Pengalaman empat tahun menggunakan motor Injeksi

Halo brother biker :D …yups, kali ini saya mau share pengalaman menggunakan motor injeksi (yamaha vixion) selama empat tahun. Dulu waktu motor Injeksi pertama keluar (kalau gak salah Supra X125 PGM FI CMIIW), Konsumen secara umum belum bisa menerima motor Injeksi. kemudian keluarlah yamaha vixion ditahun 2007, entah kenapa khusus yamaha vixion konsumen bisa menerima motor injeksi walau banyak statemen yang menghawatirkan motor injeksi ini contoh : “kalau motor mogok dijalan gak semua bengkel bisa”

ternyata setelah saya menggunakan motor injeksi ini selama empat tahun untuk pemakaian jarak jauh , tidak pernah sekalipun mengalami problem pada sistim injeksi. padahal mesin motor sudah saya oprek sedikit. Perawatan motor injeksi lebih simpel dan gampang dibanding motor karbu. gak ada critanya bersihin karbu, panasin mesin dipagi hari, mesin brebet ketika hujan dll. ou..ya konsumsi BBM motor injeksi juga irit, motor saya walau sudah empat tahun pemakaian dan telah menempuh jarak 91.973 km, konsumsi BBMnya 1 liter masih tembus 45 km.

So, sudah gak jaman ketakutan pada motor injeksi. produk-prouk terbaru Honda dan yamaha hampir semuanya sudah mengaplikasi sistem injeksi. sebentar lagi kawasaki juga mengikuti. intinya motor injeksi lebih efisien :D

About these ads

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Tulisan ini dipublikasikan di Bikers, Honda, Info parts motor, Tips sepeda motor, Yamaha dan tag , . Tandai permalink.

61 Balasan ke Pengalaman empat tahun menggunakan motor Injeksi

  1. Aa Ikhwan berkata:

    wow ajiib,…ane baru tahun ketiga nih :D

  2. Zikri Irfandi berkata:

    hmmm… mulai ngidam motor injeksi nih….
    btw bro yudi pake premium atau pertamax?

  3. sinbe berkata:

    Artikel pencerahan! Sip om yud.

  4. vixion baru berkata:

    btw Vixi saya masih 6bulan beli baru tp belum pernah dapet 45 KM /liter bro.. mentok 40KM/liter itu aja pas udah pakai pertamax, jaman bensin malah 30-35 doang padahal cuman sehari2 dipakai ga pernah nyentuh kecepatan 100KM/JAM (kecuali luar kota, tp jarang), servis berkala juga ga telat….

    ada masukan ga bro? mungkin settingan CO nya?

    • mantri berkata:

      buka busi’y bro lihat di elektroda, apa warna merah bata apa hitam(campuran kaya). Klo hitam, minta co’y di setting Min(irit)..

    • ane sendiri berkata:

      Sama bro, ane jg di kisaran 40km/l. Setting co+3. Pernah coba setting co standar pabrik, malah dpt 36-37km/l. Akhir nya setup di co+3 trus. Pemakaian baru 4 bln.
      Bensin Shell super

    • Irfan Vixigraphy berkata:

      kasih standar semua nya bro?? ban,. velg dll??

    • donma berkata:

      pake ban gede yahh??? cara pemakaian bawa motor gimana??? sruntulankah??? make injeksi kalo sruntulan juga ga mungkin kalo cm 40km/liter..pake knalpot racing murahan yahh??? mnding kalo standar blm ganti ban gede/knalpot coba set co nya standar pabrik gmn,ada perubahan ga?? kalo semua ga seperti yg di atas, bisa2 ente cuma fbh yg asal nguap. alias tidak punya vixion,cm punya hondo 96cc supripitan :D, ane pmake vixi menurut ane vixi lebih irit dari bebek yang ane punya juga (jupiter z) iritan vixi dengan cara make yang sama, 22nya masih standar cuma ban vixi di benerin ukurannya dpn blkng 90/80 Fdr

  5. fitready berkata:

    Motor injeksi ane konsumsi pertamax 30 kmpl, boros ya?

  6. kharis27 berkata:

    mantep ,.,.ane baru 3 tahun ,.,.bosen euy ,.,.

  7. ASHTER berkata:

    ane baru 5 bulan bosen pak de batang.. n sekrng udah ganti ninin hehehehe

  8. joko berkata:

    motor injeksi kelas murah pertama yg keluar di INDONESIA adalah SHOGUN FI bukan supra 125 mas yud, saking aja shogun FI gak begitu laku waktu itu, selang beberapa waktu kemudian barulah muncul supra 125,
    jadi sebenarnya pelopor motor injeksi pertama di Indoneisa yaitu SUZUKI shogun 125 FI mas bro

  9. Ipunk berkata:

    Jd pgn gnt

    Survei singkat dibayar mahal, pertama di Indonesia, Hanya ada di bisnis ini. Klik http://www.idsurvei.com/survei/Iphunkmovich

  10. dewadieja berkata:

    Belum pernah pake motor injeksi.
    Kalo nginjeksi sih…sering :mrgreen:

  11. Rollerman berkata:

    sbenernya sih pgen membuktikan performa forged piston n diasil silindernya Vixion,tapi karena kondisi mesin VIixonnya bro Yudi udah modif,ya udah deh g bs melihat ketahanannya.hehe

  12. Irfan Vixigraphy berkata:

    pernah maen ke tukang knalpot,. trus ada montir yg masih kacangan,. bilang “tuku jeh vixion,. beli bisa mlayu motor kuen,. karo cb qt gen kalah” translate : beli kok motor vixion,. ga bisa di bwa lari (ngebut) tuh motor,. sama cb saya juga kalah,. secara pemikiran yg ga masuk,. lah ngoprek motor karbu lebih mudah,. dari injeksi IMO,. ganti ja karbu yg ngejos dan perangkat lainnya,. yg pasti kalah vixion,. tapi Liat di ajang balap moto gp,. ada ga pake karbu,. hahahaha,.

  13. montirnya yg ga bisa nyervis motor injeksi jadi jelek2in teknologi injeksi. karena kalo semua udah injeksi dia ga ada kerjaan lagi

  14. edo berkata:

    Laporan on YB….
    Vixionku dah 55.000 km… CO +12, sendalpot R9…. masih kuat 47 kpl…
    Vixion om YB manteb tuh…. dah 90.000 km… setara pemakaian normal 7-8 tahun tuh… Terbukti disail silinder bagus jg….

  15. penggemar ninja berkata:

    masih duluan ane mas, ane dari 2007..
    kkkk…vixion biru…skrang dah ngak keluar lagi..mpe skrang ngak ada masalah berarti… :)
    yg enak itu klo lagi buru2 starternya gampang..langsung jreng..beda sama ninin..

    mau ganti ninin 250 injeksi nich..hehehe

  16. jokerhartanto berkata:

    sekedar share saja,,,,,,
    motor ane (vixion tahun 2008) dah 52.000an km, senin-sabtu bwt krja, kemarin2 juga bis ngetest konsumsi bbm (bensin/premium), beli 20 ribu sampai 195 km dapet 43an km/l (pngujian ya kayak umumnya blogger),spek standar hanya ganti busi balistik, ban belakang 120/80, RDB, pluntir gas biasa (kdg banter kdg alon), jalan klaten-solo,,, , berat ane 60 kg,.

  17. lidahitutajam berkata:

    semua ada sisi positif dan negatifnya, karbu vs injeksi hanya buang2 waktu buat diperdebatkan…so mari memikirkan yang lebih penting..

    just my opinion

  18. Vixioners berkata:

    vixion ane 2011 36rb KM cm 31 km/liter kalau dibawa ngebut2, kalau dibawa santai 33 km/liter skrg (pake premium), pake pertamax plus dibawa ngebut 33km/liter dan dibawa santai 35 km/liter…. pas masih baru aja cm 39 km/liter pake premium pake pertamax plus 43 km/liter…. gk pernah dioprek pdhl, rutin ganti busi (tiap 6000km), saringan oli (tiap 9000km), ganti yamacoolant (tiap 10000km), saringan udara (tiap 12000km), oli slalu ganti sesuai anjuran pabrik 3000km sekali (enduro racing), service rutin gk pernah lepas sekalipun tiap 3000km…. pas baru top speed 130kpj, dulu KM 12rb dpt setingan bagus bisa 140kpj ban gambot tanpa fairing, skrg ditarik ampe mati juga cm dpt 110kpj (km = 36.000an)….. kira2 kenapa ya? ane da ampe bosen nanya montirnya selalu dijawab gk ada masalah…. dan gmn biar bisa top speed 130kpj aja cukup + bbm 40km/liter aja cukup???

  19. Giusty berkata:

    mas yudi…kalau bisa di share juga berapa biaya untuk long term maintenance selama 4 tahun.
    trims.

  20. Utuh berkata:

    Klo isu tentang vixion gk boleh k’habisan bbm gmna mas yud?? Kta a klo sampe kering pas jln vixi a ngambek, wlo d isi lg ttep gk mau hidup, harus d bwa k’beres kt a.. Jjur ane sbg vixioner baru jd waswas juga..

    • paijo berkata:

      coba jawab ya bro, fuel pump vixion tu emang agak sensitif, sensor dan pirantinya minta selalu tergenang bensin, banyak kasus fuel pump tiba2 mati karena keseringan kurang bensin di tangki, ketika mereka mulai disiplin mengisi full tank, masalah itu hilang, jadi memang sebaiknya ketika kapasitas tangki sudah separo, sebaiknya diisi full, dijamin masalah itu akan hilanggg

  21. Sip.. inponya sangat berguna mang :D

    visit my blog
    seorangdayadex.blogspot.com

  22. h4381vf berkata:

    selamat mas yud. bntar lg menempuh prjalanan yg ke 99rb km. salam kenal. semarang menyapa

  23. Steve_A7X berkata:

    wow 91 ribu KM dalam 4 tahun. Rider sejati yang punya blog. Salut banged bro Yudi. tob abis

  24. ChoiWooYoung berkata:

    Boz yudibatang sang sesepuh vixion

    ane mo tanya nich kalo vixi std kan sdh rahasia umum econo riding bisa dapet kisaran 40-45km/liter

    nah kalo udah dioprek kentjang bin galak 150 kmh macem boz yudi ini kalo dibawa econo msh dapet emangnya 40-45?? dan kalo dibawa ala anak alay alias redline nonstop dapet brapa konsumsi bensinnya??

  25. heika berkata:

    vixi 2009 punya aku,mo servis di beres ga bisa dipercaya.alhasil 1 tahun lebih ga pernah servis sampai sekarang lari masih kenceng kog,padahal premium minumnya,oli enduro,

  26. menurut agan-agan kalau Vixion dikasih knalpot Racing macam R9 atau CLD.

    gimana suaranya.
    soalnya penasaran pengen coba.
    tapi enaknya konsultasi dulu.

    balas yah gan

  27. Satrio_G berkata:

    dengan spek yang bisa 150kpj masih tembus 1 : 45 itu bensin nya mas ?

  28. erwin berkata:

    sekedar pengalamanku pake vixi tahun 2010 km 50.000 sampai saat ini mesin ok. bbm 1:45 premium, oli mesin BM1 pc 3000, bersihin injector km 35.oookm ganti oli max 2500km, motor masih bisa lari 130kpj… kanhari pernah klo masuk gear 5 rpm diatas 6000 jalan motor sersendat-sendat seperti kehabisan bensin ternyata usut punya usut masalah ada di busi, aku coba ganti busi baru dan langsung ngacir lagi… aku pake busi NGK CR8E busi standartnya… harga 12ribu doang.. sempat sebelumnya aku bawa ke beres eh malah disuruh bersihin ijector lagi… ternyata beres (bengkel resmi) juga sambil coba2 dan menebak2… sekedar informasi busi untuk vixi berbeda dengan busi lainnya…. dan kualitas busi satu merk belum tentu sama.

  29. bang yud
    saya mau nanya
    kan motor saya vixion 2012 injection
    trs saya pasang knalpot R9 mugello NG setelah saya pasang saya sudah setting CO ke bengkel resmi yamaha tapi waktu saya bawa motor kejalan malah terasa brebet-brebet gitu trs speed 80 trs maksimal 105 tapi itu juga harus dipaksa
    bang tolong kasih tau dong cara ilangin brebet ama mandat mandat pada motor saya

  30. endhyerinershi berkata:

    Mw tanya knp vixi (2010) klo naik 5 nya selalu ngadat kaya kehabisan bensin tolong di bantu ?

    Thanks

  31. kutAkutik berkata:

    jozzz

  32. Drg.didi berkata:

    Yo’I sob… Gw jg gk prnah ngalamin kendala yg berarti saat jalan jauh maupun dkat… Cma msti rajin aj service injektor skali 3-4bln sama check busi ny… Coz mtor injeksi mnim perawatan bukan berarti gk di rawat… Skali jebol bisa kempes tu saku bro” smua… Hhahaha

  33. jojo berkata:

    salam vixi punya ane 2008 n suka touring km juga nembus 90ribuan soal bbm pake premium ajah dah cukup n beres” aja kalo lari pernah 130 bro… sekarang ane ganti kampas kopling skorpio n per kopling cld jadi ngacir lagi n sekarang set co+9 ban gede” n jika mas bro” da yg maw oprek silahkan cari di fb IWS krmn dah da paket 230cc yg doyan balap… salam diamons

  34. robi berkata:

    pnya ane vixion 2009, top speednya kok cma 115 kpj?? konsumsi BBMnya cma nyampek 1:33,, pdhl 3 bulan lalu msh tembus 1:45,, kira2 msalahnya apa ya??

    mohon pencerahannya, thanks :D

  35. Eki berkata:

    mas yudibatang, katanya vixion nya mau dilego/dijual, apa benar…?
    jika benar pm ya mas berapa budget : eki17mild@gmail.com
    Terimakasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s