Repost…Riding position yang baik, agar top speed lebih maksimal

Sebelumnya saya mau memberi tahu kepada para pembaca, saya bukan pembalap, bukan tukang ngedrag, bukan Instruktur balap juga bukan tukang balap liar :mrgreen: Saya hanya sembalap yang ingin berbagi pengalaman tentang seputar sepeda motor :D . Dikarenakan banyak pertanyaan seputar top speed yang masuk kemeja redaksi yudibatang.wordpress.com :mrgreen: Kali ini saya mau membahas tentang riding position yang baik, agar top speed lebih maksimal ditrek lurus berdasarkan pengalaman pribadi dan nonton balapan dimotogp :D

Sebelum membahas riding position, ada baiknya saya mengingatkan untuk merubah ergonomi motor (motor batangan yg bertipe sport touring ) yang masih standar pabrik, dengan cara merupah dua parts seperti dibawah ini:

1. Ganti foot step dengan model underbone/ foot step racing

2. Ganti setang yang posisinya lebih rendah. Bisa diganti dengan setang jepit, disarankan stang jepit dari motor lain asli bawaan pabrik (jangan stang jepit abal-abal).

Ada enam poin yang perlu diperhatikan dalam riding posisi ini, Lihat gambar diatas:

1. telapak kaki menekan foot step kebawah agak kebelakang

2. Paha dan lutut bagian dalam menjepit tangki motor

3. Posisi badan membungkuk samai dada menempel tangki

4. Posisi siku tangan menempel lutut atau paha samping luar

5. Posisi Pantat diangkat sedikit / pantat tidak menempel jok.

6. Posisi kepala menunduk tapi pandangan kedepan jangan sampai terhalang.

Perhatikan juga contoh riding position ini pada poto dibawah.

Terlihat rider Vixion (Bobby Vracing) yang sedang mengover taking rider disampingnya, sudah menerapkan riding posisi ini dengan benar( perhatikan anak panah hijau). Beda dengan rider sebelahnya (perhatikan anak panah merah) rider ini posisi ridingnya salah, paha melebar, siku melebar dan kepalanya tegak :D

Warning!! Jangan terapkan riding posisi ini dijalanan umum yang rame!! lebih baik diterapkan disirkuit atau jalan tertentu yang sepi dan tidak mengganggu pengguna jalan lain.

Semoga berguna dan silakan share pendapat anda :D

About these ads

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Tulisan ini dipublikasikan di Bikers, pengalaman berkendara, safety riding, Tips sepeda motor dan tag . Tandai permalink.

47 Balasan ke Repost…Riding position yang baik, agar top speed lebih maksimal

  1. RV 46 berkata:

    Tumbennn….P.E.R.T.A.M.A.X 105…plus+plus NOS OB..

  2. azizyhoree berkata:

    warung DOHC ga heran kenapa pada gambar tersebut rider motor merah gampang banget “di overlap” kata mas yudi ! :mrgreen: loh kok masak sih?…….
    mari dicermati…….. selain posisiriding melebar emang bener sich statement , kata mas yudi (lagi) eits……. tunggu dulu, ada faktor penting lainnya……. > coba pict tsb dibuka…. kemudian silahkan di zoom…. perhatikan shock teleskopik nya….. nah loh…… ternyata up side down :mrgreen: :lol:

    artinya apa????????????????????

    bisa dipastikan motor merah tersebut bukan CBR 150 R wekekekekke

    artinya apa???????????????????

    silahkan di prediksi sendiri………….

    (mas yudi emang pinter milih gambar nya yang beginian :mrgreen: )

    xixixiixi (ditulis dengan penuh damai)

    salam from warung DOHC ….. muach :mrgreen:

  3. Maskur berkata:

    @azizy
    panas ki, untung penuh analisa
    wkwkwkkwkwkwkkwkwkwk

  4. Aris otong berkata:

    mau test ah di artery kaliwungu…hehehe

  5. Hourex berkata:

    @Bro Yudi
    kek nya bs panjang urusan klo kurang ati2 pasang gambarny ni Mz Bro..

    @Mz Azizy
    ojo sampe si paijo di asor ake Mz Bro..

    PISS OLL…

    • azizyhoree berkata:

      wkwkwk piss juga mas hourek. untung pict nya bukan n 150 with keihin pwl serries…….. bakal berabe mas hourex kalo 2t lover sampai di over lap ; :mrgreen: btw ga pa2 ding mas yud, artikelnya menarik kok :lol:

      • Hourex berkata:

        xixixixi.. tp klo yg ngover lap sipaijo asli from DOHC homespeeds shop wates – Jogja, saya pura2 trima sms ato garuk2 aj lah Mz..
        Atuut..
        PISS..

  6. miko berkata:

    CBR 150 di overlap…wah ternyata CBR palsu huehehehehe….makanya kadang ragu m beli Megelli…

  7. juvester berkata:

    hehehe.. artikel bagus.. cm gambar agak berlebihan ya mas? :D
    tp ane yakin isi artikelnya bener.. dah ane coba.. tp dimotor bebek 2 tak. jg paha g bisa ngapit tangki.. terasa lebih sigap jg jadinya. n pastinya bukan di jalanan kota.

  8. asmarantaka berkata:

    hmmm…kudu sport ya om??..kalo bebek ngk bisa dong….malahan gayanya lebih ekstrim sih…kudu tiarap..xixiixx :mrgreen:

  9. j4na berkata:

    mengenai gambar diatas yang mana tuh pemenangnya….????
    merunduk dijalan umum awas dikirain obsesi pembalap ga kesampaian… he he he
    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2010/12/23/akankah-bajaj-ikut-bersaing-di-segment-sport-250cc/

  10. davied berkata:

    bner mmg,pake vixi klo gak nunduk dapet 130km/jam sulit bgt..tapi klo nunduk pernah nyoba di halim waktu jalan sepi tembus 140km/jam…tapi saran jgn di ikutin..ini nyobanya iseng aja,dan sudah dipastikan jalanan sepi..

  11. edo berkata:

    Posisi riding dah ane terapkan scr benar…
    pokok’e dah perfek wis…
    tapi kok supra fit gw gak bisa tembus 150 km/j yah???
    …ada yg kurang ga ni??…

  12. thixxxx berkata:

    klo pke fairing pazti lbih aerodinamiz……..

  13. lovemybike berkata:

    kalo ane naik vixy sih, kalo gag nunduk n posisinya gag bener, top speed cuma 120 lebih dikit, berat ane lebih dari 95 kilo wkwkwk. tapi kalo sambil nunduk, jepit tangki. 135 tembus. stang udah stang jepit n footstep udah footstep racing pastinya

  14. VruZ LvrZ berkata:

    halah motor yamaha75 gue sudah diterapkan tapi kaga tembus 140 km/jam
    hahahahahahahaha (piZZ)

  15. H 4444 N berkata:

    nice artikel…..tp ane dah nunduk2 kok vixie ane cman 140 tok yo???????wah…….kerja keras buat nandingi vixie ne bro yudi…..new member bro……..

  16. H 4444 N berkata:

    kok koment ane gak masuk yo…….

  17. yudibatang berkata:

    @H4444N, Kalo diSemarang saya belum tau, mending langsung kejogja aja kebengkelnya Doni tata atau bengkelnya Maestro tuner motor Ibnu sambodo/Manual Tech.. sekalian touring :D

  18. doedygoenaone berkata:

    sadis bener kata2nya si bro…jgn di tulis over lap lah..wkwkwkw…bagusan over taking kali yg benar !!..buat artikel keseluruhan tob dah !.salut!

  19. Ping balik: Ketika dalam perjalanan aku “ditantang” biker alay penunggang Satria FU | yudibatang personal blog

  20. ronnieajaa berkata:

    Nice info.bisa diterapkan tuch ^_^

  21. Ping balik: Ganti foot step standar dengan under bone, harus diikuti penggantian setang rendah | yudibatang personal blog

  22. Blacketel berkata:

    bukan pembalap liar

  23. @vrac1ng berkata:

    wow mampir lagi foto sayah dimarih..
    yg disamping saya itu emg bener Minerva 150cc..

    tapi utk hasil terupdate funrace Sentul bulan May 2012 lalu, tanpa bermaksud membela Vixion ataupun merendahkan CB* 150, yg finish di 5besar emang kebanyakan Vixion (ada yg ganti ke karbu, ada yg boreup tapi ttp injeksi –> spti saya), FU150, dan Honda CB yg pake mesin Vixion (boreup pastinya).. CB*150 lama dan baru, baru terlihat di 10 besar..
    tentu saja hasil ini ga jadi patokan mutlak, tapi jika temen2 emg mau tau apa yg happening di Sentul musim 2012 ini di kelas 150cc 4tak (bore up boleh masuk), yaa emg spti apa yg saya tuliskan diatas..

    salam damai selalu sesama pengunggang motor.. :D

    • Redribbon Army berkata:

      kalau di bore up engga 150 cc dong?

      • DC berkata:

        ya namanya juga Fun race, ngebutnya sebatas senang-senang, ane aja kalo trackday bisa kesusul ama bebek.. wkwkwkwkwwk
        eh sekalian mau nanya, dulu jamannya OMR Sport 150cc 4 tak v ixion sering podium kah? maklum ane udah lupa.. xixixixxii

  24. Agus Marciano Riyanto berkata:

    Ahaa jozssss !

  25. Gogo berkata:

    mantab.. kemutan lagi

  26. megalodon150 berkata:

    point yang 5. Posisi Pantat diangkat sedikit / pantat tidak menempel jok.
    apa gak akan pegel tuh mas yud!

  27. Meong berkata:

    Wah klonengan cbr yaw…

  28. arivvixi berkata:

    jg kaya gini ya bang yud,

    http://youtu.be/4JZ1vNuSICo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s