Riding via pantura? Kenali karakter pengendara Bus dijalur tersebut,Waspadalah!

Okay..dalam kesempatan ini saya mau melanjutkan artikel tentang karakter pengendara roda empat dijalur pantura. Pada artikel yang pertama dan kedua, sudah saya bahas tentang karakter pengendara mobil pribadi dan pengendara Truk dijalur pantura. Sekarang giliran pembahasan karakter pengendara Bus dijalur pantura 😀 silakan disimak baik-baik, kencangkan sabuk pengaman dan jangan merokok :mrgreen: 

1. Bus tuyul dan bus tiga perempat Bus tuyul dan bus tiga perempat biasanya hanya menempuh perjalanan jarak dekat, termasuk AKDP (Antar kota dalam propinsi). Pengendara bus jenis ini bener-bener hafal dengan trek yang dilaluinya. Sering bermanufer tak terduga tanpa menyalakan lampu sein, misal menghindari lubang jalan dan berhenti mendadak untuk mengambil penumpang. Bus jenis ini cenderung beroperasi pagi hari hingga petang, namun tetep harus diwaspadai.

2.Bus AKAP Ekonomi Bus-bus ini cenderung beroperasi kedaerahan. Contoh bus “penguasa” jalur Cikampek – Cirebon, dipegang oleh Bus Luragung diikuti sahabat dan sami jaya. “penguasa” jalur Semarang – surabaya dipegang bus Indonesia dan sumber kencono. Mesin-mesin bus ini pada umumnya dalam kondisi prima dan Pengendara bus-bus ini terkenal “gila” serta tidak segan-segan untuk adu muka dengan mobil dari arah berlawanan yang tidak mau mengalah 😀 . Bila menemui kemacetan dijalur depannya, mereka tidak segan-segan menerobos ambil jalur kanan dengan kecepatan lumayan kencang. Bila pas musim mudik lebaran, bus ini sering jadi sasaran pentungan petugas polisi :mrgreen: Namun bila beroperasi disiang hari, top speed tidak lebih dari 100 km/j karena dipengaruhi oleh turbulensi dan win cross dijalur pantura yang kondisi kanan kiri jalannya cenderung daerah lapang seperti  sawah, tambak, pantai dll. Namun bila beroperasi malam hari, bus ini bisa berlari hingga kecepatan 120 km/j . Dan bila ada pengendara motor, becak atau sepeda yang tidak mau minggir, Bus ini akan mengklakson terus menerus dengan klakson kompresor! sampai mereka minggir… Waspadalah!!

3.Bus patas AKAP jarak sedang Bus-bus ini juga masih bersifat kedaerahan, untuk jalur cirebon-Jakarta/Bandung dihuni sahabat, bhineka dll, untuk jalur Cirebon-Semarang dihuni Coyo dan nusantara kw2, Jalur semarang – kudus dihuni Nusantara kw3, dan jalur semarang – Surabaya dihuni coyo, jaya utama, jawa indah dll. Pengendara bus-bus ini cenderung melaju pelan karena mesin-mesin bus-bus tersebut kebanyakan sudah tuwa 😀 

4.Bus AKAP “Jakartanan” jarak menengah Bus-bus ini biasanya start dari Pekalongan, Pemalang, Tegal, slawi, Brebes, Purwokerto dikuasai tiga merek bus : Dedi jaya, Dewi sri dan sinar jaya. start beroperasi didua waktu, yaitu Pagi antara jam 6 hingga jam 10 dan malam antara jam 7 hingga jam 9 malam. Bus-bus ini diawal-awal jalur keberangkatannya hingga wilayah perbatasan jateng-jabar cenderung pelan dan sedang karena masih mencari penumpang dipinggir jalan :mrgreen: (kecuali sinar jaya). Bis ini bila drag dg “penguasa” jalur Cirebon-Cikampek, selalu kalah.

5.Bus patas AKAP (antar kota antar propinsi) jarak jauh Bus-bus ini  disebut juga bus eksekutip, VIP dll. Memiliki fitur dan fasilitas lebih dari bus-bus jenis yang lain, seperti toilet, Smoking area, Video, karaoke dll. bermesin keluaran terbaru seperti Scania, mercedes benz,dll. Memiliki performa mesin yang joss dan perawatan yang prima 😀 . memiliki dua pengendara yg saling bergantian. contoh: Pahala kencana, lorena, nusantara KW1 dll. Bus jenis ini biasanya start dari wilayah jawa timur (surabaya, malang,dll) start jam 1-3 sore, ada yang via pantura tuban dan ada yang via jalur tengah solo. kecepatan bus ini cenderung sedang diawal-awal “race”. Oh..ya..Bus-bus ini rata-rata bermesin dibagian belakang, kita harus waspada.. kadang2 pas dikemacetan dari belakang kita ada bus ini, tapi nggak kedengeran mesinnya, tau-tau ada bunyi..cecesss.. peng! peng! :80: 

Setelah berhenti agen bis Semarang, sekitar jam 7-9 malam, Mereka melanjutkan perjalanan dengan kecepatan yang sebenarnya. Yups.. “bus race” dimulai dijam-jam 7-9 malam, start dari jalur lingkar kendal, brigth time diGringsing – Batang. kemudian “race”berlanjut hingga masuk kota pekalongan, lepas dari kota pekalongan race berlanjut hingga Cirebon (istirahat lagi), kemudian race dilanjutkan lagi hingga masuk tol cikampek. berdasarkan pengalaman saya “ngedrag” dengan bus-bus malam gila :mrgreen: , record top speed dipegang oleh Bus Pahala kencana yang berani berlari hingga kecepatan 125 km/j :80: didaerah subah-Batang Jawa tengah jam 10 malam. Bus-bus ini tidak segan-segan “memaksa” pengendara sepeda motor yang tidak mau minggir (Walau rombongan touring sekalipun!!). waspadalah!! seperti diartikel saya disini , riding via pantura dimalam hari (kusus dari timur keBarat) harus kencang! atau anda akan “disasak” oleh bus-bus yang sedang balapan dan bisa mati kucing!!

Warning!! Bila tidak dalam keadaan terpaksa, lebih baik riding via pantura dilakukan pada siang hari ! 😀

Semoga berguna 😀

Iklan

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Pos ini dipublikasikan di Bikers, pengalaman berkendara, safety riding, Tips sepeda motor dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

26 Balasan ke Riding via pantura? Kenali karakter pengendara Bus dijalur tersebut,Waspadalah!

  1. Jerry berkata:

    kalau mau aman wajib pake pertamax mas yud 😀

  2. wahyu inc berkata:

    pakde ku sopir lorena je

  3. satria merah berkata:

    bus malam emang nyeremin….. 😉

  4. irfan berkata:

    PERTAMAX DAH KAYA CABE

    hehehe,. baca kata2 yg diwarna merah jadi serem gan,.. hehehe

    • yudibatang berkata:

      hehe..info itu dari para sopir2 yang pernah saya ajak ngobrol bro, katanya kalo korbannya meninggal, tinggal ganti rugi, masuk penjara 2-3 hari urusan beres. Namun kalo korbannya hidup tapi cacat, urusannya panjaaaang.. 😀

  5. Maskur berkata:

    Tau melu Nusantara Eksekutif wengi2
    ana motor sing natangi
    dadine artikel iki : http://maskurmambangblog.wordpress.com/2010/06/26/d-e-t-t-f-a-a-n-b/

    • yudibatang berkata:

      Kayaknya gak ada Bus Nusantara Jurusan Cilacap – jakarta gan 😀 yang ada Jakarta-Kudus, Bandung – Kudus, Semarang – jogja, Semarang – purwokerto, dan semarang – Surabaya 😀
      kalo cilacap-jakarta adanya sinar jaya 😀

  6. joetrizilo berkata:

    Nah aku jadi bingung!!!! gelar Mas Yudi ini kayaknya bertambah satu lagi, Raja Top speed Jalanan sudah digenggam sekarang ane tambahin gelarnya lah yaitu Raja Terminal, kira-kira cocok gak ya????? bingung.com

    Ini saya kirim satu galon pertamax dari kaltim…..

    Wajarkah harga pertamax naik???

    http://joetrizilo.wordpress.com/2011/03/16/wajar-kah-harga-pertamax-naik-terus/

  7. blognyamitra berkata:

    Record top speed Pahala Kencana, kalo Sumber Kencono brp bro ??? setahuku sih Sumber Kencono paling gila di jalanan…

    • yudibatang berkata:

      Belum pernah tes speed head to head dengan sumber kencono bro, tapi kalo naik bis sumber kencononya sudah sering 😀

  8. asmarantaka berkata:

    cleguk…tiap hari kalo pulang sehabis maghrib kadang berjibaku ama busa2 edan…kalo pas siang jarang sih..tapi sering juga ada yg ngeblok lewat kanan jalan..wah motor kudu ngalah dan menepi dlu…emang mereka itu mantan2 pembalap F1 :mrgreen:

  9. penggemar ninja berkata:

    naik lorena ke pakan baru…mantab kuenceng bgt tuch bis..

    dijalur lintas sumatra antara linggau mpe gunung medan, jalan lurus bgt, itu bisa bisa lari 120 lebih,.

    kadang2 tuch bis, klo ada anjing tiduran dijalan, malah sengaja mau ditabrak…ktnya mengurangi2 penyebab kecelakaan..heheh

  10. kalimalang rider berkata:

    inget pas mudik kemaren, dipepet dedy jasa mpe nyrempet ojek2 yg lhg mangkal d losarang..

  11. Shark berkata:

    wahhhh ada bismania…. salam satu jiwa kang….

    • yudibatang berkata:

      Saya bukan Busmania kang, tapi motor mania :mrgreen: Tau banyak tentang bis karena dulu tahun 2004 -2008 sering traveling naik bis kekota-kota dipulau jawa karena tuntutan kerjaan 😀

  12. adul anak kendal berkata:

    wah sama persi yang aku alami ohmm sore sore mau mangrib pulng kul di pepet bis gara gara rebutan jalur kanan ngatau kayak nya bis ekonomi kayaknya sampe ngegas ngegas sama bisnya buset tho bis sama gila nya ma gwe terus kan gwe dahuluin pas didepanya gwe sekitar 10meter gwe hadap belakng menatap bis itu untung lagi sepi heheheh jangan ditiru ya ohm ohm para suhu vixion

  13. abang berkata:

    Bener banget bang Yudi.
    Pernah setelah alas roban, tiba2 dipepet sama bis Nusantara mesin belakang. Ga ada suaranya, tiba2 THOEEET !!!!

  14. 1001nickname_SiGantengKalem berkata:

    wkwkwkwkwkkkk….
    aku yo mantan sopir BIS malem Rosal*a In*ah,…
    rodo kepiye yo….
    habis nek malem iku paling enak nggo nge_trek…

  15. dubur panas berkata:

    pengalaman saya riding lewat PANTURA ada beberapa hal yg perlu diperhatikan:
    1. Jika mau nyelip bus/truk lebih baik kasih isyarat dengan lampu beam dibanding pake klakson. Pengalaman para supirna suka marah2 dan kadang suka gak dikasih jalan.

    2. riding tengah malam lebih sepi, tapi Pantura jalurna banyak bolong 2 😦

  16. artsetiadi berkata:

    Menurut mass destructive risk, usulin bikin aturan max speed: truk 60, busgede n minibus 80, sedan n suv 100, motor 150, huehehehe dalane simbah.

  17. gaplek mania berkata:

    saya sering liat kegilaan luragung dan lorena.lagi asyik menikmati tunggaldara executive tiba2 dari kanan lorena dan kiri luragung nyalip .edaaannnn .

  18. Skips berkata:

    Klo sama truk kontainer/Tronton mereka para sopir Bus berani nyasak ap tidak ya bro, dulu pernah pke Ninja150 lewat jalan arteri kaliwungu dpt speed 150an kpj (boncengan) hehehe dripada diklaksonin Bus dr blakang mending diasepin sekalian.

  19. Rollerman berkata:

    beegghhh

    bus malam meskipun ada celah cuman stgah badan bus,ttp aja nekat

    apalagi kalo ada bus sejenis.hmmmmm bs dpastikan ada ajang NEED FOR SPEED BUS UNLEASHED.wkwkwkwkwkw

    bener2 menguji adrenalin

  20. yg seru mah kemaren 23 jan, bawa mobil sendiri dari jkt – pemalang mao k solo. Percaya ga percaya SJ ampir crash sam LA, pdahal ane buntutin terus. Terus tiba2 dia aneh. Mao nyalip truck d jalur 2 pantura, tapi senya kanan tapi badab agak nyerong kiri. Untung banget prnah baca arti lampu sen d bis malam, bener aja abis nyalip truck dia goyang. Depanya LA brhenti ngambil sebagian jalur 1, motor Vario yg knalpotnya ngajak berantem tengah malam buta ga tau artinya. Msh nempel SJ aja. SJ masuk langsung bakekok sama LA, bagus ga accident n belakang jauh (sampe bokap wuish wuish aja, cz cuma berdua doank). Kalo ga udh game tuh, sampe ga k dengeran lg suara motornya abis dari situ. Padahal mah dari tadi kenceng ngang ngong2 (kaya ga pakein knalpot)

    # penyesalanya, knp kejadian seru kaya gitu saya yg lg nyetir. Kalo ga kan bisa d videoin, biar ada butinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s