Ditegur pakpulisi gara-gara memoto razia polisi DiCirebon

Halo Brother biker..:D Barusan jam sembilan pagi pas berangkat menuju pabrik ketemu razia tertib lalu lintas diCirebon, tepatnya didepan dealer mobil toyota (sesudah pasar plered kalau dari arah timur). Setelah minggir dan diperiksa surat-suratnya.

Ada pemandangan aneh, serombongan orang naik sepeda motor (sepertinya rombonga orang mau kondangan, beberapa diantaranya tidak menggunakan helm) terus membunyikan klakson.. dan para polisi tersebut tidak menghentikan mereka, malah membiarkan terus jalan. Reflek, naluri seorang blogger yang kameranya selalu stand by diikat pinggang kanan langsung ambil kamera dan jepret πŸ˜€ . Namuuuunn… ada satu orang polisi yang menyamperi saya dan menegur (dengan nada agak menggertak) “kenapa moto-moto?!!” … “jangan sembarangan moto-moto!!” “harus ada ijinnya!!..” “tinggal dimana?!” , “kerja dimana?!” “jangan diulangi lagi!!” HHmm.. saya tetap tenang dan menjawab seperlunya saja sambil tetap menatap mata pak polisi tersebut. Akhirnya poto saya hapus. Sayang papan nama pakpulisi tersebut tertutup rompi kuning. Dan saya nggak mau urusan jadi tambah panjang. walau bapak Kombes Royke Ditlantas Polda metro jaya pernah memberikan pesan waktu diacara Ultah Koboi ke2, bila menemui oknum polisi yang rese, laporkan saja kepada Propam :D. karena saya nggak tau hukumnya, apakah harus ijin dulu kalau mau moto razia polisi. Mohon pendapat para brother bagaimana hukumnya memoto razia polisi?? apakah ada undang-undang yang mengatur harus ijin dulu kalau mau memoto razia polisi?

Iklan

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Pos ini dipublikasikan di Bikers, pengalaman berkendara, safety riding dan tag , . Tandai permalink.

61 Balasan ke Ditegur pakpulisi gara-gara memoto razia polisi DiCirebon

  1. satriafu150 berkata:

    Pada saat itu kan Masbro berada wilayah publik (jalan) jadi ya boleh2 saja….

    • bennythegreat berkata:

      polisi goblok

      apa haknya larang foto..?

      dia gak berhak melarang sampeyan bro..

      kalo ane jadi ente..ane gak segan main fisik sama tuh polisi…

      kampret….!!

      • yudibatang berkata:

        he..he..pada saat itu lagi ada pekerjaan yang sifat urgent harus saya selesaikan, jadi ya..coba hindari dulu..besok-besok lagi coba poto lagi, kalo ada yang negur..baru dilawan :d dari dulu sering banget moto razia polisi dipantura gak pernah ada yang negur tuh.. baru sekali ketemu polisi yang rese :mrgreen:

  2. padiyes berkata:

    Xixixi….biasalah…oknum

  3. nick69 berkata:

    Wah wah..
    Masbra kan berada diwilayah umum.
    Saya pikir sah2 saja.
    Yg gak boleh itu memfoto orang mandi :mrgreen:

  4. kidemang soegax berkata:

    kalo tkp moto nya di pom bensin yg gak boleh πŸ™‚ ngko mbledos

  5. gaplek mania berkata:

    halah…oknum yg takut tuh mas

  6. ardiantoyugo berkata:

    wooo……….!!!!!!!!!!!!!!

  7. arnold al qadr berkata:

    kalo undang2 atau hukumnya saya gak tau..
    tapi kalo posisinya dibalikin gimana?
    mas yudi jadi polisi yang lagi razia,
    terus datang seseorang tak dikenal yang ambil foto2 razia,
    apa respon mas yudi??

    sisi polisi; ngapain ni orang foto saya lagi razia??
    sisi mas yudi; ngapain polisi ngelarang saya mau foto2??

  8. Abu Tanisha berkata:

    klo bro bennythegreat pasti dilawan mas…

  9. Saya yakin 100% polisi itu tidak bisa menunjukkan UU yang mengatur larangan memotret razia kendaraan.

  10. asmarantaka berkata:

    suka2 beli kamera pak..emang ini negara bapak??…kok situ ngatur2??..aihiihih..wani ora ngono hayo?? πŸ˜€

  11. bledug berkata:

    harusnya ngomong begini;boleh liat pasalnya..?

  12. bapakeValen berkata:

    indikasi ada yg gak beres dengan razianya…
    kalo gak ada “sesuatu” ngapain nglarang2…?

    hanya ulah oknum saja…

  13. cahjoz150cc_ajah berkata:

    blh aja, asal pak pulisinya pake kaos ducati trs posenya ngadep ke blkg gituuuu….hehe

  14. nunoe berkata:

    kalo plokisnya dibantah, nanti pake senjata andalan “ANDA MELAWAN PETUGAS!!”

    preeeettt….

  15. !@#$%^&*(adakah plat ae di jakarta...!@#$%^&*) berkata:

    kalau pak polisinya dikasih duit dulu pasti boleh :mrgreen:

  16. riez berkata:

    Halal om…pak pulisinya aja yg lebay

  17. agoey berkata:

    ada bro… minimal nunjukin kartu Pers.. klo meliput wartawan.. pasti gak berani tu pulisi.. :mrgreen:

    http://agoey.wordpress.com/2011/11/15/mv-agusta-tricruiser-tugas-akhir-mahasiswa-seni/

  18. elimciamistasik berkata:

    Betul, bagi orang yang setengah-setengah lebih baik angkat kaki saja. Bisa-bisa kita jadi kena pasal sekian, repot. Memang, masarakat mau tau undang undang lalu lintas gimana, wong, kalau bikin SIM saja ga pernah diberi buku UU lalulintasnya.

  19. nafsu berkata:

    Lebih baik kamu Tikam aja polisinya

  20. martini berkata:

    woh…kurang sigap kamu mas….”lha bapak mau tak photo gak???” bisa nongol di blog saya lho…..wkwkwkwkwkw…itu kayak briptu eka…..

  21. programatujuh berkata:

    hahaha. mau foto malah ikut ditilang itu baru luar biasa πŸ˜€

    blog walking.
    http://www.fokusstan.com

  22. foto diwilayah umum ga papa, dasar mental tempe gembuusss, jare 140km/jam kok ditegur ngono we mengkerut njur dihapus, wkwkwkkk kabuuurrrrrr ngko nek dibalang krodong R15

  23. Rudy Sou1 berkata:

    pak polisi takut busuknya ketauan mungkin 😎 tau ada orang g tertip di biarin saja itu jelas sekali polisi juga g tertip.

    soalnya saya pernah ngambil gambar polisi waktu gagalkan balap liar polisinya diam aja,karena itu sebuah prestasi.IMHO

  24. VIXIONRED berkata:

    laporin aja bro,,,, sekarang udah waktunya polisi berubah,,,, biar hilang semua tuh polisi yg modelnya kayak gitu,,, malu2in aja….

  25. Dodi berkata:

    Dulu klo nggak salah di koran kedaulatan rakyat/kompas juga pernah ada artikel/suara pembaca seperti itu. Ada yang memfoto saat razia, lalu Pak polisi minta dihapus sambil meghardik, sempat terjadi cekcok. Menurut penulis, diduga itu razia ilegal. Penulis juga mengulas, sebenarnya uang razia apakah masuk kas negara atau masuk pendapatan daerah atau yang lain. Dan Polisi tidak bisa menjawab dengan lugas.

  26. ipanase berkata:

    asekkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

  27. Donal Terores berkata:

    nak aku polisine, difoto mlh tak tinggal nggaya…. :mrgreen:
    pernah baca artikel sejenis diblogspot, dan ga semua hasil bidikan kamera dihapus πŸ˜€

  28. Fadlei berkata:

    itu mah akal akalan polisi nakal masbro ..
    Sebenernya mah gak mau aja hal yang buruk dari oknum polisi kebongkar, selain itu juga kalo razia pasti ada aja cari masalahnya

  29. Maskur berkata:

    modus colongan wae to kang

  30. Dismas berkata:

    Pancen ruwet sama polisi. Ujung ujunge iso diperes sampek elek… Lha memang dasar penjahat berseragam…. πŸ˜€

  31. gogo berkata:

    gak ada UU yg ngelarang moto di tempat umum..

  32. Diposedicigp8 berkata:

    backup wae datane πŸ˜€

  33. warungbaksosabar berkata:

    minta surat tugas dulu bro..

  34. bennythegreat berkata:

    lihat disini…polisi gak ada yang komen..
    emang mayoritas polisi itu gaptek…

  35. maRio berkata:

    bicara baik-baik aja bro…
    polisi juga manusia, saya juga kalo tiba2 lgi ker trus difoto-foto pasti bertanya2 buat apa ya…walau kerjaannya cuma liatin laptop wkwkwkwk

  36. Black_Viper berkata:

    Aneh ya … apa-apa disebut oknum ???? terus polisinya kemana?dimana? kan seragamnya sama? apa semua polisi oknum semua? seharusnya polisi itu membuat nyaman masyarakat, dinegara kita ini unik, berhadapan dengan polisi salah nggak salah hasilnya tetap SALAH !!!
    Katanya mengayomi, prettt.

  37. Rollerman berkata:

    wah langsung cepet2 d RECOVERY tuh fotonya bro Yudi,bisa kok

    setelah recovery baru laporin

  38. bodats berkata:

    mari kita pisahkan menurut konteksnya mas bro semua…
    1. Tidak ada larangan memotret polisi di jalan raya karena itu ada di wilayah publik. Mau motret polisi lagi makan pun tidak ada larangan. Karena, sekali lagi, ini adalah wilayah publik. Kecuali sampeyan motret di dalam polres, polsek atau korem (atau apapun itu namanya). Baru deh harus minta izin. Makanya di moll atau pelaza pusat belanja, pihak keamanan berhak melarang memotret. Kenapa? biasanya berhubungan dengan kenyamanan para pemilik counter/booth di mall tersebut. Karena itu adalah wilayah privat (milik si empunya moll).
    2. Memotret adalah bagian dari ekspresi, dimana ekspresi dan aspirasi setiap warga negara dijamin oleh pasal 28 UUD45. Jadi jelas diperbolehkan. Polisi tidak berhak melarang fotografer mengabadikan sesuatu, selama itu tidak melanggar hukum.

    Polisi yang menegur itu tahu ada yang salah dengan dirinya, dia takut ketahuan bulusnya, makanya dia pake tameng peraturan segala. Pertanyaan bertubi-tubi dengan nada tinggi, adalah trik psikologis dasar untuk memberikan efek shock. Bagi yang tidak paham, akan lansung ciut. Lain kali, jika diberondong pertanyaan seperti itu, hadapi dengan tenang. Lalu tanyakan dengan sopan tentang pasal berapa yang menyebutkan dilarang memotret di wilayah publik? UU no berapa? Dijamin, tidak bisa dia menunjukkan. Intimidasi ini terjadi karena si polisi biasa main belaga jagoan, dan bro Yudi belum memahami undang-undangan.

    Ane beberapa kali motret polisi yang mengatur lalu lintas dan juga razia. Sempet juga ada yang menegur, dan ane tanya balik, “peraturan apa yang melarang saya memotret di wilayah publik? Kalau tidak ada yang bapak sembunyikan, maka bapak tidak perlu khawatir.” Dan polisi itu ngeloyor pergi.” Mari kita pahami hak dan kewajiban kita sebagai warga negara *tvri style

  39. Pandega berkata:

    coba aja tuh foto yang udah di ha[us di restore lagi pake software recovery, kali aja bisa muncul lagi.
    πŸ˜€

  40. banghendri berkata:

    saya tidak mengerti banyak tentang hukum, cuma sekedar sharing aja agar kita bisa lebih waspada
    Hanya untuk referensi
    silahkan om telusuri pasal 18 – pasal 21 dalam UUHC (Undang-Undang Hak Cipta) No.19, Tahun 2002

    sebaiknya kita dipelajari dan dipahami dulu

    salah satu sanksi pidana pelanggaran Hak Cipta
    “Melanggar ketentuan pasal 18, ancaman pidana penjara paling lama 2
    (dua) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 15.000.000,- (Lima
    Belas Juta Rupiah).”

  41. kudalumping berkata:

    ijin ?
    Moto Presiden aja ga perlu ijin kok
    😯

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s