Ujian praktek pembuatan SIM C, haruskah seribet itu?

Well…sehabis jam makan siang, seorang rekan kerja datang dengan wajah kecewa…ternyata dia habis dari polres  untuk melaksanakan ujian praktek lapangan ulangan untuk mendapatkan SIM C disalah satu polres diCirebon. Dia curhat kesaya… Gile bener ujian praktek lapangannya, rutenya lebih gila dari OJEK race, tanpa ada latihan tapi langsung praktek (Gile… wong moto gp aja ada free practice sampai 3 kali, qtt, warm up lap..baru race beneran 😀 )

Sebelum melakukan ujian praktek lapangan, para peserta hanya dikasih pengarahan dan nglihatin instruktur memprakekkan berkendara melewati halang rintang.. (ya..jelas instruktur pasti bisa!! wong dia udah melakukannya berkali-kali.. )

dari sekitar sepuluh peserta ujian praktek lapangan, tidak ada satupun yang lolos! perlu diketahui, rekan saya bukan biker pemula yang baru bisa naik sepeda motor, namun sudah berpengalaman naik sepeda motor, rekan saya bikin SIM C baru karena Sim yang lama sudah kadaluwarsa, malaanh dia seorang bebeker pengguna Honda CS1 yang sudah sangat ahli dalam hal “sruntul-menyruntul” dikemacetan lalu lintas 😀 namun tetep saja nggak lolos…Bahkan biker sekaliber rider tuwapun belum tentu bisa lolos :mrgreen:  kriteria agar bisa lolos ujian adalah harus berhasil mengendarai sepeda motor melewati halang rintang tanpa melakukan kesalahan. Bila melakukan kesalahan 2 kali (misal kaki turun keaspal atau menabrak pembatas) dinyatakan gagal. Bagaimana menurut brother biker yang budiman 😀 Apakah sistem ujian praktek pembuatan SIM C harus seribet itu? Apakah kalo seorang biker melewati kemacetan, terus kakinya turun dinyatakan belum bisa naik motor? silakan share pendapat anda 😀

Iklan

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , . Tandai permalink.

52 Balasan ke Ujian praktek pembuatan SIM C, haruskah seribet itu?

  1. tuwek berkata:

    Assololey icik icik ehm..

  2. srigala berkata:

    wani piro.. 🙂

  3. B M W ©2011 berkata:

    tembak,beres.

    tinggal ‘WANI PIRO’nya saja

  4. lekdjie berkata:

    Wallohu ‘alam..

  5. agunk_ae berkata:

    aku lolos ujian sim c.. bukan nembak..
    pas ujian praktek.. buat setelan karburator yg paling atas atw irit supaya waktu kita buka gas mongtor ga lgsg lari.. tpi ngeden ( intine gawe mongtor paling slow/ koyo le numpak wong tuwo.. gas karo rem penyet kabeh ) …
    aku udh nyoba berhasil..
    kl yg setelane galak yo jamin nyungsep..

  6. boreup berkata:

    gambare ora nyambung..mosokkk

  7. ridertua berkata:

    wahyudikamplengi…wkwkwkwkwk

  8. ricthofen berkata:

    penyebab banyaknya sim tembak di indonesia

  9. kangmase berkata:

    saya ujian praktek sekali langsung lolos, tapi pas ujian tertulisnya (sebelum praktek) gagal mulu…….

  10. Sendal bolong berkata:

    Hemmm… Kalo saya ujian tulis langsung lolos, pas ujian praktek, para peserta minta ke panitia agar tes dengan kendaraan masing2x… Dan berhasil…. 🙂

  11. Maskur berkata:

    Cari duit ituuuu

  12. myf berkata:

    polisi sekarang semakin koplak, apalagi yang bagian ngurusin lalu-lintas….
    pasti ni, ujung-ujungnya duit

  13. dodon berkata:

    harusnya pulisinya suruh nyontohin dulu bisa apa nggak.. :mrgreen:

  14. ardiantoyugo berkata:

    aku dulu juga gak lulus kok… tapi yang ujian tertulisnya… wkwkwk….

  15. vixigraphyn berkata:

    pasti di polres sumber yah om??

  16. vanz21fashion berkata:

    Ya ampun, gila bener.. Tu tes bikin sim ato lomba slalom?

  17. nunoe berkata:

    udah rutenya sempit, belibet pula -_-‘

  18. Wimbo Mahadi berkata:

    MNURUT GW ITU BAGUS!!! kondisi di jalan sekarang banyak alay yg sebenarnya belum bisa naik motor dg benar, udah pny SIM! dr umur aj pada nembak!! itu yg bikin semrawut jakarta penuh motor. krn emng pembuatan sim yg mudah.. kl diperketat, otomatis bs mengurangi kendaraan bermotor jg. n yg jalan jg bnr2 orng yg BISA naik motor.. BISA = tau aturan, taat aturan lalin, safety riding, etc etc..

    • John S berkata:

      Setuju. Semua tes itu dirancang bwt mewakili kondisi jalan raya. Lebih baik gagal di ujian daripada gagal di jalan raya. Nyawa taruhannya… Positif thinking aja..

  19. Rollerman berkata:

    harusnya sihh bukan melewati halang rintang,tapi riding keliling kota sambil berboncengan,biar polisinya ngerti apakah sang rider ngerti haluan,peraturan lalu lintas,ato kah safety riding (etika berkendara)

    tohh halang rintang kyak d atas malah d jalan2 kyaknya gak ada,kalo terhalang yaa berhenti dulu,kok malah dpaksa melewati.KOPLAXX

    • Kebon jahe berkata:

      setuju, bos!

      itu tes bikin sim C kan filosofinya untuk orang yang baru bisa bawa motor. lha kok tesnya kayak ujian mau masuk sirkus! bab*k! sekalian aja disuruh bawa motor pake satu ban. yang satunya lagi diangkat. ngepet!

  20. ipanase berkata:

    emang susah bank, ane dulu pake motor ane sendiri biar bisA

  21. memet berkata:

    saya dlu pas buat SIM C cma 1 x kesalahan,tapi dinyatakan gagal test lapangan

  22. ting_tong berkata:

    sebenarnya indikator yang mas yudibatang katakan diatas bukan indikator orang yang bisa “naik motor”, menurut saya kesulitan naik motor tu bukan di sruntulan, lari 150 km/jam, atau endurance. sruntulan?tinggal goyang setang kanankiri, speeding?gas pol aja, endurance?tinggal isi bensin full, berkendara dengan baik dan benar?pertama kita harus tau kondisi motor, jalanan, situasi, punya mindset yang clear, dan berkendara dengan rasa tanggung jawab yang besar dan sadar, dan kesemua hal diatas harus dilakukan dengan simultan, reflek. TOTAL CONTROL, itu aja kuncinya.

  23. paijo berkata:

    Yang paling penting itu bukan bisa tidak nya naik motor, tapi etika naik motor dijalannya…
    Ujian macam itu ya jelas tujuannya supaya pada nembak aja, UUD

  24. penggemar ninja berkata:

    pengalaman bikin sim, :
    1. sifat idealis : dah 2 kali bolak balik, ngak lulus…aduhhh…test tertulis, pertama gagal, ane bingung, wong soalnya gampang2..yg ke dua prakteknya…susah..bener…ktnya balik lagi aja minggu depan..
    2. pas balik minggu depan..langsung bikin sim tembak aja…2 jam selesai..

    koplaakkkkk

  25. gogo berkata:

    begitulah, dan valen rossi pun mungkin blm tentu lolos ujian kek gini… emang pling gak diberi pemanasan dlu.. dan beradaptasi dg motor yg dipake, kali aj kagok nyoba motor lain.. kedua memang sengja dipersulit, biar byar banyak..

  26. Pake duit az biar gk di persulit,,,,,

  27. the.ant berkata:

    waduh ane mau bikin sim jd minder gini
    sim lama ane luar pulau soalny, jd niat bikin baru di Sidoarjo

  28. Mr. Dendy berkata:

    yang dinilai itu harusnya :
    1. Profil Psikologis si Pemohon.
    2. Pemahaman terhadap rambu lalin
    3. Bisa mengendarai sepeda motor sewajarnya ( jadi bukan di-test seperti pemain akrobat).
    kalo sekarang ini kebijakan dari Polisi Guoblok!!!!!!

  29. joko berkata:

    polisi tdk ada yg pinther… do pekok-pekok

  30. Fidz berkata:

    Aku tinggal di purbalingga…
    Saya baruakhir taun lalu bikin sim c…
    Dalam tes avis/teori lulus.. Tes praktek di lapangan dengan rintangga bambu..ak dah jago aliase dah lulus…. Eh nyatanya ada lgi tes di jalan memutari kota… Tak tau knapa kata bpak yg ngetes aku salah terus dan sudah ngulang 4x tiap minggu…. Ap nggak geregetan tuch….
    Dan kemanu aku harus mengadu….
    Padahal dalam ujan utama ja dah pda lulus… Yang di jalan ko ktanya gagal trus…
    Itulah kisah saya sampai sekarang yg harus ngulang tiap seminggu.

  31. Witjovi berkata:

    @Rollerman… HaHaHa.. koment nya bener bgt..

  32. memang sistem nya perlu diperbaiki. nggak efektif —

  33. Kebon jahe berkata:

    terang aja si pulisi pas nyontoin bisa. lha emang kerjaan dia sehari2. pasti udah latian berkali-kali. ibaratnya sama aja kayak gua bisa kali-kalian 7 sama kali-kalian 8. si polisi itu apa bisa kali-kalian? heh!

    dan coba aja kalo yg dites pake motor dengan sasis panjang kayak motor2 cowok (mega pro, vixion, thunder, harley, dll). GUA JAMIN KALO GAK SAMBIL DIBANTU TUKANG PARKIR NGANGKAT PANTAT TU MOTOR PAS LAGI MENGKOL PASTI GAK BAKAL BISA MENGKOL!

  34. hans berkata:

    Wah enak gan kalo turun kaki 2 kali gagal. ane cuma turun kaki satu kali gara2 g bisa lewatin rintang U, dengan jarak lebar lintasan 2 meter dinyatakan gagal…

  35. galang berkata:

    mlah t4 saya 2minggu kmudian nglang ya. susah tes ya udah 3x gk lulus hampir sebulan masa ujian praktek kaki turun skli gagal langsung. koplak rutnya gila susah. skli nyenggol langsung ngulang minggu depan.

  36. qq berkata:

    ada yg tau jarak sebenarnya tiang2 pas jigjag gx?? soalnya curiga dipendekin

    • John S berkata:

      setahu saya bervariasi tiap2 tempat. ada yg 3 mtr, 2 mtr, 1.5 mtr ada jg yg 1 mtr. berlatihlah untuk semuanya.. semakin kecil jarak yg bisa dilalui, makin baik… jangan menyerah! pasti bisa..!

  37. fikri berkata:

    Ini opini saya aja nih klo salah maap2 aje gan, pada praktek realnya orang bawa motor di “dunia nyata” : Orang nyetir pelan, jalan sempit, turun kaki emang kenapa ya ?, apa ada hubungannya dengan mengganggu ketertiban, keamanan dan keselamatan lalu lintas. Alangkah baiknya prosedur bikin SIM itu, entah itu teori atau praktek dibuat lebih realistis ajalah, ini salah satu cara ampuh untuk menghindari percaloan. So… ?

  38. Policeman berkata:

    kasih fulus pasti mulus…………………

  39. zaza berkata:

    sim = seseran polisi

  40. Ilham berkata:

    Itumah tesnya masih ecek2, di Eropa mah udah bayar mahal tesnya lebih sulit lagi tp itu smua demi terciptanya jalanan yg aman,nyaman,damai dan tetrem. Aku sendiri sih stuju2 aja klo tes simnya model ky gitu karena banyak bgt bikers yg(maap) semau gue,sruntulan,pamer kebisingan, Zig zag, balapan liar,dll. Maka kedepannya dengan tes macam gitu ato lebih bagus lagi akan menghilangkan kelakuan bikers yg sudah meresahkan masyarakat dan mbuat bikers jadi lebh sopan, tertib dan rapih seperti drivers/ pengendara mobil sejati. Sekian opini dariku maaf kalo ada yg tersinggung.

    • Riyanto berkata:

      Bayar ja 10 juta, pasti lngsung dpet tu simnya. . . Ujung”nya ia pd nembak, gagal dua kali ia akhrnya nembak, bnyak yg gagal dr pd yg lulus. . .

  41. Sofyan Efendi berkata:

    Buat SIM C tanpa nembak biaya’a brapa ??
    N kalog ngulang2 minggu depan gitu bayar ĽªǦ̩̥¡ ga’ ??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s