Komponen yang sering lupa dipasang kembali oleh mekanik

Yangk namanya mekanik juga manusia..jadi tak lepas dari sifat lupa…Oleh sebab itu, kita sebagai biker juga harus selalu mengupdate pengetahuan kita tentang sepeda motor :mrgreen:
Berdasarkan pengalaman saya menyervis sepeda motor, ada beberapa komponen yang paling sering terlupakan oleh mekanik, katika mereka memasang mesin kembali komponen yang habis dibongkar. Diantaranya :

1. Pelor/gotri aka bahasa inggrisnya Ball

Pelor ini ukurannya kecuil sekali :mrgreen: diameternya sekitar 3mm, letaknya berada didalam rumah kopling. Biasanya kalo kita mau ganti kampas kopling atau ganti perkopling, pelor ini tanpa kita suruh, akan keluar sendiri dan jatuhnya kedalam bak penadah oli bekas. Kalo mekaniknya gak awas, atau kitanya meleng .. alamat pelor itu akan terlupakan dipasang kembali, efeknya perpindahan gigi terasa gak enak… dan performa motor agak menurun…

2. Seal kem aka seal noken as aka seal camsaft,

Bagi yang suka oprek-oprek mesin, pemasangan kem harus kita awasi dan pastikan seal kem terpasang 😀 . Kalo lupa dipasang, top speed motor bakalan ngedrop.. 🙂

Kiranya segitu dulu info hari ini, semoga berguna 😀

Iklan

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Pos ini dipublikasikan di Bikers, Info parts motor, Tips sepeda motor. Tandai permalink.

14 Balasan ke Komponen yang sering lupa dipasang kembali oleh mekanik

  1. Bjl berkata:

    saya juga kadang2 suka pelor bang…
    (nempel molor…) :mrgreen:

  2. NanaRedPro. berkata:

    keEmpatnya(harapan satu?)
    ngarep podium mode:on

  3. terong amnesia berkata:

    cm gara2 pelor kalo udah kena gigi emang ga enak ya buat pindah2 posisi… :mrgreen:

  4. azizyhoree berkata:

    wah yang jelas oil seal cam shaft tuh kalo lupa dipasang bakalan ada oli yang merembes.. keluar dari jalur yang seharusnya 🙂 mas yud..

  5. RV_46 berkata:

    Tambahin 1 bro ..boss tromol yg didalem rumah gear klo lupa ..dijamin jalan 5 km aja bearing dalem bakal ambrol plus tromol mlesek ma rantai kelepas dari gear ..hehe pernah ngalamin biarpun mekanik sekelas fidel..

    • vrac1ng berkata:

      wehehehe..
      gw juga pernah ngalamin..
      tapi biasanya tukang tambel ban..
      pgn balik lagi k tukang tambel ban buat maki2 tapi roda blkg dah keburu ngga bisa muter lagi..

      ya sudahlah..
      jadinya klo bongkar2 lagi gw yg ngumpulih itu laher2 & bushing2 semua masukin k as roda nya..

  6. sof berkata:

    tambahan: Karet penyanggah tangki motor, kalo lepas, perlu di ingatkan untuk di pasang kembali

  7. touringrider berkata:

    sama mas. mesti kalau habis servis rutin di yamaha sampai di parkiran tak cek lagi. soalanya sering ada yang nggak pas.

  8. asmarantaka berkata:

    untung tangan mekaniknya ngk lupa diambil kembali yak??…kalo kelupaan nempel dimotor apa jadinya??…xixixiix :mrgreen:

  9. nino berkata:

    om bikin tulisan “cara bongkar slinder vixion” dong
    tolong dibantu ya
    😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s