7 Alasan kenapa saya enggan menggunakan knalpot racing untuk harian

Halo brother biker, berhubung banyaknya pertanyaan yang sering masuk kemeja redaksi yudibatang.wordpress.com :mrgreen: mengenai “kenapa saya tidak menggunakan knalpot free flow atau knalpot racing? ” berikut saya jabarkan kenapa saya enggan menggunakannya. ada 7 alasan seperti dibawah ini :

1. Malas “berurusan” dengan Polisi. Yups..seperti kita ketahui belum ada undang-undang yang mengatur seberapa besar tingkat kebisingan sebuah knalpot. Maka urusan knalpot racing ini bisa menjadi sebuah alasan “oknum” untuk menilang saya. karena motor saya dipakai untuk perjalanan jarak jauh dan sering menjumpai razia polisi, saya lebih memilih cari aman saja dengan tetep menggunakan knalpot sutandar:D

2. Bikin telinga budeg. subyektif sih.. tapi sudah saya buktikan, saya pernah ngetes riding menggunakan knalpot racing menempuh jarak kurang lebih 160 km (Batang – Jepara ), sesampai ditempat tujuan telinga jadi berdengung…ngueng..ngueeng.. πŸ˜€ jadi susah mendengar dalam beberapa saat.

3. Tidak berpengaruh significan pada performa motor. yups.. ini juga subyektif.. berdasarkan pengalaman menjajal knalpot racing dari yang abal-abal sampai yang berharga mahal, performa motor tidak terlalu mengalami peningkatan.. yang saya rasakan Akselerasi cepat dari putaran bawah-menengah ( pertama mlintir gas mesin serasa nglowor dulu), namun top speed tetep malah ada beberapa knalpot racing yang bisa bikin top speed menurun.

4.Suaranya yang keras sangat mengganggu khususnya balita dan orang yang lagi sakit. yups..ini saya rasakan sendiri ketika lagi sakit meriang.. baru saja mata mau terpejam tiba-tiba ada suara “ngueeenggg”.. yah..keluarlah sumpah serapah seperti mo*iar… Ba*ing*an .. dari mulut :mrgreen:

5.Membuat pemakain BBM jadi boros… yup..dari dulu saya selalu menggunakan BBM pertamax dan kebanyakan harga pertamax selalu naik, salah satu cara agar pemakaiannya hemat ya tetep pake knalpot sutandar πŸ˜€

6.Knalpot racing seperti ada aura negatipnya..yup..ini pendapat pribadi berdasarkan pengalaman juga. Bila seseorang menggunakan knalpot racing dijalan raya biasanya muncul perasaan ingin membleyer-bleyer grip gas motornya dan cenderung memunculkan sikap arogansi beserta intimidasi πŸ˜€

7.”tonjokan” angin knalpot mengganggu pengendara dibelakangnya.. bagi brother biker yang pernah berhenti dibelakang sepeda motor berkenalpot racing misalnya ditraffic light, pasti sudah tau betapa mengganggunya “tonjokan” angin knalpot racing yang mengarah kewajah kita. πŸ˜€

Demikianlah beberapa alasan saya, kenapa saya enggan menggunakan knalpot racing untuk harian. Semua kembali pada selera dan tujuan anda dalam berkendara.

Silahkan share pendapat anda πŸ˜€

Iklan

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Pos ini dipublikasikan di Bikers, pengalaman berkendara, safety riding, Tips sepeda motor dan tag , , . Tandai permalink.

105 Balasan ke 7 Alasan kenapa saya enggan menggunakan knalpot racing untuk harian

  1. Zanovia berkata:

    no 1, 5, 6, 7 stuju mas yud. uda pertamax selangit dibuang2. hahaha. klo nmr 6, 7 menjadikan kita biker santun di jalan. πŸ˜€

    • yudibatang berkata:

      siiipp.. bro πŸ˜€

      • PAK MANI DI PALU berkata:

        kami panjatkan syukur dan terima kasih kepada MBAH KARMOJO,saya hanya pedagang tomat di pasar yang penghasilannya tidak seberapa,tapi setelah kami dapat nomornya MBAH di internet kami coba-coba menghubunginya dan minta bantuannya melalui angka-angka goipnya yang di jamin tembus,angka yang MBAH berikan 4d [8739] ternyata benar-benar terbukti,sekali lagi terima kasih MBAH walaupan cuma 4d nya kami sangat bersyukur di bandingkan hasil dagangan sehari-hari yang pendapatannya tidak seberapa,bagi anda yang ingin angka goip hasil ritual yang di jamin tembus hbg MBAH KARMOJO di nmr; 0823_2825_4444,angka yang di keluarkan MBAH KARMOJO di jamin 100% kemenangan,terima kasih.

    • Robby berkata:

      aku pake nob1 koq gak berisik…………, ngebass kt orang2………..

  2. asmarantaka berkata:

    wah model iklane udut jarum super sek..wkwkkwkwkw :mrgreen:

  3. snalpot99 berkata:

    setuju semua mas..

  4. bagoes berkata:

    Sepakat :mrgreen:

  5. Cb73 berkata:

    Setuju mas ! sy juga begitu….motor AKAP soalnya….
    lebih enak menikmati jalan…pengalaman pribadi, khususnya No 6.., ga lagi deh pake knalpot begituan…( pengaruh usia juga sih kaya’nya )…

  6. ki demang berkata:

    iki nyindir nggonku jiahahhahahahaaaa!!!!!

  7. Tjile berkata:

    ngudute tambah kopi kentel mas mantep tenan mak Jos…..setuju lha wong pake yg standar aja masih bs ngacir kenceng kok…..

  8. Anjar008 berkata:

    betul..betul..betul..
    saya sependapat dengan anda bro. Saya selalu pakai kenalpot standar..ketika perjalanan touringpun, vixi saya tetep bisa ngimbangin tuh performa vixi lain yang pakai knalpot racing.. πŸ™‚
    Yang jelas, tetep irit bbm.. πŸ˜‰ dan pernah saya perjalanan dari Cileungsi (Kab. Bogor) ke Kebumen via pantura cuma habis pertamax sekitar 10 liter. (perjalanan sekitar 450 km,)

  9. Takumi berkata:

    se7 mzbro

    tp memberi contoh merokok itu tak baik lho

    hehe piss

  10. azizyhoree berkata:

    setuju!!!! *paijo wis sadar :mrgreen:

    tapi no 3 beda2 tiap jenis exhaust yg dipakai dan engine nya, *nggonku biyen iso mundak banter πŸ˜†

    no 5 hmmmmm pertamaxx???? ora ngaruh *tapi nyumpahi sik control harga pertamaxx e ae :mrgreen:

    http://azizyhoree.wordpress.com/2011/05/24/deket2-sama-supermoto-ktm-husqvarna-bikin-ane-klengers-pusing-gan-_/#comment-11089

  11. si oom as varioputiih berkata:

    ya itu oom, memprovokasi pengendara lain 😦

  12. KONG berkata:

    Like This. Kang Bro.

  13. BOS berkata:

    8.Tambah bikin dompet jebol karena harus di ikuti pembelian CDI racing,busi racing,spuyer karbu,jetting ulang

  14. warwer berkata:

    waduh..no 6…bener kui….

  15. Widya Perwira berkata:

    sing nomer 7 sering saya alami pas nang ndalan mas bro :nohope:

  16. idog berkata:

    ganggu org lain. itu yg pasti.

    apalagi motor Satria 2tak… (om Asmarantaka masih ada gak ya??..)

  17. Fukuga berkata:

    1. Malas β€œberurusan” dengan Polisi. [idem]

    2. Bikin telinga budeg. [idem]

    3. Tidak berpengaruh significan pada performa motor. [tergantung knalpotnya om, nah tapi kalo buat 2 tak yang namanya snalput mempengaruhi hampir60% dari power mesin ,cmiiw]

    4.Suaranya yang keras sangat mengganggu khususnya balita dan orang yang lagi sakit. [idem]

    5.Membuat pemakain BBM jadi boros [nah ini tergantung knalpotnya juga]

    6.Knalpot racing seperti ada aura negatipnya. [idem]

    7.”tonjokan” angin knalpot mengganggu pengendara dibelakangnya.[idem]

  18. penggemar ninja berkata:

    salam senalpot standart..:)

    PIss

  19. Ego-Vixion berkata:

    setuju mas,,
    aku juga sudah gak pake knalpot kaya gituan, karena berdasar pada pengalaman dulu bersama supra fit, seneng si seneng tapi gak merasa nyaman aja apalagi diberhentiin pak polisi paliing muach de,meskipun apa yg dipake polisi lambangnya sama dengan apa yang dipake aku untuk dines sehari hari dikantor.

  20. Ping balik: Tormax – siapa bilang India ga berani nantang Jepang « QQ has a new Home

  21. Karis berkata:

    Setuju om, knalpot standar aja dah oke koq. Btw, kayaknya harus evaluasi deh foto yang pake merokok, ga baik untuk edukasi remaja dan anak2 om. Maaf, cuma mengingatkan. Salam kenal ya
    http://karisnsz.wordpress.com/2011/05/22/kode-wilayah-pada-plat-nomor-1/

  22. guest berkata:

    like this mas bro πŸ™‚

  23. mercon berkata:

    nggak setuju,,,
    tapi sembilan,,

  24. koplax berkata:

    Betul bgt apalagi klo mesinya masih standar bikin malu2in aja, suaranya doank yg kuenceng…

  25. damhar berkata:

    aku malah udah ndatengin tetangga yg pake knalpot bobokan, anakku gak turu2 masbro πŸ‘Ώ

    omah nang njero gang 2 meteran koq pake knalpot bobokan

  26. Ganz berkata:

    haha.,. 7 alasan yg sama dgn saya.
    tp msi krasan dgn ahrs free flow ni.,.
    mzi lum kapok

    ganzimaru.blogspot.com

  27. earphane berkata:

    Kalo ninja 150 ganti knalpot racing malah tambah nyaring dan merdu suaranya, dari trontong tong tong, jadi ting ting tringting ting :mrgreen: . Tetanggaku dulu punya RX king, mesin dan knalpot masih standar tapi tetep aja mekak di telinga.

  28. Joko berkata:

    Kalau mau motornya kenceng, beli saja motor baru yg lebih kenceng.

  29. Maskur berkata:

    alasan yang nguwongke wong liya lan awake dhewe banget.
    top.

  30. Virus berkata:

    wuiiiiihhh fotone guayaaaaa tenan…xixixixi keren foto ny om yud…
    btw soal knalpot ane setuja, maka ny vixor ane knalput sutandar onleee…cukup lah penyalur kentut power + torsi ny…xixixixi

  31. Honda C86 berkata:

    mantab mantab mantab……………….

  32. blade_us berkata:

    SETUJUUU…..

    kalo mo nambah tenaga, ya modif leher/pipa knalpot (bisa diperbesar diameternya / dipendekin) tapi silincer std

    knalpot lebih loss….

    *terbukti nang bladeus ku :mrgreen:

    **kecuali ninin, aku seneng suarane πŸ˜›

  33. nobody berkata:

    [HANYA KOMENTAR CURHAT DARI SEORANG PENGEMBARA]
    Alhamdulillah…
    Pasukan iblis sukses menyesatkan masyarakat, Gembong FreeMason Yahudi dan anteknya berhasil menjajah lahir bathin negeri ini, krisis Inflasi harga kebutuhan pokok meningkat, Penyakit hubungan kelamin merajalela, Korupsi jamaah pejabat menanjak, Jual beli jabatan pemilu berlanjut, Pengurasan sumber daya alam berjalan, Kebodohan berbasis kemiskinan bertambah, dan masih banyak lagi yang semua itu berujung pada pemurtadan rakyat banyak.
    Alhamdulillah…
    Sekarang kita dapat melihat dengan jelas kebobrokan sistem sekular jahiliyah yang selama ini telah kita terapkan dan kita tuhankan, karena kita telah membuang jauh-jauh sistem Islam kaffah ciptaan “Sang Maha Pencipta Sistem” dari kehidupan kita.
    Alhamdulillah…
    Sekarang kita dapat membuktikan kebenaran sabda Nabi Muhammad berikut ini:
    Dari Abdullah bin Umar dia berkata,
    β€œRasulullah SAW menghadapkan wajah ke kami dan bersabda:
    β€œWahai golongan Muhajirin, lima perkara apabila kalian mendapat cobaan dengannya, dan aku berlindung kepada Allah semoga kalian tidak mengalaminya;
    1. Tidaklah kekejian menyebar di suatu kaum, kemudian mereka melakukannya dengan terang-terangan kecuali akan tersebar di tengah mereka penyakit Tha’un dan penyakit-penyakit yang belum pernah terjadi terhadap para pendahulu mereka.
    2. Tidaklah mereka mengurangi timbangan dan takaran kecuali mereka akan disiksa dengan kemarau berkepanjangan dan penguasa yang zhalim.
    3. Tidaklah mereka enggan membayar zakat harta-harta mereka kecuali langit akan berhenti meneteskan air untuk mereka, kalau bukan karena hewan-hewan ternak niscaya mereka tidak akan diberi hujan.
    4. Tidaklah mereka melanggar janji Allah dan Rasul-Nya kecuali Allah akan kuasakan atas mereka musuh dari luar mereka dan menguasainya.
    5. Dan tidaklah pemimpin-pemimpin mereka enggan menjalankan hukum-hukum Allah dan tidak menganggap lebih baik apa yang diturunkan Allah, kecuali Allah akan menjadikan saling memerangi di antara mereka.””
    (HR Ibnu Majah nomor 4009, lafal baginya, dan riwayat Al-Bazar dan Al-Baihaqi, shahih lighoirihi menurut Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wat-Tarhib hadits nomor 1761).
    Sekarang manakah diantaranya yang belum terjadi? Masih belum cukup?
    Alhamdulillah…
    Selama generasi kita tidak memurikan tauhid dan tidak menerapkan sistem Islam kaffah (dalam khilafah), maka insyaAllah generasi penerus kita juga dapat langsung membuktikannya juga.
    Alhamdulillah…
    ________________
    “Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? Dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui.” (Q.S. 4:147)
    “Allah-lah yang menjadikan malam untuk kamu supaya kamu beristirahat padanya dan menjadikan siang terang benderang. Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyai karunia yang dilimpahkan atas manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.” (Q.S. 40:61)

  34. BtaWee berkata:

    ajib, knalpot racing tak ada gunanya, kalau sembalap jangan knalpot doang modalnya

  35. Madsira Boy berkata:

    Pake kenalpot recing sering dibilang tukang jual ikan….
    Xixixixi….

  36. gogo berkata:

    yeah, alasan yang bagus bgt.. nmnya kenalpot racing ya buat racing bkn harian..

  37. perry berkata:

    Setuju banget dengan semua point diatas mas, klo knalpot racing yg bikin suara knalpot jadi empuk&ngebass sih enak di dengar dan bentuk yang menambah tongkorongan motor makin keren sih buat ane setuju.
    Lagian klo alasan ganti knalpot racing naikin performance motor sih buat apa, di jakarta di mana bisa kebut2 an lebih dari 2 menit, ada juga gas rem sepanjangan muaccet, pake knalpot racing cuma bikin orang di belakang kita nyumpah2, 1000 orang aja yang nyumpahin bisa kualat beneran.

  38. ubikukus berkata:

    wahh..mao tanya nih mzbro,kalo tunggangan kita masih standard,trus kita plug in knalpot free flow,apakah akan berpengaruh ke depan??seperti keawetan mesin berkurang??
    terus stlh kunyah2 artikel di atas baru teringat,mmg knalpot yg merk apa direkomendasi mzbro yudi(yg tidak mempengaruhi/mengurangi topspeed kita)???
    apakah knalpot mahal spt r9 migelo uda menjamin tidak menurun kan topspeed tunggangan kita yak??
    mohon di terawangkan jwbn ku ini…thx mzbro πŸ˜€

  39. kredo berkata:

    Kok motoGP gak pake sendalpot sutandar ya??
    bahkan suaranya jg kenceng…tp menghibur je….

    Andai vixion sejak awal dibekali 22 HP tentu gak perlu lg sendalpot priplo..

  40. satria biru berkata:

    analisanya jitu mas terutama no.4 wah tetanggaku malah pada mau brantem gara2 panasin motornya yg pake knalpot racing semntara tetangga sebelah anaknya sakit wesss… dadi perkoro, untung ada pak RT hehe…

  41. zackjunior berkata:

    setuju Om Yudi .

    soalnya ketika makan di warung kampung yang kebetulan pembelinya banyak .
    eh tau-tau ada motor dengan kenalpot racing dan mengganggu pada intinya .
    ada yang mendoakan biar jatuh tu orang , ada yang bilang gak sadar diri , gak kasihan ma anak kecil .
    wah pokoknya semua pada ngerundel dan mendoakan yang jelek .
    apa karena semua tersinggung makanya mereka bilang seperti itu .
    itu hanya di pengunjung warung saja .
    nah terus saya berfikir ” Waduh , kalau sewarung aja pada tersinggung dan mendoakan yang jelek . gak menutup kemungkinan sepanjang jalan yang saya lewati jika saya menggunakan knalpot racing akan terjadi hal yang sama . wah repot juga tuh .”

    pa lagi dalam agama saya di anjurkan untuk tidak menyakiti sesama atau menjaga perasaan oarang lain . .

    yach …

    demikian share nya Mas Bro Semua .
    jika tidak berkenan saya minta maaf .

    keep brotherhood .

  42. r.v95 berkata:

    Semua point di atas betul semua,jd nilainya 100 :p,pengalaman pribadiku pk kunalput racing mesin ,klep scorpio ku jebol alias ngebul kang,pas lewat di depan org2 pada nongkrong di gang malah keluar kata2 ‘monkey’ tdnya mau marah tapi aq sadar diri emg kunalpot gw yg bersisik banget yak..,klu para biker mau pd pake kunalpot racing silahkan2 saja,tapi tergantung dri Nilai2 kesadaran diri,apakah mengganggu yg lain atau tidak?? Monggo di survey…,enak juga pk knalpot standar bawaan pabrik tarikan up malah lebih kuenceng,sekian coretan aq,wasallam…hehe..,by blekuk Krw.

  43. aru_kun berkata:

    Saya menggunakan knalpot ‘racing’ di sepeda motor bebek saya; tipe yang menurut saya enggak terlalu berisik, cenderung nge-bass. Tujuannya agar pengguna kendaraan di depan saya (terutama sepeda motor) tahu ada kendaraan lain di dekat/belakangnya. Kaca spion mereka kebanyakan hanya syarat, sedangkan fungsinya nol. Saya seringkali terganggu dengan manuver mereka yang tidak memperhitungkan kendaraan lain.
    Karena sadar rada berisik, riding style saya malah jadi kalem gak sruntulan. Terutama kalo masuk komplek perumahan, jadi mlaku timik-timik πŸ™‚
    Trayek harian dalam kota Surabaya-Sidoarjo jarak 10-20 km.

  44. vixicoblak berkata:

    mas yudibatang , mndingan knalpot racingnya buat ane aja πŸ˜€
    hehehe piiss πŸ˜€

  45. A. Malas β€œberurusan” dengan Polisi. Yg satu ini memang karena blm ada kepastian u/tingkat kebisingan mas, jd blm jelas.. kadang mau pakai knalput racing d tmpat” yg rawan banyak pulisi ngetemnya jg rada kuatir jd alesan pulisi buat nilang kita… Meski alhamdulillah jg sampe skrng ane kaga pernah kena tilang karena masalah knalput πŸ˜›

    B. Bikin telinga budeg. Untuk beberapa knalpot (yg di klaim free flow/racing) bertipe suara tribe alias cempreng prepepet di jalan emang ngeganggu banget mas bisingnya ga kira”. Tapi ada beberapa knalpuut racing yg suaranya bertipe bass/Ngebass yg “kalau menurut sy sih ga cempreng & terdengar lebih enak dibanding yg bersuara cempreng…

    C. Tidak berpengaruh significan pada performa motor. Bener mas cuman nambah dikit tarikan awal mesin, tapi u/ top speed sih sama saja + harus atur” lagi karbu lg biar ga malah nembak” knalputnya.

    D.Suaranya yang keras sangat mengganggu khususnya balita dan orang yang lagi sakit. Kalau yg satu ini tergantung masing” orangnya mas. mau pakai knalpuut racing or knalpuut standar tapi kalau lewat gang sempit/banyak pemukiman warga di geber kenceng” ya tetep memekakan telinga. kalau u/ saya sendiri mau pakai knalput standar atau racing lewat pemukiman padet gas ya di sesuaikan ga d geber kenceng”.

    5.Membuat pemakain BBM jadi boros… Wah kalau saya jarang pakai pertamax mas, paling premi saja. mau knalpuut racing or standar wis sama” maning mas segitu” wae bensin yg kesedot. tergantung jarak + sering engganya qta geber gas sih kalau itu mah.

    E.Knalpot racing seperti ada aura negatipnya.. image orang yg pakai knalpot racing pasti bakal menghasilkan suara yg berisik & mengganggu.. padahal u/ type suara knalput racing mengganggu tidaknya itu bukan karena terpasang tidaknya tu knalput di motor qta, tapi bagaimana suara yg dikkeluarkan & dirasakan mengganggu atau tidaknya sama yg denger….

    F.”tonjokan” angin knalpot mengganggu pengendara dibelakangnya.. kalau untuk yg satu ini saya kurang setuju mas. selain suara, masalah angin dari knalpot semua sama saja rada ngeganggu kalau pas muka kita yg kena semprot angin dari knalput.

    Kesimpulan

    Kalau menurut saya mengganggu tidaknya knalput racing, semua tergantung para pengguna knalput racing itu sendiri. Kalau dari segi suara memang type knalput racing mengeluarkan suara yg lebih besar. Saya sendiri menggunakan kanlpot racing bertype suara ngebass awalnya bukan karena u/ meningkatkan performa atau pengen suara motor lebih ngejreng. Melainkan hanya karena pengen wujud knalpot jadi lebih enak dipandang & ga bosen kayak wujud knalpot standar yg wujudnya begitu” saja…
    Saran saya sih:
    1. kalaupun tetep mau gunakan knalput racing gunakan yg bertipe suara ngebass (sekalipun suara lebih kenceng tapi masih terdengar merdu dibanding yg bertype suara cempreng/tribe prepetpet ngegadug telinga kentara banget).
    2. Pengguna knalput racing harus banyak” tau diri. SUdah tau suara knalput racing diatas standar/rada kenceng suaranya, ya jangan di geber kenceng” apalagi kalau lewat pemukiman penduduk. Memang cape ngatur gas pelan” tapi ya itu konsekuensi kalau masih tetep pengen pake knalput racing. matikan mesin kalau memungkiinkan roda motor masih bisa di ajak gelinding digoes pake kaki biar ga berisik.
    3. Untuk type knalput racing (beberapa type produk) di klaim menghasilkan suara yg tidak berisik tapi tampilan knalpuut racing yg terasa lebih keren dibanding tampilan knalput standar.. Tapi u/ type knalpuut ini blm pernah saya coba (blm ada duit bwt belinya soale). Kalau memang pengen punya tampilan knalput racing dengan suara yg tidak berisik, type knalpot racing yg seperti itu boleh jg jd pilihan. (nama produk ga disebutkan nanti dikira promosi lagi :P)

    hanya sekedar berbagi saja, mudah” an manfaat πŸ™‚

  46. ihsan berkata:

    wah pengalaman no.6 nk ndalan d tantang gelut n keplak ndas q, untung ae jek nganggo helm..

  47. nhabill06 berkata:

    wkwkwkwk pengalaman saya pake knalpot racing tuh kalo masuk gang ribet.. harus di matiin motornya..
    dulu pernah ke rumah temen lewat gang, eh si bebek gk di matiin malah di amuk warga huhu
    untung warganya pada baik dikit.. jadi saya gk di apa2in.. cuman di marahin m motor harus di matiin.. akhirnya “Tarik massss” huhu

  48. Dimas berkata:

    pakai knalpot racing tidak akan menambah tenaga yg signifikan,apabila tidak di ikuti oleh penggantian part2 lain di sepeda motor itu sendiri,contoh motorku sendiri mas bro: sehari2 aku pakai satria f th 2011 cdi sudah unlimiter,karbu sudah pe 28+filter koso,busi sudah iridium….,setelan angin sudah sangat bagus alias setelan anginnya karbu sdh pas,tarikan dr gigi 1 sampai gigi 6 akselerasi oke banget alias kenceng….,tapi…ini ada taapi nya mas bro……,padahal cdi satria ku sudah unlimiter aku pakai BRT yg dualband,type tr/tuneup racing mesin motor standart total pabrik,ketika motor posisi berhenti aku plintir itu gas naik cepat di ataas 13.000 rpm itu ketika motor berhenti,kemudian setelah motor di bawa jalan alias di pakai ngebut,rpm motorku mau melewati 12.000 rpm gitu susah sekali seperti nahan/berat gitu mau sampai ke 13.000 rpm lebih,lalu aku di saranin sama mekanik di kebon jeruk…..,knalpot harus di ganti free flow biar tenaga nya ngggak kerasa nahan di 12.000 rpm krn cdi kamu sudah unlimiter,maka lalu aku beli knalpot R9 mogello……..,kemudian stlah knalpot racing nya terpasang,aku test motorku….masuk gigi 1 gas kubejek habis….seperti hitungan hy detik saja motorku,sudah bs dan mampu dg mudahnya berteriak di atas 13.000 rpm….gigi 123456 semuanya ndak nahan lg tenaganya di rpm 12.000 krn cdi non limit,jadi inti nya…,kalau kita ganti knalpot racing dan tidak di ikuti oleh penggantian part2 lain nya,hy akan sia2 belaka…,krn bukan tenaga yg keluar dr motor itu,melainkan hanya suara nya aja yg nyaring/alias hy malu2in……,kalau masalah knalpot racing mengganggu tidaknya….,semua itu tergantung si rider itu sendiri bagaimana dlm mengatur stiap putaran grip gas nya,supaya tidak berisik,,,,,,maaf mas bro,,,,,bukan nya sok tahu….,aku hanya berbagi pengalaman

  49. mr.ius berkata:

    se7

  50. lunaticfureekles berkata:

    kalau saya ,saya pakai knalpot nob1 ,nob1 suaranya cenderung ngebas ,malah jadi sangar n banyak cewek yang minta naik motor ane

  51. daryana berkata:

    setuju point 1 – 7…cumana ududnya yang rodhok ra setuju….hehe pisss mas.

  52. knalpot racing logikanya memang untuk race only , tp untuk harian ada yg berisik banget ….. ada yg gak terlalu berisik , apapun suaranya pastilah lbh keras dari knalpot standard pabrik …… memang bkm ada alat ukur decibel yg baku di negara kita ……yg hrs diperhatikan rider hrs tau kapan saatnya tarik gas ….kalau melewati jalan yg padat banyak rumah dan orang ya hrs pelan agar tdk mengganggu istirahat orang lain atau ada yg sedang sakit . kalau di pantura tengah malam ya silahkan di gazs asal berani .

  53. Hutabarat Gipson berkata:

    utk alasan 1, 2, 4, 5, 6 aku setuju mas bro. khusus no.1, kl utk motor sport koq udh pake racing knalpot dr pabrikannya???
    emg udh ada izin x ya???

  54. defri berkata:

    balapan motor jg ga ush diadakan sekalian aj donk..???

  55. hendra234 berkata:

    betut…tul … mas, sy rmh pinggir jalan raya, hampir tiap malam kebangunin bising knalpot berisik…

  56. raja berkata:

    Iyalah…wong namanya jg Racing kan kalo ga salah artinya balap kan?.. ya cocok nys di sirkuit….ane naik ninja 2kepruk aja pake knalpot standar..itu jg dh lumayan kuenceng n berisik jg hehhehe….

  57. dimdim berkata:

    Kalo pengin aplikasikan knalpot racing di motor tp ga berisik n irit BBM caranya gampang.. !!

    ga usah nyalain mesin,dorong ajja!!
    kalo ketemu jalan turun dinaiki,dijamin suara motor halus!

  58. adadech berkata:

    Poin nomor 3. Tidak berpengaruh significan pada performa motor? Waduhh.. Lumayan kerasa bos beda nya, tarikan lebih enteng(tergantung knalpotnya) dari rpm rendah ke tinggi naiknya lebih cepet
    Jadi gak berpengaruh dari mana?
    *pengalaman pribadi cbr ane bos
    Tapi poin 1, 4, 5, 6, 7.. Ane setuju

  59. Farrel berkata:

    Setuju Mas Yudi.

  60. Ping balik: Jiah!!..artikel lawas ane masih ada aja yg copas tapi nggak disertakan sumbernya.. | yudibatang personal blog

  61. cucunesimbah berkata:

    kalo ane knalpot dibobok aja sengaja
    kadang kendaraan lain roda empat (mobil/truk) ato roda dua (motor) gak nyadar kalo disebelahnya/dibelakangnya ada kendaraan lain, yang kadang suka maen pindah jalur / potong jalur gak pake isyarat / lampu sein, diklakson kadang masih gak ngeh ato gak denger
    itu aja sih
    pendapat pribadi

  62. pengen nambah komen berkata:

    Knalpot racing (rising) cocoknya buat mesin rising. Kalo mesinnya masih std keberatan knalpot dong. Korek dulu mesinnya baru pake knalpot rising, ntar baru keliatan performanya ga ke cekek kaya knalpot std. Makanya motor balap pakenya knalpot rising semua.

  63. πŸ˜€ stuju bgt bro !! logisssss

  64. ,,,,# berkata:

    setuju bro ane pke knalpot racing bkin dek2an tkut di sumpahin ma orng2 coz suara’a bkin kuping budek & mless jga lw berurusan dg pak polisi. pngen di gnti lgi aj ke standar. enkan yg standar jga.

  65. muhamad41sukri berkata:

    wah, gan ia juga tuh. . .
    Emang bner kalo make knalpot racing Bayak Laknat nya.
    Tpi heran knpa ane suka ya gan. . . Wah, harus di kontrol ulang ne. . . Thanks ya gan.

  66. adibaseng berkata:

    Knalpot racing diciptakan buat balap, tapi bukan balapan dijalan umum.
    penggantian knalpot pkai racing jika mesin masih standar sama saja tdk meningkatkan power motor ini klu org paham tenaga motor.
    untk meningkatkan akselerasi motor standar cukuplah dng pengganti gir belakang yg lebih besar atau kasih 9power ini lebih ok aman dan murah dibanding knalpot racing tp mesin msh standar.

  67. adibaseng berkata:

    Saya pernah pkai knalpot racing mulai dr motor standar sampai mesin extrim(modif) lama2 bosen sendiri tetap gak bs ngalahin ninja. akhirnya buat rider biasa(bukan pembalap)tetap enak motor standar. bnyk nyeselnya oprek2 motor bnyk keluar duit akhirnya jd kacau nurutin motor modif ini-itu. motor jd kasar gak nyaman enak yg standar mesin adem buat jalan.

  68. Dhani_BKTC berkata:

    walaaahh nyindir nggonku iki ..
    wkwkwwkwkk ..
    kalau no.6 wes kapok di keplaki karo uwong πŸ˜€
    nah untuk no.7 wis tak siasati ben ora “NONJOK” muka orang ..

    jadi aman terkendali ..
    hihihihii ..

  69. Frenky berkata:

    Awal nya mau ubah ke Knalpot Racing Vixion R9, tapi habis baca pendapat si agan jadi batal deh terutama poin 1 nya. Thanks untuk info nya gan! sangat informatif πŸ˜€

  70. jessie berkata:

    Untuk No 7, pakailah knalpot Nob1 series itu ngak nonjok muka orang blkg πŸ˜€
    atau kalo mau mahalan dikit pakailah leovince cobra, ini jg ngak nonjok muka orang.
    no liyane tah mbuh wes πŸ˜€

  71. cnfh paroh berkata:

    lbih baik pkai knalpon stndar aja.

  72. thomas berkata:

    Makanya kalo mau ganti knalpot recing kudu mesti tau diri ini kan jalanan umum bukan sirkuit sentul? terus juga mesti kudu sadar diri knalpot racing tapi mesin 150 cc doang mentok2 220 cc pake knalpot racing sadar diri pliss motor polisi yang yamaha 1000 cc aja knalpotnya standart, spek free flow tapi kubrikasi pembakarannya kyk botol susu anak gue loasnya… plz deh cuma mengganggu khayalak umum aja… setuju banget sama poin2 sang blogger

  73. mirza ghiffary berkata:

    KRITIK POSTINGAN DI ATAS
    1, MALAS BERURUSAN DENGAN POLISI = MENDING GAK USAH BELI MOTOR
    2, BIKIN TELINGA BUDEK= EMANG KARNA GA PUNYA HELM, MAKANYA BUDEK
    5, MEMBUAT BBM MENJADI BOROS= ITU SIH DARI PINTAR PINTARNYA LO NYETEL CARBURATOR, KALAU STELAN ANGINNYA GA STABIL

  74. sucahyoaji berkata:

    Mau coba modifikasi jauh lebih murah dari harga knalpot tapi bisa nambah tenaga jauh lebih banyak dari knalpot mas?

    Silahkan coba cic, sementara ini masih taraf pengembangan. Silahkan ditiru dan diterapkan, gratis, tapi bahan beli sendiri ya.
    https://www.facebook.com/notes/cemenite/cic/606059166173631

    Cara pembuatan dan pemasangan harus benar. Kalau nggak benar maka efeknya sebaliknya, mengurangi tenaga.

    Berhasil atau gagal, mohon share.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s