Selang pernapasan air radiator, jangan sampai tersumbat!!

ya selang pernapasan air radiator pada sepeda motor berpendingin cairan seperti yamaha vixion, jupiter mx, Honda Cs1, Honda cbr series, kawasaki ninja series yang dibekali radiator. Sepeda motor -sepeda motor tersebut  biasanya memiliki selang pernapasan yang posisinya berada ditabung reservoir dan menjulur kebawah. Kenapa jangan sampai tersembat?? yups.. pengalaman ini saya alami waktu bulan Agustus kemarin, pada motor saya terasa ada gejala mesin cepat panas (lain dari biasanya), performa motor menurun… setelah iseng-iseng cek kondisi mesin dan check air radiator didalam radiator dan reservoir, ternyata air radiator meluber sampai keluar dan membentuk kerak putih kehijauan… sejenak saya kaget.. wah jangan-jangan preblem pada water pump lagi nih!! tetapi setelah ditelusuri… ternyata masalah ada pada selang pernapasan yang tersumbat pasir. saya sogok selang tersebut dengan menggunakan lidi agar pasir bisa keluar dari selang tersebut. kemudian motor saya tes jalan sejauh 160 km, ternyata problem mesin cepat panas hilang dan performa motor kembali normal 😀 .                                                        Secara tekhnis saya belum bisa menjelaskannya kenapa kalau selang pernapasan air radiator tersumbat bisa menyebabkan masalah mesin cepat panas, performa menurun dan air radiator meluber. Namun kalau dilihat dari efek air radiator yang meluber, sepertinya dalam proses pendinginan mesin, air radiator butuh udara untuk melakukan sirkulasi  CMIIW 😀 .dari pengalaman saya ini bisa disimpulkan, bila sepeda motor anda berpendingin cairan dan sering melintasi jalanan yang becek, sering-seringlah mengecek kondisi selang pernpasan air radiator dengan cara menyogok selang pernapasan sepeda motor anda dengan lidi :mrgreen: siapa tau ada pasir yang menyumbatnya 😀

Semoga berguna 😀

Iklan

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Pos ini dipublikasikan di Bikers, Info parts motor, pengalaman berkendara, safety riding, Tips sepeda motor dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

43 Balasan ke Selang pernapasan air radiator, jangan sampai tersumbat!!

  1. Hourex150L berkata:

    mantab Mas.. Sipp..

  2. Amrull El Noor berkata:

    nice tips mas bro… ntr di cek dl….
    oya mo tanya jg ni,, vixion saya klo pas pagi hari di panasin, trs sesekali gas nya saya geber, kok di leher knalpot sblm muffler nya keluar kyk air ya? di situ kn ada lubang kecil…
    wajar ga itu?

    • yudibatang berkata:

      coba besok pagi dipanasin lagi, tapi sebelum motor diparkir jangan dicuci dulu dan lubang knalpotnya disumpel kain dulu, sapa tau abis dikencingin ank kecil :mrgreen: kalau masih ada air keluar perlu dicek air radiatornya… kemungkinan vixion anda mengalami problem pada water pump 😀

  3. nanared berkata:

    bukannya itu efek pendinginan mesin bro,nmp ane yang notabene gak pake radiator tiap pagi pas dipanasin ada air netes dari pembuangan knalpot.trus pernah denger dari seorang mekanik mobil,salah 1 ciri mesin dgn pembakaran bagus,adanya uap air dari knalpot saat pemanasan pagi hari

    • andhi_125 berkata:

      sama pakbro, meggy saia juga kalo pas diselah pagi2 muncrat air dikit dari lubang pembuangan di bagian bawah knalpot…terlepas dari bagus enggaknya ke mesin, saia cuman ngambil kesimpulan tuh air dari hasil kondensasi (bener ora??) uap air di knalpot aja..belom tau bisa jadi indikator buat mesin nggak
      CMIIW

  4. andhi_125 berkata:

    belom punya motor ber-radiator..nyimak dolo, moga2 ndang duwe :mrgreen:

  5. Sepeda Motor berkata:

    Infonya keren-keren mas.
    Ijin menyimak meskipun motor saya gak ada radiatornya 😀

  6. TDF berkata:

    langsung cek si MaXimiliar :mrgreen:

  7. penggemar ninja berkata:

    klo selang pernafasan tersumbat, kemungkinan air radiaotornya ngak jalan, kyk nyedot air di dalam botol vacum udara, kan airnya ngak bisa naik, musti ada aliran udara, baru airnya bisa naik..cmiiw

  8. gogo berkata:

    rutin aj dicek ke bengkel pas service

  9. anton_jbr berkata:

    thx bro inponya… aq juga ngalamin masalah coolant di reservoir yang menetes keluar… sampe skrg belum ketemu masalahnya… besok pagi aq chek dulu selang itu… makasih banyak ya bro….

  10. zackyjunior berkata:

    Mungkin memang butuh pernafasan tadi Mas Yudi .
    Karena pada dasarnya air radiator itu bersirkulasi.
    Nah …
    Di bawah tutup radiatorkan ada lubang dan dan di tutup radiator sendiri ada seperti spring untuk menggerakkan valve yang pada tekanan tertentu akan terbuka.
    makanya ada alat testernya yang di namakan radiator cup tester atau sejenisnya.
    tiap pabrikan punya istilah dan spesifikasi sendiri-sendiri.
    Nah jika valve tadi terbuka secara otomatis air radiator akan kembali ke top reservoir aka tempat cadangan air radiator melalui lubang di bawah tutup radiator .Jika di reservoir tidak ada pernafasan otomatis reservoir juga akan mempunyai tekanan yang mengakibatkan peristiwa yang Mas Yudi sebutkan di artikel . Beruntung tidak sampai jebol tuh Mas .
    Hal tersebut hampir mirip sama pernafasan aki.
    jika pernafasan bermasakah , Body AKI ( accu ) akan menggelembung sebagai salah satu efek yang di timbulkan ( untuk aki basah ) .
    Demikian sharenya …
    Mungkin bisa di tambahkan ….:-)

  11. satriafu150 berkata:

    Nais inpoh…

  12. arsrev berkata:

    sorry kalo oot
    cekidot gan, keren

  13. ipanase berkata:

    untung aja ketahuan,,..

  14. cole berkata:

    Tanya ah…….. Bro yudi waktu air radiatornya luber, lubernya lewat mana ya, apakah lewat cup radiator atau lewar reservoir atau dari tempat yang lain??? mohon pencerahannya Bro, soalnya di cs1 ane ada gejala demikian tuh……..

  15. mustari berkata:

    bgaimna bro kalo air radiatornya kluar melalui knalpot.

    • yudibatang berkata:

      secara teknis, air radiator gak bisa keluar kenalpot bro.. gak ada jalurnya 😀

      • ramady berkata:

        jupiter mx saya keluar air dari lobang knalpot. kalo d starter atw d engkol, maka akan ada semburan air.warna airnya coklat hitam,mirip oli.
        kira2 itu kenapa ya ??
        terus motornya gak mau hidup.

  16. Aditya sitepu berkata:

    Mas.
    Qnapa y,radiator saya gk mau nyala,.
    Pdhl mesin dh sangat pana.?
    Mksh mas

  17. Octa Mx berkata:

    mas, saya suka membaca forum/rubrik/direktori “pengalaman berkendara” milik blog anda. pengalaman yg anda bukukan bisa jadi acuan buat para pembaca yg berkepentingan di lintasan pantura ini n bacaan hiburan waktu senggang. saya ingin tambahkan ttg topik yg ini. selang pernapasan tsb berfungsi sebagai
    ~membuang hawa panas dari kiriman radiator.
    ~ sebagai kontrol uap air panas, yg akan dibuang melalui selang tsb.
    mekanisme perjalanan air radiator sbb:
    ~ketika mesin hidup, melalui pompa airnya air mengalir dari selang bawah radiator masuk ke mesin
    ~ketika air singgah dimesin, air tsb menjadi panas dan air panas itu dikirm ke radiator melalui selang atas untuk didinginkan. begitu seterusnya bolak balik saat mesin hidup.
    radiator ditempeli switch sensor panas yg berfungsi jika menerima panas yg telah ditentukan akan kirim sinyal supaya kipas/fan berputar membantu mendinginkan air yang diradiator.
    bagaimana jika air yg masuk radiator tidak sanggup didinginan oleh kipas. nah… perhatikan unit tutup radiator

  18. Octa Mx berkata:

    diunit tutup radiator teresebut ada semacam pegas/per. per ini fungsinya bukan pengikat ato penguat agar radiator tertutup rapat.tutup radiator yg ber pegas tsb berfungsi:
    ~jika air yg diradiator mengalami panas yg berlebihan, maka timbul tekanan. tekanan itu akan mendorong pegas tutup radiator keatas.
    ~karna pegas tutup radiator terdorong keatas, maka air akan keluar dr radiator dan mengalir mlalui selang dkat tutup radiator menuju botol cadangan /recervoir.
    praktek sederhananya air panas punya tekanan ato tekanan, masukkan air dalam kaleng, tutup kaleng yg sudah ada airnya lalu panaskan/bakar. Lambat laun tutup kaleng akan terbuka. Atau, masak air di panci yg ditutup, jika sudah panas tutup panci tsb akan terbuka karena tekanan uap panas. Uap air banyak dipakai pabrik olahan. Nama mesin pembangkit uap tsb salah satunya BOILER.
    Lanjut…
    bagaimana air yg masuk ke botol cadangan tsb, karena air yg datang adalah air panas,lama2 menjadi penuh. Disini akan ada 2 kemungkinan, jika panas radiator berkurang maka

  19. Octa Mx berkata:

    air yg dibotol akan kembali ngalir masuk radiator karena kevakuman di radiator sampai pegas per tutup raditor menutup menutup rapat karena tekanan air radiator sudah kurang panas dan tidak kuat menekan per tsb. mekanisme ini bisa diliat di radiator milik roda 4 atau lebih karena bentuk radiatornya jauh lebih besar dr pd milik motor. nah ini bahayanya mas….
    jika air panas yg masuk ke botol cadangan terus menerus sampai botol panas, air tersebut akan keluar / dibuang melalui selang pelepasan. disini mas menyebutnya selang pernapasan. oleh karna itu air radiator bisa berkurang. jika selang pernapasan itu tersumbat /mampat sedangkan air panas bertekanan terus masuk botol, botol akan pecah, meledak. suaranya mirip” bom/meriam. Air panas tersebut akan menyembur kermana mana. Terbayang air tersebut kena badan. Perlu diketahui, air mendidih di angka 100 selsius. Air cooler yg diraditor titik didihnya diangka 140 selsius lebih. Tergantung speknya. Smoga masi bisa terbaca ama yg punya warung. Sekian terima kasih.

  20. bayuprariyadi berkata:

    sejak ninja r saya ganti knalpot racing, suhunya lumayan cukup lama naiknya tapi kenapa tidak bs stabil?

  21. gan kalo vixi cpat panas knpa ya indikator otomatis nyala mohon pencerahan agan smuanya ya??????

  22. Chepy Aza berkata:

    gan ane ikut nimbrung ne,.. ane mao nanya, ceritanya gini kemaren ane abis bongkar bodi motor mx ane.. ane copotin semua maksudya mao ane bersihin krena dalemnya kotor banget.. pas liat selang kecil yang ada dibawah ditutup/selang pernapasan radiator ko putus.. ane kagetkan.. penyebabnya apaya.. terus berbahaya gak..?pas liat air yg didalam radiator kok gak penuh luber.. apa itu ukurannya.. mohon solusinya ya… thnks 4all

  23. SAEPUDIN berkata:

    mohon informasinya!!

    aplah kipas radiator berputar saat mesin d panaskan??

  24. Bili Joy berkata:

    Maaf..ikut nimbrung..!!
    Mohon info nya Bro…ni masalah aku alami pada motor Kawazaki ninja rr ku, akhir2 ini jika aku lagi jalan jauh tiba2 mesinya panas dan air radiatornya panas sekali terus luber keluar dari tabung air radiator yang di samping sampai tabung nya keluar uap panas…bserta air. Terus kalo abis ngisi air baru pas motornya baru di starter air yang abru di isi itu menyembur keluar setiap kali aku ngeber gas…Thx Bro atas info dan saran dar anda…salam..!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s