punya motuba berumur diatas 20 tahun, perlu upgrade silinder kop

Halo brother biker :D …artikel selingan sambil nunggu artikel horor nanti malem . Yups..bagi anda yang tertarik ingin memebeli motuba atau bahkan sudah memiliki motuba, khusus motuba yang berumur diatas 20 tahun perlu mengupgrade silinder kop pada mesin motuba anda. Seperti yang saya alami beberapa waktu lalu. Motuba yang saya beli Daihatsu Charade G11 tahun 1986, sudah berumur lebih dari 26 tahun.
detomaso

Walau mesin kelihatannya masih Ok, dites speed dijalan tol Kanci-Cirebon masih bisa dapat 130 km/jam, tapi rasanya ada yang kurang. air radiator sering berkurang, kalau AC dinyalakan temperature naik, Oli ada yang rembes dll. menurut saran seorang mekanik bengkel mobil, silinder kop perlu dibongkar dan ditambal karena ada indikasi kebocoran disilinder kop (antara water jaket dan ruang bakar). Akhirnya sayapun mengikuti saran simekanik, motuba dikandangin dibengkel depan rumah. Dibongkar head dan silinder kopnya, ternyata benar…bentuk penampang silinder kop sudah berantakan, banyak kebocoran disana sini.
silinder kop daihatsu charade g11 waktu baru dibungkar

Kemudian silinder kop saya bawa kebengkel silinderkop didaerah batang untuk ditambal dan dipapas ulang. Oh..iya waktu pengerjaan sekitar dua hari dengan biaya menambal dan memapas silinder kop dibengkel tersebut 300 ribuan. Perlu diketahui untuk menambal dan memapas silinder kop mobil lebih baik jangan dibengkel besar yang menggunakan sistim dibakar. karena disamping harganya lebih mahal, juga bentuk silinder kop banyak yang berubah karena pemanasan yang terlalu tinggi.
DSCN8862
gosok mesin

Setelah selesai ditambal, silinder kop dibersihkan dengan bensin lalu direndam dengan air yg dicampur detergen bubuk dalam ember (seperti ngekum/merendam baju kotor), kurang lebih dua jam. Kemudian silinder kop diangkat dan digosok dengan sikat gigi bekas. Setelah kering kalau performanya pengin lebih mantab sekalian diporting dan polish. Tapi harus nambah biaya lagi.
silinder kop daihatsu charade g11 setelah ditambal dan dipapas

Tapi kalau pengin biasa saja ya disikat dan diampelas lubang ex dan lubang in nya, agar jalur udara dan pembuangn lebih lantjar djaja :D Proses mengamplas tidak sekali jadi, tapi diamplas berhenti lalu dicheck dulu sambil disawang-sawang sambil minum kopi dan ngudud :mrgreen: Kalau dirasa masih kurang bersih dan kurang halus, lakukan pengamplasan ulang.
nyawang mesin

Setelah dirasa cukup kintjlong, bawa kembali kebengkel dan dipasang kembali. Setelah selesai dipasang, mobil perlu direyen dulu. dibawa muter-muter dulu dengan kecepatan wajar..yah sekitar 40-60 km/jam kurang klebih seminggulah. setelah itu baru digeber…sidetomaso speednya sekarang bisa tembus 145 km/jam dijalan tol kanci-Cirebon, AC dinyalakan juga sudah nggak over heat, temperatur normal dan air radiator sudah tidak berkurang.
silinderkop charade G11

Semoga berguna :D

Info bengkel :
- Bengkel silinder kop dijalan raya Batang-semarang sebrang SD Tegal sari 1
- bengkel mobil, Bolo rodo (Mekanik MasAntok) dijalan gajah mada Batang

About these ads

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Tulisan ini dipublikasikan di Modifikasi performa, Motuba/mobil bekas, pengalaman berkendara dan tag , , , . Tandai permalink.

74 Balasan ke punya motuba berumur diatas 20 tahun, perlu upgrade silinder kop

  1. ipanase berkata:

    mantabh tenan lek, ilmune sing ojo ning bengkel gede kui sing jossssss, men tlaten ngono pie lek?

  2. H 4444 N berkata:

    Wah si gledekan ganti niye….

  3. johan adi berkata:

    jozzzzzz gandozzzzzz…….

  4. rsaputro berkata:

    wahh.. om yudibatang ahlinya DIY ni… jhan top tenan OM :D

  5. Muhammad Aulia berkata:

    om yud ane mau tanya dunk, ane mau juga nih motuba hatchback yg dibawah 50jt tp masih joss, sasaran ane sih antara ford laser vs toyota starlet vs mazda vantrend, kalo mpv juga boleh sih antara katana vs feroza. menurut om yud mendingan ane ngambil yg mana tuh?

  6. deny berkata:

    om yud

    kok setelah dipapas, bentuk kubah silindernya jadi beda ya?
    emang berapa mm dipapasnya?
    atau karna sudut pandang fotonya ajj nih? :D

    btw mantab ngebengkelnya

  7. agung berkata:

    Koyo Mesin anyar warnaa ne joss… videone top speed ndi kang? hahaha ditunggu

  8. Rony berkata:

    total habis berapa mas yudi?

  9. Maskur berkata:

    sip…
    artikel yang berguna dan menginspirasi.. :D

  10. Amama Ali berkata:

    Horra onok pideo ne
    #pitnah kie? :P

  11. mulyanto berkata:

    naik kelas, saiki ngoprek R4 :)

  12. lekdjie berkata:

    Dadi kinclong gan

  13. apaajaboleh berkata:

    edyaan mas mobil umur segitu tembus 145..:D

  14. bejo berkata:

    dadi apik eram kang

  15. joko berkata:

    apa gak gemeteran tuh naik mobil tua 145 kpj :D
    NVL vs CB yg lagi balapan disalip detomaso dengan santainya, sohc 3 silinder wkwkwk :D

  16. Diposedicigp8 berkata:

    pingin wonder po nova :mrgreen:

  17. axo92 berkata:

    wih mantep mas…
    nggak bore up sekalian mas? :mrgreen:

  18. marga berkata:

    biar gak lemot dan tarikan enteng

  19. Iwata berkata:

    Lek… 145 Km/H kui banter lo…

  20. 145kpj… wow banget…
    eniwei mas yudi… gak ada minat nempelin 3 silinder nya ke piksen?

  21. gasspoll83 berkata:

    baru beli motuba timor tahun 97 kalo ac dinyalain kopling sedikit ngebagel feeling terasa berbeda apa hubungannya ya?

  22. ZERO-3 berkata:

    cangkir kui oli po kopi om yud? wkwkwkwkwkwk…

  23. cabe ijo berkata:

    wow 145km/jam beda tipis dg xenia 1.3 ane 150km/jam

  24. kasamago berkata:

    wuiih mantab neh.. mobil umur 20thn emng wajib turun mesin dikit yah..
    siip infonya, dari buluk ke kinclong.. nice..
    pengin joss lg swap engine pake mesin 3S-GE/TE..

  25. Vincent berkata:

    jadi kayak baru lagi cylinder headnya :mrgreen:

  26. nbsusanto berkata:

    woh 145 kpj.. 8O
    sementara topspeed neng esti baru 110 kpj pun udah goyang-goyang medeni..padahal baru di gear 3..sekarang baru masuk dokter.. :|
    konsumsi bbm e piye kang yud?

  27. skalorman berkata:

    manteb mas, telaten bener hehehe…

    kebetulan baru ngangkat motuba, *kayakkutaajangangkatmobil

    ya begitulah, namanya mobil bekas, ada aja masalahnya kekekekeke…:D

  28. gudel berkata:

    homosek, HObi MObil SEKen

  29. kudalumping berkata:

    wahh.. pantherku barang nowo perlu dikonokke…
    -.-”

  30. gunawanspurs berkata:

    Kan Yudi, itu blok silinder yg ditambal, jalur water jacket nya dicor ulang ya ? trus cuma dikasih saluran2 kecil dgn dibor ? berarti teoritis kemampuan pendinginannya berkurang ya ? tp krn sekarang mesin bener2 sehat, performa ttp meningkat jauh, mangstabb.

    Mesin yg digunakan di Charade ini sama basisnya dgn yg digunakan di Zebra 1000, MUNGKIN juga sama dgn yg digunakan di Xenia Li 1.0, ke depannya bisa riset bwt engine swap tuh kang, jadi injeksi motuba nya, hehehe.

    • yudibatang berkata:

      iya masbro, cuman dikasih lubang. mungkin tujuannya biar nggak cepat “grupil” lagi :D yup ..bener mesin Charade = mesin Hijet 1000. kalau xenia kayaknya sudah DOHC 12 klep bro, jadinya lain dg charade yg masih sohc 6 klep.

  31. arif berkata:

    wah keren jadi keliatan masih baru :o

  32. joko berkata:

    kalau ga salah blok mesinnya masih besi cor ya? mirip f10 carry, yang kalah cuma headnya saja. kalau mesin honda pasti bloknya sudah hancur karena honda jaman segitu sudah aluminium blok

  33. alamunib berkata:

    halo om yudi apa kabar? masih pake motuba?
    kenalkan, saya alamsyah dari bengkulu. mau tanya2 dikit nih.
    saya baru beli motuba daihatsu charade turbo g11 1986 (turbonya udah gak ada) dengan harga 22jt. nah mesinnya panas terus, kemudian saya bawa ke bengkel. katanya kompresinya bocor. lalu silinder kopnya di ratain lagi ke tukang bubut kena 350rb. ane peratiin perpaknya kayaknya punya hijet 1000. jadi agak beda mas. ada bagian lubang air yg seharusnya memanjang tapi cuma lubang kecil aja. nah apakah itu berpengaruh terhadap panas mesinnya?
    karena setelah di pasang lagi mesinnya masih panas juga (kadang panas kadang normal).
    kalau pompa air yg rusak tanda2nya apa ya mas? kan pompanya di putar oleh mesin jadi otomatis mutar terus gak macet.
    tolong pencerahannya mas. di bengkulu agak susah cari sparepart motuba ini kalau ada rekomendasi yg jual di jawa boleh juga di kasih info ke saya mas. saya juga baru pesan sock depan + per kena harga 1,4jt.
    terima kasih.

  34. bang agus berkata:

    Bengkel silinderkop seberang SDN TEGALSARI ~Batang ya Om?… Klo gak salah nama Bengkelnya BAHARI TEHNIK, / pak saeful bahri? .. Oke deh salam kenal , ni ponakannya :v

  35. Slow_down berkata:

    review Fuel consumptionnya kang yudi.
    taulah mesin hijet 1000 saja yg dicangkokin kemobil van FC nya irit banget & jago nanjak. gak tau tuh dengan nih charade.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s