Ganti oli, pilih diwaktu mesin panas apa diwaktu mesin dingin?

Halo brother biker.. kali ini saya mau membahas tentang penggantian oli sepeda motor, sepeda motor pasti memerlukan oli dan oli tersebut harus diganti berkala dalam jangka waktu tertentu. Namun ada dua pendapat tentang penggantian oli ini, pendapat yang pertama menyarankan sebelum ganti oli mesin harus dipanasin dulu agar kotoran didalam mesin turun kebawah bak mesin. Pendapat yang kedua menyarankan mengganti oli baiknya disaat kondisi mesin masih dingin atau belum dipakai atau disaat pagi hari ketika mesin telah istirahat semalaman. Setelah diskusi dengan beberapa mekanik bengkel resmi sebuah atpm, makanik balap dan seorang rekan yang bekerja sebagai maintenance disebuah perusahaan rotan, mereka sepakat lebih baik mengganti oli disaat kondisi mesin dingin (motor telah istirahat semalaman) 😀 Kenapa sih?? berikut alasan-alasan yang memperkuat argumentasi tersebut :
1. dikala mesin sudah menginap semalam, secara teori cairan akan mengalir menuju permukaan yang lebih rendah dan yang namanya oli bila mengalir pada saat-saat akhir.. tetesannya mengalir lelet banget :mrgreen: karena sudah menginap semalaman (katakanlah 10 jam).. posisi oli sudah dibagian bawah bak mesin semua. jadi ketika tutup oli dibuka, oli didalam mesin beserta kotoran spontan keluar semua tanpa perlu disemprot-semprot segala 😀 sembari menunggu tetesannya habis, motor dimiringkan kekiri lalu dimiringkan kekanan, diduduki jok belakangnya agar motor “jengat” :mrgreen: agar sisa-sisa oli disela-sela bak kopling bisa ikut keluar 😀
Lalu kenapa bengkel-bengkel sepeda motor tidak menerapkan cara yang tadi?? yah..karena masalah waktu dan kejar setoran :mrgreen: Semua kembali pada biker sipemilik sepeda motor… Bila memiliki waktu dan bisa mengganti oli sendiri, lebih baik menggati oli disaat mesin dalam kondisi dingin. bagi biker yang tidak memiliki cukup waktu dan belum bisa mengganti oli sendiri, lebih baik ganti oli disaat mesin panas atau dibengkel saja 😀

Warning!! Jangan menyemprot lubang tempat memasukkan oli dengan angin kompressor, karena angin kompresor mengandung uap air yang bisa menimbulkan karat pada part-part yang terbuat dari logam didalam mesin 😀

Semoga berguna 😀

Iklan

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Pos ini dipublikasikan di Bikers, Info parts motor, Tips sepeda motor dan tag , , . Tandai permalink.

38 Balasan ke Ganti oli, pilih diwaktu mesin panas apa diwaktu mesin dingin?

  1. tuwek berkata:

    #untuk panjenengan semuanya…#

  2. oonk berkata:

    Ayeee……?!

  3. ipanase berkata:

    ane biasanya malah bis dipanasin baru ane kuras, hik shiks

  4. azizyhoree berkata:

    ojo pas sahur!!! ganti ne :mrgreen:

  5. Maskur berkata:

    Yen isuk saiki adheeem

  6. souverein berkata:

    kalau saya sih mas,paling baik ya pas mesin lama diem alias dingin,,nah paling pas ,malem2 gini buka lobang olinya di bawah dan lubang masuk oli,tunggu sampai pagi,jadi gak perlu disemprot kan?ni trik bokap TMT…

  7. souverein berkata:

    nitippppp
    ikuti poling motor impian di
    http://motomotif.wordpress.com/

  8. snalpot99 berkata:

    sore buka diemin semaleman pagi isi lagi

  9. bledug balap berkata:

    resiko orang pelupa—-sore dikuras……esoknya bangun kesiangan……main starter motor(ga inget lg kuras oli)…..

    #adakah kejadian seperti ini..??#

  10. motoisme berkata:

    aku setuju pas dingin….kalo bengkel sekalian serivis ya di buka tapnya sambil ngerjain yang lain… baru tengah2 diisi…syukur2 lupa…waduh..klotak2…

    http://motoisme.wordpress.com

  11. arnold al qadr berkata:

    dimanual vixion tertulis seperti ini;
    “hidupkan mesin beberapa saat dan selanjutnya matikan mesin”
    jadi kemungkinan mesin masih panas (hangat)..

    kalo saya sih selalu ikut manual, soalnya manual dibuat oleh yang buat motor,
    yang tentunya lebih berkompeten dan ahli.

  12. satria biru berkata:

    kok beda ya ma anjuran pabrik. ane baca dibuku manual bawaan motor disitu menyebutkan kalo ganti oli mesin kudu panas, atau klo mesin terlanjur dingin harus dihidupkan beberapa menit dulu sebelum ganti oli supaya olinya bisa terbilas semua.

  13. ojo tangi turu, soale rung katokan Kang Yud :mrgreen:

  14. Arif Rakhman berkata:

    buat yang punya warung, kalo sempet, tulung dikumpulin pendapat para ahli tentang keharusan mengganti oli pas mesin agak panas, seperti yang diklaim oleh beberapa pembaca di sini.

  15. strngman berkata:

    lha om, brarti kl ganti oli d bengkel pas service kotorannya g keluar semua dong krn mesin udah g dingin lg?

  16. Endrix berkata:

    pengen setelah service gratis besok abis mo ganti oli sendiri, tapi mo nanya mas Yudi, itu kunci pembuka baut bak oli bawah Jupiter MX sama gak ma Vixion, mau beli sendiri aja buat dirumah.

    bisa tongolin gambar kuncinya ndak..cari-cari belum nemu.
    http://www.sejutaumat.com/2011/08/08/godaan-biker-menjelang-berbuka-puasa/

  17. andhi_125 berkata:

    kalo saia sering ambil tengah aja, pas motor abis dipake, didiemin sebentar ben gak panas nemen, trus baru kuras deh. selain gak resiko bikin baut pembuangan rawan slek/dol, juga gak kepanasan kalo oli muncrat ke tangan. lebih recomended menurut saia sih :mrgreen:
    tapi kalo gak sempat, ya enak pagi2 aja

  18. gcm berkata:

    Ganti oli dalam kondisi agak panas lebih baik -IMO- soalnya oli jadi lebih encer, lebih mudah ngalir.
    Kalo didiemin semaleman, emang oli sudah ngumpul di bawah. tapi pastinya masih ada jeroan mesin yang kerendem oli. Berhubung oli dingin lebih kenthel, oli lebih susah ngalir.
    Mungkin paling baik kalo buka baut oli dalam kondisi mesin agak panas, terus dibiarin semaleman. Paginya ditutup lagi, trus isi oli baru. Tapi resikonya mesin kemasukan udara (plus uap air) semaleman… cmiiw..

    • Lukman berkata:

      Kata siapa?

      Oli skarang ini sdh multi viskosity, contohnya 10w-30, dsb,, w itu artinya kekentalan oli saat dingin,,,

      Jadi oli saat dingin itu kekentalannya 10 dan sedangkan jika sudah hangat apalagi panas maka kekentalannya naik jadi 30,,, tergantung spek viskosity oli yg ente pake,,,

      Pendapat paling logis menurut gw adalah tap oli saat mesin dingin, setelah beristirahat semalaman,,,

  19. eantrick berkata:

    setuju ganti oli saat dingin. tapi dari rumah ke bengkel kan mesin dipanasin dulu.

  20. fatìmah berkata:

    Biar cepet dingin, mesin simpen dikulkas 😉

  21. m fajri agus dianto berkata:

    Setuju itu! Mau tanya nih gan! Klu air radiator g pernah bocor alias udah lama apa perlu di ganti? Mohon balasanya tks

    • three berkata:

      Colant radiator sangat penting peranan nya dalam menjaga kestabilan suhu engine pada motor yang berpendingin cairan…. perlu disadari bahwa coolant didalam radiator mempunyai life time , atau masa unjuk kerja optimal , jika sudah melebihi masa pakai nya , maka selayaknya segera diganti.. biasanya coolant yang sudah melebihi masa pakai akan cepat mengendap dan menyebabkan radiator kotor & titik didih nya yang mulai menurun menyebab kan mesin menjadi cepat panas

  22. three berkata:

    ikut buku manual ajah ganti olinya……..
    Colant radiator sangat penting peranan nya dalam menjaga kestabilan suhu engine pada motor yang berpendingin cairan…. perlu disadari bahwa coolant didalam radiator mempunyai life time , atau masa unjuk kerja optimal , jika sudah melebihi masa pakai nya , maka selayaknya segera diganti.. biasanya coolant yang sudah melebihi masa pakai akan cepat mengendap dan menyebabkan radiator kotor & titik didih nya yang mulai menurun menyebab kan mesin menjadi cepat panas

  23. hanggara berkata:

    menurut saya lebih baik ikuti buku manualnya aja,karena semua itu ditulis dalam buku manual sudah melalui riset terlebih dahulu…
    dalam keadaan dingin justru oli jadi lebih lelet turunnya dikarenakan oli yang dingin lebih kental,oleh sebab itu dianjurkan untuk memanaskan mesin terlebih dahulu setelah itu tunggu beberapa menit sebelum mengganti olinya,ini supaya oli jadi sdikit lebih encer dari kondisi dingin,jd oli lebih cepat turun beserta kotoran ikut terbuang ..

  24. wahid berkata:

    semua kan punya pendapat dan selalu ngerasa lebih bener,,
    anggep aja semua pendapat itu bener.
    yg gak bener adalah motor yg gak pernah diganti olinya,baik dalam keadaan mesin panas ataupun dingin…

  25. Seno berkata:

    Makasih mas infonya..
    Aku ijin share ya..
    Info bagus ini

  26. azer berkata:

    saya kurang sependapat masbro.. saya lebih sering ganti oli saat mesin kondisi hangat (tidak terlalu panas) knp..?
    karena, berdasarkan hukum fisika tentang visikositas zat cair. dimana apabila suatu zat cair berada dalam suhu tinggi/hangat maka tingkat kekentalan akan semakin berkurang. Nah korelasinya apa..?
    gini bro. sewaktu mesin dingin maka zat cair tersebut (oli) berada pada tingkat kekentalan seutuhnya. nah sewaktu mesin panas atau hangat secara otomatis zat cair tersebut lebih encer. karena lebih encer maka saat kita melakukan ganti oli. oli yang berada pada mesin akan seketika tuntas keluar (karena perubahan viskositas menjadi lebih encer) berbeda jika kondisi zat cair dingin maka akan lebih kental sehingga perlu menunggu waktu lama untuk oli didalam mesin keluar. 🙂
    analoginya coba kalo masbro menggoreng di wajan. setelah minyak panas dan sewaktu minyak dingin kan pasti beda. pasti lebih encer saat minyak dalam kondisi panas.. trims.

  27. Lukman berkata:

    tap oli saat mesin di suhu ideal/bukan panas banget atau dingin banget, cukup hangat aja, itu yg terbaik, oli yg dalam suhu ideal lebih mudah mengalir jadinya proses tap oli lebih cepat karena oli lebih cepat mengalir keluar, makanya oli kalo udh suhu ideal dia semakin mudah bersirkulasi di mesin,,, dan makanya di buku manual disuruh panasin mesin dulu dgn cara dihidupin motornya dan cukup stasioner 5 menit.

    Bisa aja saat mesin dingin tapi bakalan lama nunggu tetesan oli nya, semaleman baru yakin semua oli netes,,, kalo tap oli saat mesin dingin dan dilakukan cepat tanpa nunggu bener2 habis olinya, siap2 kelebihan oli saat oli baru diisikan, bisa lebih dari batas atas dipstick,,, kelebihan oli lebih bahaya daripada kekurangan oli,,,

    Ane udh ngalamin sendiri dan experimen sendiri, baik mesin panas banget, hangat, dingin,,, semua punya kelebihan dan kekurangan masing2,,, ane sampai bela2in ganti oli sendiri di rumah, bikin kotor rumah, hahaa,,,

    Kalo ke bengkel biasanya ane gk bakalan ke bengkel saat motor habis dibawa jalan jauh saat mesin panas banget, ane pulang dulu dinginin mesin, dan kalo udh dingin/hangat, ya ane bawa ke bengkel

    Paling afdol memang ganti oli sendiri, karena kalo ganti oli di bengkel itu gk teliti, sering banget oli gk ditap habis eh udh diisi oli baru full sebotolan dan bisa dipastikan oli kelebihan,,,, kecuali ke bengkel resmi biasanya santai dan teliti, dicek volume oli pake dipstick kalo kelebihan dikurangi, gk kayak di bengkel luaran yg kerja express,,,

  28. Tom Goodbeat berkata:

    pernah aku kuras dalam keadaan mesin mati setelah 24 jam……………….memang kotoran banyak yang keluar tetapi ol yang keluar cuma sedikit dan oli lama masih meninggalkan sisa yang banyak dalam mesin,…gimana carannya tuh oli bisa keluar semua tanpa sisa?????

  29. Rubiyanto berkata:

    Wah,baru tahu nih.mungkin akan kucoba ganti oli sendiri di km 2000 pemakaian dan rutin agar mesin awet,dan oli yang dipilih tepat di kantong.biar gak bolong misalnya evalube runner”si ijo”.di daerah baki ditebus kisaran 20000-22000.cukup murah kan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s