jadi kesimpulannya “Jangan sekali-kali membongkar/menyervis mesin pada sembarang bengkel!! ” dan selalu awasi ketika kru bengkel menangani motor kita…. :D Jangan menyervis motor terus ditinggal pulang atau ditinggal ngopi-ngopi diwarung sebrang jalan :mrgreen:

semoga berguna :D

About these ads

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , . Tandai permalink.

63 Balasan ke Penyebab Vixionku mogok dipantura Losari Brebes

  1. martini berkata:

    walah..penyakite…menganut faham ekonomi biaya tinggi….kadang sering juga arang mrngganjal payung klep…sehingga TERJADI LOSS Compresi

  2. jahe berkata:

    ganti NMP ae klep e gur 2 tok :mrgreen:

  3. TDF berkata:

    di tinggal boleh kalo mekaniknya dah terpercaya dan sudah sohib (masa iya sohib makan sohib)

  4. si oom berkata:

    hoho, ternyata air..

  5. tl berkata:

    alhamdulillah,wes nduwe mekanik langganan.luwih aman

  6. az3angle berkata:

    mesin 2 tak dijamin aman dari yg begono………….

  7. Bjl berkata:

    Thanks for sharing

  8. zhe berkata:

    itu yg nama nya ngowos ya mazbro

  9. Virus berkata:

    klo ane tetep yg berhubungan ama mesin + dalem2an ny ke bengkel resmi…tpi beda cerita klo mo oprek mesin jelas harus ke bengkel speed shop terpercaya…
    *wes sekalian upgrade klep gede om yud biar makin banter powere…ahihihihi

  10. Abu Tanisha berkata:

    adekku pistonnya malah diganti yang jelek, ya…karena udah percaya, tapi…kembali lagi, mending ditungguin

  11. kang_ulid berkata:

    sip! Nice nginpo kang

  12. redbullrider berkata:

    pertanda disuruh ganti motor tuh kang… sambil nunggu vixi killer… wekwekwekwek….

  13. Fr1z berkata:

    wew…. sama dong penyebabnya waktu dulu vixi ane ngempos…. cek link ini mesin jebol
    setelah dibongkar ternyata seal radiator pump ngga beres dan hasilnya airnya rembes ke mesin dan jadilah bubur sumsum ala vixi… wkwkwkwkwk…. efek sampingnya ya silinder jadi baret..
    terpaksa ganti….

    dan penyebab utamanya juga sama :
    KELALAIAN MEKANIK BERES DALAM MEMASANG SEAL !!

    mudah-mudahan ngga terulang lagi kejadian ini kedepannya… buat para mekanik agar bisa lebih teliti dalam pekerjaannya, jangan terburu-buru, akibatnya bisa fatal , karena motor kita yg jadi taruhannya ….

  14. andhi_125 berkata:

    emang harus lebih teliti en cerewet ya mas kalo pas nyervis, entah di beres ato bukan…
    alpa dikit, mesin bisa kopyor…

  15. priabiru berkata:

    Wah yang jago motor aja masih bisa dikadalin mekanik kampreto…apalagi aku nih yang gak ngerti motor….Mekanik juga kadang gak welcome sama kita, saat kita ngeliat motor lagi diservice atau diperbaiki malah sering melengos, waktu ditanya jawabnya alakadarnya…bikin keki kadang….
    Salam Kenal Bra’….

  16. Bonsai Biker berkata:

    aha, wes tekan omah

  17. durung dizakati titik mblayuuuuuuuu

  18. 5800 berkata:

    Di poles aka dijitak wae om yud pak bambang……
    xixixiiii….

  19. j4na berkata:

    inilah penyakit yang sering nyerang MX atau vixion….
    untungnya ga jebol mas…..

    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/10/24/bner-juga-ya-next-honda-150cc-itu-bore-upan-cs1/

  20. Rollerman berkata:

    wah belum ada yah mesin rontgen buat motor.hehehe

  21. gogo berkata:

    wah akhirny rasa ingin tahu terbayar juga.. ternyata berawal dari sebuah insiden masa lalu yg baru terasa masa kini.. klo bisa harus servis rutin di bengkel yang sudah dipercayai yah, namanya jg mesin dg teknologi hi tech perlu ditangani oleh yg hi tech juga.. mantab dah, moga vixi ane ttp waras ampe ktm duke tiba.. mudah2 gak terulang lg mas, perlu ‘upgrade’ tunggangan neh..

  22. micoas3 berkata:

    curhat juga bro..
    kemaren tutup oli bawah tigerku juga pecah gara2 ganti oli di beres(gatau beres beneran ga sebab tampilan mirip ahas ada logo honda diatas bangunannya )saat mekanik nutup ku perhatikan dan terdengar bunyi tak!! filingku ada yang ga beres..jebulane pas diperiksa dirumah ternyata tutupnya retak sehingga oli nampak merembes.mo balik lagi malas karena udah dirumah.besoknya diakali tambah karet ban.untuk sementara berhasil.iseng2 tanya ditoko onderdil ternyata dijual tutup oli tiger..harganya lumayan murah cuma 5000 merek aspira.kirain mahal dah mumet mikir pesennya karena disingkawang harus pesen dulu pake fotokopi stnk.barang stengah bulan baru sampe..
    mulai sekarang saya untuk ganti oli dan busi lebih baik dikerjakan sendiri

  23. lovemybike berkata:

    saatnya ganti klep titanium, wkwkwk :mrgreen:

  24. Amama Ali berkata:

    bukan salah mekanik, tapi itu emang kualitas seal-nya yg jelek, soale dah banyak kejadian kayak gini
    # kasihan mekanik disalahno teruss, ujung-ujunge dituduh malpraktek :mrgreen:

  25. sabdho guparman berkata:

    untung gak pake radiator. . . . aman jaya . . . :mrgreen:

    keep brotherhood,

    salam,

  26. Wiro Sableng berkata:

    Numpang Curhat juga ah… Pernah waktu ganti filter oli sang mekanik salah pasang alias kebalik, Jadi oli tidak bisa bersirkulasi. Ketahuan setelah dipakai jalan sekitar 20km mesin mati mulu. Mesin jadi berisik kaya’ mesin jahit. Berhubung belum ada dana, sampai sekarang belum bongkar mesin untuk tahu seberapa parah kerusakannya :cry:
    Oh y,,, motor saya Shogun FL.

  27. Itachi Uzumaki berkata:

    Makanya pake Honda…

    hehehe…
    piss bro…
    Salam kenal

  28. Sinbe berkata:

    Ane malah service di AHASS purwokerto eh malah battery a.k.a aki keringnya dituker bekas, Damn!

  29. Yoshi berkata:

    Keren nih bengkelnya :)

  30. penggemar ninja berkata:

    jadi karena air radiator dulu penyebabnya mas, kan dah lama toh, emang airnya nak keluar2, kok bisa karatan gitu..?
    klo menurut saya sich, karena mas yudi sering main RPM atas, per klepnya jadi lemah, makanya floating..:)
    emang bener tuch, klo ngak ditungguin ada aja masalah abis dari beres, kemaren abis service eh slang radiator yg ke pompa nya klemnya nggak dikecengin, jadi nya air radiatornya muncrat kemana…weleh2..masih jarang beres teliti kerjanya

    Piss..

  31. funday berkata:

    habis brp total perbaikan kang?
    klo udah puas maen vixionnya…dijual aj kang…boleh yg berbaju pgm fi 150 itu atau ninja rr sekalian…. :D

  32. satria biru berkata:

    klo ane pernah komplain ma kepala mekaniknya karena motor ane di beres di pegang bukan ma mekanik tapi ma anak SMK yg sdg PKL, copotin laher aja hampir setengah jam ngga lepas2. trus ane bilang ma kepala mekaniknya klo tuh roda ampe retak ato jebol dipaluin ane minta ganti yang baru…. baru deh mekanik aslinya turun tangan benerinnya. memang kadang2 ngeselin tuh beres.

  33. Fauzan_CR berkata:

    terimakasih beritanya semoga bermanfaat dilain waktu jika terjadi pada saya ataupun teman2…

  34. ipanase berkata:

    sing nduwe rodo waras masalahe, 200 km/jam terus, ra kon RONTOK

  35. Vhanz berkata:

    bener itu….. gara2 per klep floating alias dah lemah sahwat….

  36. visitor berkata:

    vixion mas yudi yg di gambar 1 keren tuh perpaduan warnanya, bisa jadi special edition: tanki putih, body belakang hitam, shroud+spatbor depan merah, velg emas. keren!

  37. andre berkata:

    Wiii.. Bs rembes ke dlm tuh aer radiator.. Wktu itu d starter bs?? D engkol keras gk mas?? Pnya ane d taon bruan malah mogok.. Sblmnya bnyi tak.. Tak.. Gk bs engkol. Starter mati total.. Kykny gk dnger sih.. Mohon inponya. Thx salam knl bro

  38. didit nugroho berkata:

    buat smua mas broo n mba bro slam kenal yooo,,,
    saya cuma mau nnya, klep motor saya sering bunyi itu knapa yaa ??…
    n bagaimana supaya klep itu ga bunyi lgi,,,,, ??…
    bagi mas bro yang tau saya mohon sarannya …
    trimaksih,,,, :)

    • yudibatang berkata:

      klep bunyi biasanya karena sudah renggah disebabkan pemakaian, solisinya minta kebengkel resmi atau mekanik yang khusus nangani motor seperti yang dimiliki masbro agar klep “disetel” rapat atau normal :D

  39. didit nugroho berkata:

    ok maksih bet nii buat masbroo yudibatang atas srannya……
    tpi klo misalkan udah d stel lgi atau normal lagi, dlam jangka panjang bunyi lgi ga tu mas broo klepnya ???…
    trus mtor saya juga bnyinya aga kasar d bandingin mtor yang laen, yg saya tnya k mekanik2 si ktanya rumah kopling n karetnya, apa rumah kopling n karernya udah harus d ganti yaa ??….
    sry ni nnya2 trus, maklum ane bli yang seken mtornya….
    ane ngambil vxion th 2009…
    mhon masukannya mass broo yudibatang, n mas broo, mas broo yang lain…
    trimakasih,,, :D

    • viva4eve berkata:

      yang namanya dipakai kendaraan itu, klep lama” tetap akan kendur lagi mas bro, karena bekerja terus…makanya ada istilah stel klep di km berapa gitu, soal rumah kopling, ga perlu ganti rumah kopling baru, cukup minta diganti karet nya saja… ciayooo

  40. Ritanto Dwi berkata:

    betul@ bro,,motor ane juga sama mogok gara2 klep jebol..

    critana waktu gue servis stel klep gue tiggl ngopi2 cz di BERES itu gboleh customer nungguin motornya ketika diservis. alhasil gejala awal air radiator ngrembes,,gue gak tau lanjut aja gua geber di pantura pasuran.. wuitttttt,,mogok bro.. gue ama istri gue nuntun 2 kiloan sebelum akhirnya nyewa pick up buat gotong tuh motor..

    apesssssssssssssssssss dahhhh

  41. Ping balik: Klep Bengkok . . . ada Hubungannya dengan Ketidak-sesuaian Penggunaan Oktan BBM? « TMCBlog – Motorcycle News

  42. gusmul kebumen berkata:

    wadooohhh tobat….. vixion ane baru 4 bulan…tadi pagi macet tiba-tiba elektrik dan kick starternya ga bisa fungsi.. tolong dong …

  43. Andhy Ajha berkata:

    bos bisa kz saran ngga z punya vi-xion jg lg mogok nie, kalau di kz menyala langsung meledak knalpot,a apa,a ea yg masalah

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s