Hati-hati, Modifikasi sepeda motor itu seperti virus… bagian 1

Sudah menjadi sifat dasar manusia yang tidak pernah puas dengan sesuatu yang dimilikinya, begitu juga bikers akan muncul perasaan tidak puas dengan sepeda motor yang dimilikinya dan ingin merubah atau memodifikasi sepeda motornya agar bisa tampil beda terutama beda dengan sepeda motor yang sejenis 😀 Keinginan untuk merubah tampilan, merubah performa, merubah ukuran, bentuk dan lain-lain dinamakan memodifikasi. Modifikasi sepeda motor menurut saya dibedakan menjadi dua yaitu modifikasi tampilan dan modifikasi performa :

Tanpa kita sadari keinginan memodifikasi ini sudah ada dari sejak beli sepeda motor dan hati-hati keinginan memodifikasi itu seperti virus yang bila kita tidak bisa mengendalikannya akan terus menggerogoti kantong kita 😀 virus itu ada tingkatannya dari yang virus ringan hingga virus akut.

a.Virus modifikasi tampilan ringan biasanya dimulai dari penempelan stiker2 yang bertuliskan kalimat-kalimat khas, lalu merembet penempelan stiker -stiker berwarna lain dari warna sepeda motor, lalu merembet lagi beli aksesoris seperti spion, tempat plat nomor, tempat minum, mur dan baut warna-warni.

b.virus modifikasi tampilan sedang umumnya dimulai dari membeli parts modifikasi yang harganya terjangkau misal beli cover angine, beli visor, ganti head light, beli rear hugger dll…

c.virus modifikasi tampilan lumayan virus ini akan menyerang bila sibiker masih kurang puas dengan tampilan motornya walau sudah diberi part tambahan contoh Mengganti ban dengan ukuran lebih besar, ganti cakram depan lebar, ganti pelek lebar, tambah rem cakram belakang (bagi yang rem belakangnya masih tromol) kadang-kadang pelek motornya sudah racing tapi diganti yang tromol dan jari-jari :mrgreen: ganti foot step racing, ganti stang dll

d.virus modifikasi tampilan agak berat virus ini biasanya menjangkiti sibiker karena sepeda motornya ingin tampil beda tapi harus pake parts motor original dari sepda motor lain dari negeri seberang 😀 misal seorang pemilik vixion ingin merubah tampilan motornya jadi R15 dibela-belain import dari negeri seberang walaupun kalau diitung-itung harga-harga parts tersebut bisa untuk beli motor bebek second :mrgreen:

e.virus modifiksi tampilan berat ringan virus ini sudah masuk stadium lumayan berat biasanya ciri-cirinya selain sudah terkena virus yang kelasnya lebih ringan, sang biker ingin mengganti parts motornya dengan barang-barang limbah moge misal ganti swing arm punya moge, ganti shock depan dengan up side down, ganti pelek punya moge.

f.virus modifikasi tampilan kelas berat Virus ini adalah yang paling tinggi kastanya, biasanya sibiker setelah terkena virus yang dibawahnya dan masih kurang puas juga, biker ini akan mendatangi rumah modifikasi yang sudah banyak menjamur, kemudian mulailah sibikers menngutarakan keinginan modifikasi motornya kepada tukang modifikator dan setelah itung-itungan dan tawar menawar harga, ahirnya motornya dirombak seperti keinginan sibiker dan biasanya biaya modifikasi motornya lebih mahal dari harga motor itu sendiri dan biasanya lagi setelah dipake 3 bulan muncul rasa bosan dan ahirnya motornya dijuwal dengan harga miring :mrgreen:

Menurut saya memodifikasi motor sah-sah saja sepanjang motor tersebut masih bisa berfungsi dengan semestinya dan uang memodifikasinya adalah uang sendiri. namun kita mesti bisa memilah-milah mana yang perlu dan tidak perlu untuk dibeli. kita harus menggunakan akal sehat kita, agar kita bisa mengendalikan diri dalam memodifikasi tunggangan kita, tentunya disesuaikan dengan kondisi keuangan kita 😀 Namun ada beberapa tips bila anda sudah terjangkit virus modifikasi kelas berat dan susah disembuhkan: 1.Motor harus dijuwal 2.Anda harus pindah dan tinggal digurun, hutan atau padang pasir, agar tidak bisa membeli parts modifikasi :mrgreen: wkwkwkwkk…

Semoga berguna 😀

Iklan

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Pos ini dipublikasikan di Bikers, Honda, Info parts motor, Kawasaki, Klub motor, pengalaman berkendara, Suzuki, Tips sepeda motor, Yamaha dan tag , . Tandai permalink.

31 Balasan ke Hati-hati, Modifikasi sepeda motor itu seperti virus… bagian 1

  1. gold d roger berkata:

    pertamax om!

  2. Maskur berkata:

    setuju
    motor itu harus bisa dikendarai dengan normal

  3. suretianto berkata:

    bener banget tuh mas, ad g ya antivirus ny
    😀

  4. zaqlutv berkata:

    kalo aye bilangye, raaaccuuuuuuuuuuuuuuuuuuuunnnnnn…..!!!!!!!! :mrgreen:

  5. nhd berkata:

    C4lakanya, ada pabrikan yang memberi ajang berkembangnya virus.

  6. A Seen berkata:

    nampaknya vixione juragan warung juga kena virus kikiki

  7. H 4444 N berkata:

    hi…….hi……..la trus klo ganti ban yang dah botak????
    apa kena virus juga yah??
    kwkwkwkw

  8. yudibatang berkata:

    kalo ganti ban yang sudah botak emang sudah keharusan 😀

  9. Cicakmerah berkata:

    ane udah abis sekitar 3jt buat modif ini itu.. termasuk kelas mana nih? harga motornya sendiri 32jt [hayo tebak motor ap]

  10. H 4444 N berkata:

    @om yudi
    la klo ban nya yang botak itu ban Batlax gimana hayo??

    @cicak merah
    PCX 125 kan???

  11. gcm berkata:

    waduh… saia udah stadium C nih.. 😀

  12. AshleyzZzzz berkata:

    saya pernah modif motor…dari stiker…ampi abisin kaki2…bisa bis jutaan…2 th kemudian…dibalikin standar…karena saban modif 1…merasa tidak nyaman…tambah 1 lagi….tambah lagi…tambah lagi…….

    • yudibatang berkata:

      yup bener bro, abis ganti part baru terus dipandang-pandang sambil ngrokok…terus…hhmmm… wah kurang ini nih…. besoknya beli part tambahan baru…dan akan bertambah-tambah terus… 😀

  13. NanaRedPro. berkata:

    klo mretelin motor kyak tampilan mirip sepeda,misalnya king copot lampu depan-blakang,sein kiri kanan,tutup aki dan oli samping ampe spion,masuk kategori mana gan?

  14. irfan berkata:

    d.virus modifikasi tampilan agak berat virus ini biasanya menjangkiti sibiker karena sepeda motornya ingin tampil beda tapi harus pake parts motor original dari sepda motor lain dari negeri seberang 😀 misal seorang pemilik vixion ingin merubah tampilan motornya jadi R15 dibela-belain import dari negeri seberang walaupun kalau diitung-itung harga-harga parts tersebut bisa untuk beli motor bebek second :mrgreen:
    ( kang topik,,,hhh )

  15. Mr_Long'S berkata:

    long’s virus C aza lahh
    selain motor jadi terlihat beda dngn yg lain juga masih nyaman tuk di kendarai sehari hari

  16. asmarantaka berkata:

    om yg jaga bengkel itu Doni tata yah??…yg pakai kemeja item merah itu loo?? :mrgreen:

  17. gaplek mania berkata:

    ternyata senasib
    pertama beli tiger.langsung ke toko.ganti lampu depan FU,lampu belakang kaze,setang jepit posh,akhirnya seminggu dicopot setang jepitnya.gak kuat boyoke.tangan pegel.
    ternyata lampunya fu yg gk ori.sinarnya gak fokus.nyebar.trus ganti lg head lamp CBR150.ganti velg lebar,setang yt,box.
    males ngitung abisnya

  18. Ping balik: Hati-hati, Modifikasi sepeda motor itu seperti virus…bagian 2 | yudibatang personal blog

  19. adul anak kendal berkata:

    ohm yudhi yang hagker pembuat virus high speed motor vixion top speed 150 heheheh pis mas becanda

  20. rifki berkata:

    waduh,bagi Q.”MODIFIKASI BAGIAN DARI HIDUPKU”.g’ bisa di pisahin lagi deh.klu dapat sediain toko accessories sepeda motor terlengkap di kota padang,sumatera barat.barang yg murah mpe yg mahal.bermacam2 merek.soalnya di padang g’ da toko yg kayak gituan.di tunggu info berikutnya.thanks bro

  21. nurcholis berkata:

    kalau cuma ganti oli 3 bln sekali termasuk kena virus nggak ya…? Sepeda star 86.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s