Estimasi biaya memulihkan mesin yamaha vixion, setelah “sekher kena”

Halo brother biker :D … Kali ini saya mau berbagi pengalaman mengenai berapa biaya yang harus dikeluarkan ketika sepeda motor anda khususnya Yamaha vixion “sekhernya kena” (selanjutnya akan dibahas diartikel terpisah). Yups…sebagai panduan bagi biker yang mau mengganti piston dan blok motornya. Setelah sekher kena, performa motorpun ngedrop.. dari akselerasi, top speed dan “rasa mesin” seperti melempem… bahkan buat balapan dengan motor sejenis yang standar sekalipun kalah.. :cry: memang motor masih bisa dipakai jalan, namun ya.. performanya pas-pasan dan kalau dibiarkan terus, lama-lama penyakitnya akan bertambah. Berikut estimasi biaya yang harus dikeluarkan agar performa motor kembali normal, saya ambil contoh pada sepeda motor yamaha vixion :
1. Piston standar ori Rp. 154.000
2. Ring piston ori Rp. 104.000
3. Blok silinder ori Rp. 440.000
4. Oli (relatif) sy pake shell AX7 Rp. 44.000
5. Packing blok mesin Rp. 15.000
6. Biaya pemasangan (relatif) Rp. 80.000
Total biaya minimal yang harus dikeluarkan Rp. 837.000
(Mojrooooottt.. ) itu belum termasuk biaya yang lain bila anda ingin benar-benar “mere-fres” mesin motor anda seperti penggantian klep, per klep dan rante/keteng. Biasanya ada empat kemungkinan hal yang akan dilakukan sibiker setelah tau biaya yang harus dikeluarkan lumayan mahal.
1. sipemilik motor akan memperbaiki motornya sesuai dengan harga ori part2 yang diperlukan.
2. Sipemilik motor akan memperbaiki motornya dengan part-part KW
3. Sipemilik motor akan membiarkan motornya sampai seambrolnya
4. Sipemilik motor akan membiarkan motornya dan segera menjualnya
kalau saya tetap pada opsi pertama, yah.. karena belum mampu untuk naik kelas :mrgreen:

Semoga berguna :D

About these ads

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Tulisan ini dipublikasikan di Bikers, Info parts motor, Tips sepeda motor dan tag , , . Tandai permalink.

55 Balasan ke Estimasi biaya memulihkan mesin yamaha vixion, setelah “sekher kena”

  1. Over Price berkata:

    mosok gada piston ukuran A, B, C, D? Biasanya motor yang pake liner termoplatting menerapkan cara ini.

  2. Arif Vixion berkata:

    pengalaman ane motor jebol biasanya karena pergantian oli yg sering telat, misal sudah smpe kyak “kopi item” baru ganti alias smpai 3500-4000 km, jelas merusak dong, makanya klw kata pabrik aman makai oli smpai 4000 km, jgn 100 % percaya, per 2000km dijamin mesin awet smpe tua… hua.. hua…

    • anjar008 berkata:

      Tentang oli,kita musti lihat kualitasnya bro..y kita bisa tau dr spek oli itu sndiri.
      Saya pakai Duron E-Xl punya Petro Canada..12000 km baru ganti. Nah,pas ganti tu kbetulan saya skalian ganti kampas kopling..hasilnya,mesin luar biasa bersih. Itu mekanik jg kasih jempol..hehe

    • anjar008 berkata:

      Tentang oli,kita musti lihat kualitasnya bro..y kita bisa tau dr spek oli itu sndiri.
      Saya pakai Duron E-Xl punya Petro Canada..12000 km baru ganti. Nah,pas ganti tu kbetulan saya skalian ganti kampas kopling..hasilnya,mesin luar biasa bersih. Itu mekanik jg sampai kasih jempol..hehe

  3. beckhem berkata:

    ditunggu cerita sekher rusak………

  4. Ya2kzzz berkata:

    langsung jual..kasian nanti yang beli..

  5. nick69coolrider berkata:

    Menurut saya,
    Nyawa mesin 4tak itu ada di oli mesin.
    Asal rutin tiap 1500-2000km ganti oli, sy rasa mesin akan awet.

  6. penggemar ninja berkata:

    kenapa seher bisa rusak om yud..? telat ganti oli atau ngancing..? klo cuman baret2 halus mah ngak usah di ganti kasih cairan nano itu aja, lumyan bagus tuch buat nutup baret2 halus..
    klo dah baretnya dalem baru ngak bisa, tapi kan seher piksen bukannya diasil , bisa tahan lama…?
    klo untuk piston bisa pake piston thunder, lebih jenong untuk kompresi tinggi lumyan tuch, harga juga murah..pen nya juga sama ukurannya

    Piss

  7. Virus berkata:

    btw om yud kenapa gak sekalian bore up 165cc pesen paket bore up ama temen2 lama di forum vixion…coz kan itu itung2 sama aja

  8. andhi_125 berkata:

    ya perawatan, ya pemakaian…meski dirawat teratur, tapi nek nganggo ugal-ugalan alias kasar…ya prothol-nya cepet…
    gak bisa dioversize aja ta mas Yud?? seperti ninja 150, dulu kayaknya pernah tau ada kode piston pengganti, 1 tingkat diatas standar buat yang sudah aus alias oblak…CMIIW..

    • yudibatang berkata:

      He..he.. bener bro, kalo mesinnya standar thing-thing nggak diapa-apain dan ganti olinya gak telat serta pemakaiannya gak digeber dirpm tinggi dijamin awet. Vixion saya kan buat pemakaian jarak jauh tiap minggu dirpm 8-10 ribu rpm dalam rentang waktu yang lama.. ya wajarlah kalau lama2 protol..sudah 3.5 tahun :D

      • andhi_125 berkata:

        hehehe…ngaku juga kalo biasanya manteng di RPM tinggi… :lol:

      • vyzex berkata:

        Wajarlah.
        Vixion bang edo aja setaun dah jebol ring pistonnya.

      • Hans berkata:

        Setuju om yud, punya sya juga sudah protol hari ini juga dan tadi masuk beres…perjalanan jauh krg lebih om yud, skrg udah 66546KM jarak tempuhnya dan tadi pagi di panasin keluar mahluk putih dr duburnya..hahaha akhirnya dy sudah mulai letih menemani saya mencari sekarung beras setiap hari…

  9. bayigumoh berkata:

    kakehan golek top speed iku gan…ambrol, xixixixixixi :mrgreen:

  10. asmarantaka berkata:

    wah vixion mahal..aiihihih :D :mrgreen:

  11. dumsky berkata:

    blok silindernya murah juga ya,gak kyk blok silinder ninja 2 tak yg hampir 2 juta harganya

  12. gogo berkata:

    duh peringatan nih bwt penyemplak vixi yg udah berumur, lebih hati-hati, mngkin komponen yg uzur bisa diganti pelan2..

  13. cahjoz150cc_ajah berkata:

    nek mtre mas yudi iso ngmg mesti sambat ngene:
    “ampun bosss…awakku rasane remuuuukkk”
    hehehe….piss

  14. IfuL berkata:

    Kalo ngebut Rpm tinggi
    jangan keseringan om….bahaya…
    kasihan mesinya ntar.
    Jarang2 aja…
    *note*:
    ” Sayangilah motormu,
    sebagaimana nantinya motormu
    juga akan mnyayangi isi kantongmu”
    …………
    Aliran Sutandar aja enak.
    kalo suka top speed mending ganti
    2 tak KRR aja lebih makyuss tarikanya. Di jalan pun gak bakalan ada ALay yg berani nantang ….
    Di jamin 100%…

  15. black devil berkata:

    di tunggu video top speed terbarunya..xi..xi..xi..

  16. s2s berkata:

    Dr empat kemungkinan buad om yud cocoknya yg ke empat , jual
    ganti ma ninja krr lah,

  17. SingleRider's berkata:

    weehhh…..
    dadi nambah ngeriii ki top speed nang yutubu….

    kompor_nJeblug.Mode on :D

  18. ipanase berkata:

    beli pikson aja kuat koq, masa sepere partnya nggak kuat???ngisin isine

  19. zulkarnaen berkata:

    makanya pake Honda mas Bro..
    dijamin kuat dan tahan lama
    mesin ga gampang rusak kayak yamaha

  20. Rio gutardo berkata:

    Setuju sekalix mas
    babe gue sampe sekrang mash pakai Honda GL Pro taon 1992
    sama sekali belum turun mesin mas,,makanye gw heran juga
    kok kuat kali ya mesin Honda

  21. Skipz berkata:

    Wah turut prihatin Ane Bang & semoga lekas sembuh motornya
    BTW klo Bang Yudi tertarik ganti Ninja 150R dijamin mantepp 30Hp tanpa korek & durabilitas mesin yg standard dijamin mumpuni. Klo tdk si Vixy dijadikan simpanan aj Bang lalu ambil yg baru/seken :D Klo saja Bang Yudi punya Ninja150 pasti kta bsa liat bnyk video test top speed terbaru Ninja150 200Km/h @rpm 13000 (asek dong kta bsa liat jarum speedo & tachometer mentok lewat youtube tanpa perlu repot ngetest Xixixi..). dijaminn edyaannn & menantang hehehe…. Pisss :D

  22. devi berkata:

    vixion gada apaapa ma NINJA RR gw.

  23. moto rider berkata:

    bicara soal speed ndak ada habisnya brother,
    safety riding aja lahh,

  24. Ping balik: “Sekhernya kena” maksudnya gimana sih? | yudibatang personal blog

  25. arie berkata:

    bore up aja sekalian dah klo segitu biayanya :D

  26. kiki berkata:

    ganti mx aja bro

  27. durung pengalaman berkata:

    PENYEBAB MOTOR MERK APAPUN SERING KENA SEKERNYA APA PAK YUD

  28. mamad_thok berkata:

    mw tanya gan.harga klep vixion 1 set brp gan?

  29. Juni sanggi berkata:

    Kalau motor vixion itu kita star trus mesin hidup g mati,tp dispedometer RPMx g naik diatas 1000rpm nnti stlh digas baru naik .
    dan diknalpot itu berasap… itu apanya ya yang rusak om..?? Mohon jawabanx..makasih sebelumnya..

  30. nurmanism berkata:

    bused dah..kemaren abis ganti fuel pump aja abis 700rebu…sekarang mesin berisik dan cepet panas, paling enggak kena di klep juga, kopling aus, seher juga…maposs deh gue…

  31. kzk748 berkata:

    bang, kalo piston ngejim sama klep floating, yang diganti apa aja ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s