Air jeruk nipis bisa membangkitkan memori arwah korban kecelakaan

Halo brother biker :D … Malam jum’at saatnya nulis artikel horor. Yups..jeruk nipis bro.. bisa membangkitkan memori arwah korban kecelakaan. Entah siapa yang pertama kali menemukan cara ini, yang jelas cara ini sudah ada turun temurun dari jaman dulu dikampung kelahiran saya (Desa Balapulang-Kabupaten Tegal-Jawa tengah). Dulu ketika saya masih kecil, ada beberapa pemuda yang mempraktekkan cara ini, tujuannya cuman pengin uji nyali dan pengin tahu seperti apa sih penampakannya.

yang saya ingat, kalau pas ada kecelakaan lalu lintas dijalan raya dekat rumah, ada beberapa pemuda yang membawa jeruk nipis datang keTKP. lalu malamnya para pemuda ini berkumpul-kumpul menunggu sesuatu disebuah rumah. dan entah kenapa pada saat tengah malam, para pemuda ini berhamburan lari keluar rumah dan pulang kerumahnya masing-masing.
Konon bila air jeruk nipis diteteskan pada darah korban kecelakaan, malam harinya akan terdengar suara orang merintih dan menangis diTKP kecelakaan.

Setelah saya dewasa, pas saya berkunjung kerumah kakak didaerah Cipondoh Tangerang, dikala santai sambil ngopi-ngopi, saya iseng ngobrolin masalah jeruk nipis pembangkit arwah ini dengan kaka saya. Ternyata kakak sudah pernah mencoba dan mempraktekannya. Namun kakak saya tidak mempraktekannya pada manusia, tapi pada hewan :D Ceritanya begini.
waktu itu kakak saya masih berumur sekitar 9 tahun. Kejadiannya sekitar tahun 70an dan didesa saya belum ada listrik. Pada siang hari mbah Saya akan memotong seekor kambing untuk sebuah acara hajatan dan kakak saya iseng mengambil jeruk nipis yang telah dibelah jadi dua dan siap-siap didekat kambing sebelum dipotong. Setelah kambing dipotong, kakak saya memeras jeruk nipis yang dibawanya kedarah kambing yang sudah dipotong.

Pada siang harinya tidak terjadi hal-hal yang menyeramkan. Namun pada malam harinya ketika kakak saya tiduran dipinggir dipan (Dipan jaman dulu ada tiang ditiap pojoknya dan diatasnya terdapat kain seperti atap) kakak tidur dengan mbah kakung/mbah laki-laki, pada tengah malam mulai terdengar suara kambing mengembek…”mbek..mbeek..mbeek..” Padahal tidak ada kambing hidup disekitar rumah. Kakak saya termasuk orang yang berani, dia bukannya takut tapi malah kepalanya “ditongolkan” dipinggir dipan mendangak keatas sambil mencari-cari suara kambing tersebut. Ternyata memang diatas atap kasur ada kepala kambing yang melongok dan terus bersuara… kakak saya terus memandangi kambing tersebut. Lama-lama kambing tersebut berbalik arah dan maaf (du*urnya) mengeluarkan kotoran tapi bentuknya seperti kunang-kunang dan kotorannya bukan jatuh kebawah tapi terbang keatas.

*poto ilustrasi, sumber detik

kakak saya terus mengamati kambing tersebut. Kemudian kambing tersebut berbalik kembali seperti posisi semula dengan kepala dipinggir atap kasur. Lama diamati, sikambing terus mengembik dan sedikit-demi sedikit sikambing mulai menunduk kebawah dan….. tiba-tiba lidah sikambing menjulur turun kebawah panjang sekali. Ketika lidah hampir menyentuh kepala kaka saya, kaka langsung teriak keras sekali.. “Mbaaaaaahhh!!!” Embah kakung langsung bangun dan mememluk kakak saya “ana apa di?” (“Ada apa di?”). Kaka saya tidak bisa berkata apa-apa, tetap diam sambil “kridongan” (bersembunyi) disarung dan tidurnya pindah ditengah. Mbah saya melihat keatas tidak terdapat apa-apa. Demikian kisah nyata yang diceritakan oleh kakak saya. Kaka saya sempat menawarkan kesaya untuk mencoba meneteskan air jeruk nipis kedarah kambing yang telah dipotong dan malam harinya kaka saya bersedia menemani saya begadang.. saya menjawab “Tidak lah..terima kasih” :mrgreen: Yups..khusus untuk brother biker yang penasaran ingin melihat/mendengar penampakan hantu dan brother biker yang tidak percaya adanya hal-hal gaib disekitar kita. Trik ini bisa dicoba, modalnya cuman keberanian dan satu buah jeruk nipis. Nggak perlu pake do’a-do’a, gak perlu berpuasa dan lain-lain. kalo punya cukup nyali, bisa dicoba pada korban kecelakaan yang telah meninggal dan darahnya masih terdapat diaspal. teteskan air jeruk nipis dan tunggu saja penampakan dimalam harinya. Bila tidak berani mempraktekkan pada manusia, bisa dicoba pada hewan seperti sapi, kerbau atau kambing yang baru dipotong. kalau masih kurang berani, bisa dipraktekan pada ayam yang baru dipotong :D .

*Note penulis tidak bertanggung jawab kalau terjadi apa-apa pada yang mempraktekkannya :mrgreen:

*Artikel terkait

Pengalaman teman, riding malam bertemu hantu tinggi besar dijalan semarang-magelang

Pengalaman solo riding melewati jalan alas roban bertemu hantu alas roban bagian 3

*Pengalaman solo riding dirubung lelembut dijalan wonogiri – Purwantoro jawa timur

*Pengalaman solo riding tengah malam dan terjebak dikampung siluman

*Pengalaman solo riding malam bertemu lelembut diUnnes semarang

*Riding malam? kenali aroma khas mahluk halus

*Pengalaman touring melewati hutan angker dimalam hari

*Pengalaman duo riding tengah malam melewati jalan pedesaan yang angker

*Pengalaman solo riding tengah malam dijalan Cilengsi-Jonggol jawa barat

About these ads

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Tulisan ini dipublikasikan di Bikers dan tag , , . Tandai permalink.

113 Balasan ke Air jeruk nipis bisa membangkitkan memori arwah korban kecelakaan

  1. valeyopie berkata:

    Wah ampun bro, saya ga berani. Dulu sempet disuruh sepupu saya netesin jeruk nipis di genangan darah korban tabrakan kereta babaranjang vs kereta penumpang.. Sumpah saya Ga berani, hiii serem….

  2. adli2x berkata:

    tidak . . terimakasih aja :mrgreen:

  3. M.I.B berkata:

    hiiii….. :mrgreen:
    Trik ini sudah pernah saya dengar, dan ga brani praktek… :mrgreen:

  4. Novian Agung berkata:

    Kayaknya beneran nih…

  5. icaq berkata:

    hiiiiiii…….

  6. kirana125 berkata:

    bru tau sya.

  7. anggiwirza berkata:

    kalo nangisnya di tkp kejadian gak papa deh..

    kalo sampe ngikut kerumah terus nangis dikamar tidur bisa berabe.. :mrgreen:

  8. Endang berkata:

    Emoh lah.h.h.takutttt

  9. masbas berkata:

    Tidak perlu melakukan amalan-amalan yang tidak membawa manfaat di dunia maupun di akherat.. :)

  10. terong amnesia berkata:

    kira2 bisa diajak komunikasi ga oom…???
    saya yakin waktu bikin nih artikel waktu ngetik du*ur pasti langsung inget te es be el… :mrgreen:

  11. kudalumping berkata:

    akhirnya keluar juga :o

  12. olla olli berkata:

    netesin air jeruk nipis…???? medeniiiiiiiiiiii Broooooooo……….. eemmoooohhh aaahhh…

  13. jaelan.. berkata:

    hehehehe…ikutan akh…..tidak perlu..trimakasih…famali ceuk sunda mah..

  14. raya berkata:

    kalo nyembelih kambing/sapi trus keringatnya yang beraroma jeruk nipis netes ke darah sembelihannya gimana tuh..

  15. Imouto berkata:

    nelen ludah … glek, merinding euy

  16. kang_ulid berkata:

    hayo sapa yg brani?

  17. red komar berkata:

    baca dulu…om yud.

  18. red komar berkata:

    legan golek momongan,tidak perlu,terimakasih.

  19. redcowboy berkata:

    merinding mas yudi… apalagi pas nonton dunia lain nih.

  20. Moko berkata:

    saah satu pesannnya: ati2 kalo nonton korban kecelakaan sambil minum es jeruk, jangan sampe tumpah. soalnya kalo tumpah mubazir.. :) :mrgreen:

  21. vixy182 berkata:

    kalo masih takut sama ayam….tetesin ke darah nyamuk :-)

  22. athleter berkata:

    Om Benny brani gak ya????

  23. zaidanFarros berkata:

    Klo darah nyamuk masih ga brani cb darah encuk

  24. sinbe berkata:

    Ngeri gambr poconge. :mrgreen:

  25. gaplek mania berkata:

    nggak ah terima kasih

  26. Biker Ngonthel berkata:

    dicoba dong,
    kalo berhasil kan lumayan bisa dibuat artikel lagi xixiixii
    kalo saya sih ga berani :)

  27. dhani berkata:

    moh ra wani

  28. JOJO berkata:

    Yups..khusus untuk brother biker yang penasaran ingin melihat/mendengar penampakan hantu dan brother biker yang tidak percaya adanya hal-hal gaib disekitar kita. Trik ini bisa dicoba, modalnya cuman keberanian dan satu buah jeruk nipis. Nggak perlu pake do’a-do’a, gak perlu berpuasa dan lain-lain. kalo punya cukup nyali, bisa dicoba pada korban kecelakaan yang telah meninggal dan darahnya masih terdapat diaspal.
    ——————————————————————-
    saya suka dengan cerita2 dan apapun yg anda tulis tentang otomotif sebelumnya, tapi khusus artikel ini saya AMAT TIDAK SUKA, mengapa?!!!! jadi apa alasan anda untuk mempraktekkan pada darah manusia yg kecelakaan. sungguh tidak etis dan tidak manusiawi. BAGAIMANA SEANDAINYA ANDA YG JADI KORBAN??apakah mau jika kebetulan seorang pengunjung blog anda meneteskan jeruk nipis juga… pasti anda tidak mau..
    seharusnya para korban diperlakukan selayaknya manusia biasa, kalo meninggal ya darahnya dibersihkan dan dimakamkan, kalo pada darah hewan masih masuk akal lah…nah ini malah nyaranin praktek ke darah manusia, walaupun anda tulis dengan embel2 “kalo punya cukup nyali”
    intinya saya sangant tidak suka dan tidak manusiawi.

    • JOJO berkata:

      saya bukan ngasih sumpah serapah, naudzubilah semoga kita semua selalu dalam lindunganNya.

    • iwan berkata:

      Sebenarnya yang datang itu bukan arwah korban saya yakin yang datang itu adalah jin, orang mati gak bisa hidup lagi apalagi sampai mendatangi gara2 jeruk nifis. kalo anda gak suka gak perlu dicoba, alangkah baiknya memang seperti yang anda katakan. ingat lho yang diatas saya yakin cuma just share aja, sisi positifnya bisa juga menguatkan iman kita.

  29. hendryjeeps berkata:

    merinding mas bro.. mending jangan dipraktekkin deh :)

  30. beate berkata:

    coba bro ke nyamuk..
    darahnya tetesin jeruk nipis..
    bisa ga ya??

  31. johan berkata:

    artikelnya sip mas bro… sy yakin semua yg membaca sepakat bhw artikel ini hrs dilihat sesuai konteks.

    sama spt kl sy lg baca artikel ttg otopsi pd body.

    btw sy pernah tinggal di cipondoh loh mas bro…thn 88-an…

    ditunggu next artikel!

    • FBH/Y/K/S/B/T/C berkata:

      banyak hal2 mistis yg terjadi di seputar cipondoh, terutama situnya…bisa share pengalaman?

      • johan berkata:

        gak bnyk yg bisa dibahas soal itu.terakhir sy tinggal disitu saat kelas 1 smp trus pindah ke sidoarjo.namun yg msh sy ingat ketika melihat jejak tapak kaki besar bgt di sebuah jembatan kecil di blkg rmh.hal ini gak ada yg tau krn sy gak cerita2,saat itu takut mas bro… msh bnyk area sawah di sana… well ,kl ada waktu sy mau nostalgia ke cipondoh deh!

  32. beckhem berkata:

    wes, g usah dipraktekin…..yang lebih penting doain korban+keluarganya…..

  33. Kalau ditetesin ke darah korban kecelakaan yg ga meninggal kumaha om yud? Huahahaha

  34. Komengtator berkata:

    Yang ane tau, fenomena makhluk halus itu adalah 100% ulah bangsa JIN.. Dan yg katanya arwah pun itu adalah jin yang meniru wujud dan perilaku orang yang sudah mati…
    Jin itu ada di mana2 di sekitar kita, jin bisa melihat dunia manusia, makanya jin itu bisa fasih meniru manusia/makhluk2 lain di muka bumi ini..
    memang Jin suka usil godain jika liat tingkah manusia yg aneh2 seperti cerita di atas..

  35. whitesmilee berkata:

    mending jangan bro, efeknya tu loh.. hehe :D

    bukan hanya tersugesti, namun namanya barang tak nampak tu sangat sulit diraba

    bro yud, berkenan ga ni kira2 klo ada fans setia blog disini mo nitipin artikel horror buat dimuat di blognya bro yud, klo semisal ada pengalaman mistis buat malam jum’at

    cos blog bro yud kan ada khas tersendiri, terutama cerita horror dsb, biar ga kehabisan bahan tulisan dan nambah keramaian pengunjung blog ini

    klo semisal diijinin dibuat kolom khusus or dikirim ke email?

    moga saran ane diterima :D

    (kebetulan ane juga banyak kisah kayak gitu 100% real stories compilation, buat having fun ajah di blog ini)

  36. Amama Ali berkata:

    wah lumayan kie
    bisa buat nembak togel
    awas klo sampe gak tembus!

  37. gogo berkata:

    wah.. ngeri yah.. kok bisa pake jeruk nipis..

  38. ashley berkata:

    mas yud…foto paling atas…..gak bisa di blurin yah….duuch mo baca dari atas…potonya…sereeemn…jd diskip deh

  39. warsono uto berkata:

    mending di bikin es jeruk aja mas yudi,drpada buat uji nyali trus kita gak kuat ngikut dah.hihihihihihihihi seger es jeruknya

  40. nanared berkata:

    daripada kenapa-napa mending nggak deh
    *nyali ciut*

  41. Farisyi berkata:

    Mitos yg sama dgn kampung gw ! Serem !

    http://www.income-syariah.com/?id=farisyi

  42. sikat berkata:

    aku pernah dengerin siaran radio imelda semrang, katanya rintihan itu mengikuti sampai di mana aja orang yg ngasih air jeruk

  43. 5800 berkata:

    @Sikat
    Istilah kerenya dibuntuti terus bro.
    Kemana aja bakal ikut dia.
    Suka dengerin imelda juga ya.
    Imelda FM Semarang kamis malam
    jam 10.00 emang hororr banget tu radio dari dulu makyuss ceritane…
    Bagi yg penakut pasti gak berani dengerin tu acara.
    Neng kotaku yo podo kok Om Yud Ceritane jeruk nipis yo koyok sampean.
    Sereemm pokoknya.
    Tapi secara pribadi sih itu emang ulah bangsa jin kafir yg suka iseng.
    Kalo arwah manusia aslinya dah dikunci sama ALLAH SWT jadi dak bisa keluyuran kemana mana, Alamnyapun dah beda.
    Salam malam Jum’at hororrr…
    xixixiiii…

  44. alexandho berkata:

    Betul kalau manusia ulah jin, lalu kalau hewan, apakah itu arwah asli hewan tsb? :D

  45. lae togar anak medan berkata:

    makanya kalau ada darah bekaz kecelakaan langsung dibersihkan / ditutup pakai pazir. ya ini salah zatunya zupaya zangan ada yg uzil.

  46. Zen Azhar Blog berkata:

    wah emang bisa y mas bro? ane g percaya apa kaitannya jeruk nipis dengan darah korban :D

  47. experia berkata:

    bro, minta link gambar yang kecelakaan itu dong. thanks

  48. bapakeVALKYLA berkata:

    weh.. ternyata beneraN bisa ya..
    waktu kecil pernah juga denger soal ini. tapi gak berani coba…

  49. raya berkata:

    yang ini mungkin bekas dikasih air jeruk juga, abis ketabrak masih bisa ngintip.. yang takut jangan buka..

  50. ryanquman berkata:

    kalo abis nyabut gigi..kan alat2nya suka belepotan darah tuh..sblm disterilin biasanya di cuci dl pk sunlight yang jeruk nipis..ngaruh ora yo? =))

  51. beyond-st berkata:

    baru tahu saya…moso sih?
    kl bener,dapet pengetahuan baru hari ini…
    thanks

    http://beyond-steel.blogspot.com

  52. Java Steel Pipe berkata:

    Video kiriman youtube nya serem banget….
    asli ora yo?

  53. Siluman Harimau berkata:

    Huhu .. ntar ketemu temen saya Bang. Siluman-siluman :)

  54. blink berkata:

    wuih medeni,,
    jd nambah wawasan horor kang yud,,
    mnrtq ga usah dpraktekin ke org lain
    diri aja ndiri cba klw tangan luka kena silet misal trs ditetesin jeruk nipis pasti perih / dongkol
    pa lagi jika ma org lain..

  55. Wang Wenjie berkata:

    EnakaN bwat Es JEruK gan,.,.
    Mancaapz,., :D
    tP klo d tmuin si Dya Jga MAncabz,.,
    KWkwkwkw,.,.,.

  56. ghembel berkata:

    emange di datengin setan sampek kapann?? :D

  57. Mantan Alay berkata:

    ibaratnya, luka baru yang disiram air jeruk, begitulah rasa sakit yang di rasakan si arwah, ini kata temen n alm nenek saya,,

  58. BaNi MusTajaB berkata:

    Saya pernah ngobrol dengan seseorang (sebut saja Pak Tebe) yang memiliki kemampuan melihat makhluk gaib, seperti jin..Suatu ketika dia mendengar ada sebuah kecelakaan di jalan raya yang merenggut korban jiwa. Dia lalu datang untuk melihatnya. Saat dia melihat kerumunan massa tersebut, dia melihat sesuatu (secara pandangan mata batinnya) di kerimbunan pohon tidak jauh dari jalan raya. Ternyata itu adalah beberapa makhluk gaib yang juga sedang melihat kecelakaan tersebut. Mereka juga membicarakan kejadian itu.
    Pada malam harinya, Pak Tebe sengaja datang lagi ke lokasi kecelakaan tersebut. Tetapi dia berdiri agak jauh. Uniknya, Pak Tebe melihat sekelompok makhluk gaib berada di lokasi kecelakaan. Mereka (makhluk gaib itu) berkumpul atau berkerumun persis seperti kerumunan manusia yang melihat kecelakaan itu pada siang hari.
    Menurut Pak Tebe, makhluk gaib inilah yang mengganggu orang yang melewati jalan itu dengan menirukan sosok orang yang meninggal.
    Dengan kata lain, tanpa tetesan jeruk nipis pun, makhluk gaib dapat saja memunculkan dirinya dengan tujuan mengganggu.Entah dalam bentuk manusia, suara atau hewan.

    Arwah dari korban kecelakaan tidak berada di lokasi kecelakaan.

  59. merindiiiing.. padahal siang2 bacanyah… :lol::lol:

    aniway ijin nitip kandang masbro… :mrgreen:

    http://karawangtigerrider.wordpress.com/2012/02/27/iseng-pasang-mini-spido-digital/

  60. warwer berkata:

    Sudah saya praktekkan di ikan lele mas…. malah amis-nya ilang… trs dibikin mangut… maknyus..

  61. ipanase berkata:

    weleh,,medeni tenan,,,
    pas tangan kena pisau n berdarah,,coba aja tetesken air jeruk nipis,,,,,iso2 nangis n hewan sekebun binatang diucapken,,

    http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/01/ha-esemka-tidak-lulus-uji-emisi-shocked/

  62. anton berkata:

    kemarin saya tes ke ikan mujair mas bro, eehhh malamnya mimpi makan eenakk mas bro…..wkwkwkwkwkwkw:D

  63. hasan berkata:

    hahahahahahahaha…uhuk uhuk uhuk…… mao donk ikannya…..

  64. Lisnia berkata:

    Ih..serem ga brani di praktekin nya..

  65. rinto berkata:

    baru tahu ane, keep sharing gan.

  66. wayay berkata:

    Mending buat wartawan j yg tugasny cm skedar cari tau…syukur2 bs ngungkapin pembunuhan yg ga tau siapa yg bunuh

  67. Sadhena berkata:

    Ieeeh. . .atut?

  68. anas berkata:

    Kalau netesinnya aku gak tega karena takut kualat dan ogah cari gara gara dengan makhluk ghaib,tapi kalau nongkronginnya insyaalloh berani,tapi minimal berdua.
    Ayo siapa mau praktek..???

  69. fira_satria berkata:

    tuh klo mw uji nyali d’blakang rumah gue. d’gedung kosong bintaro . gdung,a warna biru?

  70. nina chaem berkata:

    idih serem gak berani..nonton film horor ajja takut apa lg yg nyata owh seraaaaaaam

  71. nina chaem berkata:

    huahahahahaahahhahahaha

  72. jabo berkata:

    gak perlu takut bro!!! dan gak mungkin juga.dua alam yg berbeda, yg lbh gw takutin tetesin jeruk nipis keluka korban kecelakaan dijamin dunia akherat to korban nyari loe.

  73. anonim berkata:

    gak boleh gitu bro, kasihan org yg meninggal arwahnya tidak tenang. coba bayangkan kalo lo mati ada orng yg memeras air jeruk itu ke darah lodi tkp, rasanya itu pedih banget bagi org yg mati, masa sih org indonesia gak ada respect2nya, tingkah ya sama aja kayak setan yang bikin org gak tenang.

  74. twitwinz berkata:

    Wach….cukup menyeramkan……emg ktanya seeh gtu…..
    Sampeyan orang Balapulang ya……???
    Balapulangnya sblh mana…….???

  75. The $ema$a berkata:

    yg bnar min,
    kta cuba deh kpan2.

  76. Bapak Guru berkata:

    ANDA PUTUS SEKOLAH / KULIAH ?!
    MEMBUTUHKAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH ?! INGIN MERUBAH MASA DEPAN MENJADI JAUH LEBIH BAIK ?!
    ATAU ANDA MEMBUTUHKAN DOKUMEN PENTING LAIN ?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP UNTUK MELAYANI DAN MEMBANTU KESULITAN ANDA UNTUK MEMENUHI DOKUMEN DOKUMEN PENTING YANG ANDA BUTUHKAN.

    PELAYANAN KAMI PROFESIONAL KARENA KAMI AKAN MEMBERIKAN BUKTI, BUKAN SEKEDAR JANJI.
    DOKUMEN YANG KAMI SEDIAKAN AMAN – TERDAFTAR DAN TIDAK AKAN ADA MASALAH DIKEMUDIAN HARI KARENA UNTUK KEAMANAN LEGALITAS KAMI BERANI MENJAMIN.
    RAHASIA IDENTITAS PEMESAN AKAN KAMI PASTIKAN AMAN DAN TERJAGA .
    AMAN UNTUK MELANJUTKAN JENJANG PENDIDIKAN. AMAN UNTUK MELAMAR KERJA. AMAN UNTUK TEST CPNS.
    AMAN UNTUK MASUK TNI / POLRI

    DAFTAR HARGA IJAZAH SEKOLAH / UNIVERSITAS :
    IJAZAH SD : 4.000.000
    IJAZAH SLTP : 4.000.000
    IJAZAH SMU : 4.000.000
    IJAZAH D3 : 6.000.000
    IJAZAH S1 : 8.000.000
    IJAZAH S2 : 16.000.000

    UNTUK INFORMASI LEBIH JELAS SILAHKAN ANDA KIRIM PERTANYAAN MELALUI EMAIL : 085736927001.ku@gmail.com
    ATAU SMS KE : 085736927001

    KAMI AKAN BERUSAHA MELAYANI DENGAN SEPENUH HATI KARENA KEPERCAYAAN YANG ANDA BERI AKAN MEMBANGUN KINERJA TERBAIK KAMI.

  77. lexa berkata:

    meneteskan air jeruk nipis pada darah korban itu hukumnya dosa karna itu sama saja menyiksa bagi org yg telah meninggal. memang aq blm pernah mendengar bukti yang nyata bahwa air jeruk bs membangkitkan memori tp aq pernah dengar klu air jeruk bs membuat arwah gentayangan, tp itu gk boleh di lakukan, meski hanya sebaas niat dalam hati

  78. kalau siopu sama cina air seni masuk najis nggak

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s