Pengalaman mengikuti sidang kena Tilang

Halo brother biker :D … Yups.. seumur hidup saya baru pernah yang namanya ketilang dan mengikuti persidangan. Ketilangnya juga karena “jebakan” :cry seminggu sebelumnya disalah satu traffic light diBatang jawa tengah, ada tulisan belok kiri jalan terus. Namun pas saya lewat lagi diperempatan tersebut, saya nggak memperhatikan kalau plank itu sudah dilepas..saya tetap belok kiri terus walau lampu menyala merah. woh..ternyata sudah dicegat sama pakpolisi..ya ..wis..kena tilang dah.. mau protes kaya apa juga tetap kalah..la..wong nggak ada plank tulisan belok kiri jalan terus. Kemudian petugas menulis surat tilang berwarna merah, ditulis pasal pelanggarannya serta tanggal waktu sidangnya. (jarak dari wktu ketilang hingga waktu sidang adalah sepuluh hari). Mungkin dari beberapa brother biker ada yang belum pernah mengikuti persidangan kena tilang. Berikut ini stepnya :D
1. Datang kepengadilan tempat persidangan sesuai dengan tanggal yang ditentukan. Oh..iya bila tertulis waktu persidangan jam 08.00 jangan datang pada jam tersebut, karena waktu persidangan molor hingga jam 09.00 pagi.

2. Sebelum masuk keruang sidang, pastikan anda melihat dulu kepapan pengumuman untuk mengetahui nama anda benar-benar tercantum dipapan pengumuman tersebut. Dipapan pengumuman terdapat banyak daftar pelanggar lalu lintas yang diketik dibanyak lembar kertas. Setiap lembar kertas ada tulisan nomor pada bagian atas yang berarti Halaman. Misal nama saya tercantuk dikertas yang diatasnya ada tulisan nomor empat dengan spidol, berarti nama saya terdapat dihalaman empat.

3. Setelah tahu nomor halaman kita, baru kita memasuki ruang sidang. Dan ada banyak orang-orang diruang sidang tersebut yang menunggu giliran dipanggil.

4. Hakim kepala memasuki ruang sidang dan didamping seperti seorang asisten yang membawa surat-surat pelanggar yang ditahan pakpolisi. Dan satu orang dimeja terpisah, dimejanya tertulis penuntut umum walau aslinya berfungsi seperti cashier :D

5. Selanjutnya hakim kepala memanggil “Halaman satu”, maka pelanggar yang tercantum dihalaman satu maju kedepan dan duduk dikursi yang telah disediakan kemudian ditanya apa pelanggaranya, berapa nomor polisi motornya, dan lain-lain. selanjutnya asisten memberikan surat kendaraan yang ditahan petugas, lalu kita membayar sejumlah uang pada penuntut umum. Setelah membayar (tanpa kuitansi) surat kendaraaan yang ditahan bisa kita ambil dan selesai boleh pulang :D

6. Selanjutanya Hakim kepala terus memanggil halaman selanjutnya dan yang belum hadir dileawtin. Oh..iya bagi pelanggar yang tidak bisa mengikuti persidangan bisa diwakilkan pada orang lain dengan sayarat harus membawa foto copy KTP sipelanggar.

Jadi bila anda melakukan pelanggaran dan ditangkap petugas bila ditawari sidang apa damai, lebih baik pilih sidang saja. Bayarnya lebih murah :D

Semoga berguna :D

About these ads

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Tulisan ini dipublikasikan di Bikers, pengalaman berkendara, Tips sepeda motor dan tag , . Tandai permalink.

54 Balasan ke Pengalaman mengikuti sidang kena Tilang

  1. bennythegreat berkata:

    ikut sidang waktunya tersita..
    lebih baik tidak melanggar..

  2. Aa Ikhwan berkata:

    Pengalaman yang mendidik :D

  3. Novian Agung berkata:

    Berapa om kisaran byarnya? (belum pernah sidang :D)

    • wolfy berkata:

      klo di tilang mending minta slip yang warna biru, itu berarti kita mengakui kesalahan kita, ga usah ikut sidang, bisa langsung bayar dendanya di bni terdekat dan bebas perkara..
      klo yang warna merah artinya kita tidak menerima kesalahan, dan harus mengikuti persidangan.. dena mah sami mawon…

      • kudalumping berkata:

        slip biru bayar dendanya maksimal

      • Redribbon Army berkata:

        salah mas bro… mau merah atau biru sama aja… artinya kita mengakui kesalahan.. Klo merah ikut sidang dan bayarnya denda minimum sedangkan Klo slip biru dendanya maximal bisa dibayar di bni tanpa ikut sidang… gambaran aja melanggar lampu merah Itu denda maximalnya 250rb cmiiw.. sampeyan bisa tidak mengakui kesalahan Koq… Klo memang yakin engga salah… catat nama polisinya beserta pangkatnya Klo perlu difoto sekalian.. trus sampeyan nanti dikasi slip merah dan biru.. dan dipersidangan.. sampeyan isa debat ama si polisi penilang.. Klo perlu siapin bukti Klo sampeyan engga melanggar…. biasanya polisi korup paling takut option ini…

      • Ivan Alwafi berkata:

        Kalau udh bayar via BNI, ambil SIMnya gimana ya???

      • Ivan Alwafi berkata:

        Kalau udh bayar via BNI ambil SIMnya gimana ya???

  4. nangke berkata:

    Betul ga ya, biasanya yang kena sidang sim-nya ada bekas lobang steples….

    • jape methe berkata:

      ga betul, kalaupun ada mungkin saat disita biar tidak ilang di steples sama copy surat tilangnya. Itupun butuh staples besar karena SIM sekarang tebal dan keras

  5. sugiedane berkata:

    Kadang2 yang bikin males itu ngantrinya Mas Yud kalau didaerah mungkin sedikit kalau dijakarta Repot, ojo ngasi ketilang AlhamduLiLah sampai sekarang blm pernah Ketilang polisi, Insa Allah mematuhi rambu2 & peraturan berlalulintas.
    nitip Jemuran : http://sugiedane.wordpress.com/2012/02/22/fungsionalisme-box-belakang-jadi-bahan-iklan/

  6. orang nyasar berkata:

    kalo nitip ama oknum, pasti ga bakal disetor. Masuk kantong sendiri :)

    • Redribbon Army berkata:

      nitip ama oknum bisa jua Koq… sampeyan perhatikan tuh nama mu benar 2 ditulis di slip.. beserta capnya… karena Itu slip ada nomornya dan polisi takut maen 2 karena tanggung jawab slipnya Itu ke atasan langsung.. Klo gak salah komandan polres… jadi Klo uda dipastiin ditulis di slip yang rangkap 5 Itu proses tilang selesai… dan polisi gak bakal brani maen 2….

  7. johan berkata:

    pengalaman jadi terdakwa mas bro?

  8. zaidanFarros berkata:

    Udah 10x lebih ketilang polisi tp blm pernah 1xpun ikut sidang,, males waktunya mas,,xixi

  9. lare berkata:

    nyesel ak ikut sidang, kena juga 51.ribu… padahal lok mau damai “cuma” 60 ribu.. kerugianku : duduk bengong nunggu giliran di panggil jaksa… tibanya ak dapet giliran, cuma di tanya, “mbayar atau kurungan mas ?”…

    • Fonda berkata:

      Bnr bgt..baru 2jam yg lalu,udh antri pjg sidang tilang,kena denda yg sptnya lbh byk drpd ambil ‘jln damai’ 61-81rb utk plggaran 1 pasal..wow..

  10. heaven2000 berkata:

    pernah ikut sidang juga di pengadilan Krapyak (Semarang).
    kesalahan gara2 ga nyalain lampu depan pas siang hari.
    bayarnya murah cuma 25.000, daripada damai tapi bayar 50.000
    gpp lah antri 2 jam, yang penting bayarnya murah + isa cari kenalan cewek…
    wakakakakaka….

  11. Black_Viper berkata:

    Pengalaman riding selama ini ( gak mau sidang gak mau damai ) solusinya bagaimana? Siapin duit rebuan kucel yah 4-15rebu didompet pasang muka melas, untung2 masih punya kartu mahasiswa, kalo ada duit laen umpetin, pas diminta damai tunjukin tuh semua ama dompetnya, masa iya tega diambil tuh duit. dulu pernah juga sih cuma ada 14rb (10rb buat polisi 4 rb buat isi bensin) dan perhatikan juga jarum bensin usahakan diposisi setengah (jgn isi full maksudnya) nah itu bisa buat alesan … hehhehe … niat banget yak? polisinya aja niat nyari kesalahan koq, ya harus diakalin lah …. buat bro yg lain jangan ditiru :)

  12. jape methe berkata:

    pengalaman sidang kena tilang operasi zebra (stnk ketinggalan) datang harus lebih pagi karena yg ditilang ratusan orang, pertama ngumpulin surat tilang terus nanti dipanggil hakim. Kalo datang siang ngumpulinnya jadi paling bawah manggilnya bisa lebih lama. besaran denda sdh ada patokannya tapi kadang hakim lihat orangnya juga, kalo kelihatan tidak mampu malah diturunin. Lupa bawa stnk kena 40rb, ga pake helm 30rb, ga punya sim 50rb. tambah biaya sidang seribu. semua masuk kas negara

    • andi berkata:

      masalah tilang adalah hal yg sanagt fenomenal, hampir setiap saat kita di hadapkan dg hal hal tsb selaku pengguna lantas, ada pengalaman teman sy Y saat dia di tilang polisi
      oknum p: selamat siang pak’
      y : siang pak
      p: anda tau keslahan anda ?
      y: iya pak,
      p; perlihatkan sim dan stnk anda
      y : ini pak
      p : ikut saya ke pos
      y: wah pak , tlg lah pak jangan di tilang , sy gak punya duit wat bayar denda
      p: ini prosedur
      p: atau kamu mau titip tilang? nanti kami akan sampaikan
      y: gimana pak , bukan nya sya gak mau tp sy emang lg gak punya uang
      p: kamu punya uang berapa ?
      y: 5 ribu
      p: gak bisa
      y: trus gmana pak
      p : 115 ribu
      y: gak pnya sgt pak ( nego )
      y: ya udah ( setelah capek berdebat ) ni 50 ribu, tp minta kwitansi
      p: knapa minta kwitansi?
      y: soal nya itu uang masjid ( y adalah marbot msjid )
      p : waaah kl gt nih ambil , gk jd tilang deh
      y : alhamdulillah , ternyata o p takut jg kwalat , hhoohhohoho

  13. gogo berkata:

    klo waktunya longgar si mending sdang, pas sibuk bener2 bikin mles..
    mantab infonya, buat jaga2 klo sidang..

  14. Ga ada slip tilang warna biru kah ?

  15. nanared berkata:

    jangan sampe deh,berurusan ma polisi aja malas apalagi sama hakim :sad:
    nitip jemuran aja

    http://nanared.wordpress.com/2012/02/22/16-bulan-bersama-si-marun-nmp-2010/

  16. Rollerman berkata:

    kalo ketilangnya di dalam kota sendiri sih gak masalah,pasti sidang aja

    tapi kalo ditilang di kota lain (biasanya sih Polisinya bakal lebih killer mencari mangsa dengan plat nomer bukan asal kota tersebut) mending damai aja deh

  17. juminten berkata:

    artikelnya bagus2

  18. Link Vacancy berkata:

    iya enakan sidang, tambah pengetahuan dan kl telat ambil bisa langsung ke kejaksaan tapi bisa mahal dikit sih hehehe

  19. celekitcelekit berkata:

    saya juga pernah kok kena tilang tapi saya baru ambil 2 bulan kemudian dan ambilnya di kejaksaan, padahal simnya baru aja jadi

  20. jojo berkata:

    klo di Bali (Denpasar) malah lbh parah bang sidang aja bisa minta tlg tukang sapu di PN Denpasar ntar ditanyain STNK atas nama siapa & Nopol kendaraan jd ngk repot cman nunggu 10menitan bayarnya cman lbh mahal 5 ribu dri denda tilangnya
    jd kena 25rb cman nambah 5rb bwt uang rokok si tukang sapu
    ini real pengalaman pribadi ane bos

  21. adi berkata:

    kalo kena tilangnya gara-gara tidak punya SIM bagaimana gan dendanya berapa ?

  22. udin cunkring berkata:

    saya kena tilang,,gara2 menerobos Forbiden belok kanan,,lalu saya distop ma polisi di warung dengan 2 orang polisi.,sebenernya saya binggung knapa bisa,trus polisi tuh bilang kamu menerobos forbiden,,masa pak,mana plang nya,,sambil ngotot marah polisi.liat tuch sendiri,,saya liat,emang ada sih plang forbiden,,tapi arah panah yang diceklis dengan cat merah,yg artinya ga bleh belok ternyata warna merah ceklisnya udah pudar atau bisa disebut udah ga ada ceklisnya. (sebenernya tuch pelanggaran termasuk gagal; hukum,karena tuch rambu nya sudah tidak layak digunakan)..(kata temen saya yang sedang kuliah di jurusan Hukum,kata tmen sih kamu ikutsidang ajah trus beri penjelasan pada hakim,sekalian tuch fhoto rambunya juga sebgai bukti.,tapi males juga tuch hadir sidang ).saya jelasin tuch ma si polisi tersebut,,namun tetep dia mw tilang saya,..sambil nada yg keras.
    .lalu saya bilang ya sudah saya minta tilang saja klo gitu,..polisi berkata,,ga mw saya bantu dhe,,titip saja denda ke saya (ngajak damai)minta diselipin uang ,,..makasih pak ntar kakak sya ajh yang ambil sim saya..lalu polisi bengong,,bertanya emang kakak kamu sapa?,,saya bilang kakak saya seorang TNI,.sbenrnya kakak ipar sih,.si polisi tuch sudah kebingungan..yah karena kakak ipar saya juga bukan TNI biasa2 dengan pangkat perwira (lettu) letnan satu..polisi nih malah berdiskusi sama polisi temanya,,ech kebetulan banget nih kaka saya telepon..saya angkat lalu ngomong ajh kalau saya kena tilang,,lalu kakak sya tanya kenapa kena tilang,,nerobos forbiden,,kakak sya menjawab,,ya klo gtu ikut tilang ajh(kakak ipar saya nganjurin begitu karena taat hukum juga.) tapi setelah saya jelasin tentang tuch rambu yang sudah tak layak(gagal hukum)..kakak ipar saya berubah berpikir,,ingin berbicara dengan tuch polisi..saya kasih tuch handphone mA polisi,,sambil tuch polisi bengong..ada apa ni de?,(sambil kya org yg takut tuk bicara)..lalu polisi tuch berbicara dengan tuch polisi)..(loud spek)selamat pagi pak…pagi…POLISI: maaf pak adik bapa sudah meneros forbiden..kakak: och ya sya tahu,tapi katanya tuh rambu udah ga layak..Polisi: tapi tetep pak itu udah melanggar..Kakak: ya tolong dibantu lah..Polisi: ya gmna lagi pak sdah tugas saya(nyari duit di jalaN).Kakak: (dengan nada keras) saya ini minta tolong,klo polisi punya masalah toch kami juga yg selalu dibebankan,,klo begitu saya ingin bertemu dengan anda..(hahaha ,,saya seneng liat tuch polisi kebingungan)..Polisi: ya maafkan saya pak,,saya akan bantu adik bapak)..

    lalu polisi bicara dengaN sya,(dengan rasa yang kesal pada saya)..nih ambil SIM kamu,,nanti nanti klo jangan suka bawa nama kakak kamu,,bilang baik-baik..(ech bapa sendiri yang sudah bicara dengan nada tinggi)..

    lalu sya pulang dech dengan rasa senang seperti org yg baru ngerrjain tuch polisi..
    wkwkwkwk..

    Catatan : selama pelanggaran anda merupakan hal yang termasuk dalam gagal hukum..(berani saja lawan tuch oknum )
    sebenarnya sebelum pelanggaran terjadi kita diberi hak untuk diberi pringatan..namun banyak polisi mediamkan kita sampai kita melanggar peraturan tersebut..

    sebenernya sya tuch kasian juga dengan polisi tersebut,,sebenarnya tuch polisi sama atasanya sudah ditarget untuk dapet duit,,sebenarnya hal meminta uang pada masyarakat tuch bukan dasar dari diri polisi tersebut,,tapi dari perintah atasanya juga,,gmna mau negara ini bebas dari KKN klo emang petinnginya juga sudah berbuat begitu…

  23. tantowi berkata:

    sbnar’y brpa sih dendanya ikut sidang, kalo melanggar gak pake helm, gak punya sim, gak bawa stnk dan gak bawa identitas/ktp.

  24. konsultan safety berkata:

    tantowi : bisa kena dendanya lumayan mahal tuh karena kena bbrp pasal…

  25. dedi berkata:

    loe msh mending gw udh ga ad sim.. stnk..ktp… mtor minjem.. ga pake helm ga ad spion.. ga nyalain lampu utama….. ga ad plat nomor.. boncengan ber3 lawan arah lg…………… plus kagak punya uang..

    pasalnya klo ditanya..
    berapa lapis….
    ratusan….

  26. whitesmilee berkata:

    trims bro yudi.. artikel mantab dan berguna nih :mrgreen:

  27. edisantoso99 berkata:

    Klow kena tilang dan minta surat warna biru dendanya banyak / dikit…
    Msal na lnggr lmpu ,merah ?

  28. edisantoso99 berkata:

    Klow kena tilang dan minta surat warna biru dendanya banyak / dikit…
    Msal na lnggr lmpu ,merah ??

  29. barus berkata:

    oh ya mas… saya kena tilang, tapi karena sidangnya masih lama, saya terpaksa ga ikut karena keburu pergi ada kegiatan penting, saya ke tilang disurabaya, kegiatannya dijakarta… jadi kalo ternyata gak sempat ikut sidang skrg gimana ya, saya menghubungi siapa ya…

  30. yusuf eka berkata:

    Ane juga kena tilang nih gan….
    rencananya sich tu polisi mau ane ajak damai,, menyingkat waktu gitu dech
    kan ane juga harus masuk kuliah
    sama polisinya malah di suruh sidang….

  31. bookieboys berkata:

    thank bro, membantu banget

  32. ASTAROTH berkata:

    gw blm prnh kena tilang. krn gk punya motor dan blm bsa naik motor.

  33. Besok mau wakili sidang adik deh.. Itung2 buat pngalaman.

  34. Muhammad Nizar berkata:

    kena tilang gara” masalah kenalpot, bayar dipengadilan kena berapa ya,,,
    mohon infonya….

  35. dedenuz berkata:

    berapa denda pengadilan tidak punya SIM dan STNK mati

  36. Polantas apaan indonesia ini. Dengar cerita gw bro. Gw kena rajia zebra di jalan lintas, sim dan stnk lupa bawa. Saya bilang sama polisinya ntar saya kerumah karna dekat cuma 100m. Motor ane tinggal posisi terkunci Setelah kembali saya tunjukin sim stnk. pol nya bilang ditilang saja yah. Saya tanya pasal apa?? gak ada sim dan stnk, loh ini kan ada pak. Iya tadi kan gak ada. Kontan polisinya buat emosi tingakat dewa, tp saya bilang ok klo gitu minta form birunya yah. Memang dikasih coy, cuma ane liat dendanya 1,5jt. weleh2, pasalnya jadi ranmor. bingung gw liat bapak ini sebab sim dan stnk ada, lantas jadi bapak buat pasal (ranmor) yah gak terima dong motor gw dikatain motor malingan. Lah kan itu yang kamu minta katanya gih..yah udahlah maunya pol apa? dia jawab kamu ditilang sim dan stnk yah? ok klo begitu saya jawab .Tp bro dia buat pasal 288 ayat 2(sim) aja, gak ikut pasal stnk di form merah. Super aneh..kan?? harusnya klo memang pasal ranmor di form biru kenapa cm pasal sim di form merah itu saja sich yang mau saya tanya nih bro, seandainya ada member yang kebetulan polisi dibantu yah sebelumnya maaf? Kan tidak masuk akal..kayaknya polisi itu gak bekerja untuk pemerintah, pikiranku mereka kerja buat kesatuan mereka saja. Gak terima gw motor gw dikatain hasil malingan, sementara saya mau ikuti aturan pemerintah.

  37. umam berkata:

    mas kalo pas kena tilang gak bawa surat surat itu kena berapa ya mas di pengadilan

  38. Hafi Nawan Kohta berkata:

    kalo stnk telat 3 tahun apakah polisi gk berhak menilang ??

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s