“Sekhernya kena” maksudnya gimana sih?

Halo brother biker 😀 .. melanjutkan artikel tentang Estimasi biaya memulihkan performa vixion Yups..Kalimat “sekhernya kena” sudah sering saya dengar dari jaman masih remaja, namun waktu itu saya masih belum memahami.. sekher kena maksudnya kena apa? apakah kena pukul? kena tendang? kena penyakit? :mrgreen: ternyata yang dimaksud “sekhernya kena” adalah blok silinder bagian dalam/liner terdapat baret-baret karena bergesekan dengan piston tidak pada semestinya.
kebetulan hari kamis tanggal 8 Desember vixion saya mulai ” dioperasi” disalah satu bengkel spesialis drag dan road race dicirebon, setelah bongkar-bongkar, blok silinder dan piston/sekher pun bisa terlihat dan dipoto. Nah!!… Ini dia yang dinamakan “sekhernya kena”

Seperti terlihat photo diatas, permukaan didalam blok silinder atau liner terdapat baret-baret yang menimbulkan celah.. walaupun kalau diukur mungkin hanya berkedalaman sekitar0,0 sekian mikron, tapi itu sudah mempengaruhi kenerja mesin 😀 yups..kompresi jadi bocor..oli ada yang masuk keruang bakar melewati celah baretan..lama kelamaan kalau tidak segera ditangani volume oli mesin akan berkurang..ujung-ujungnya pelumasan tidak sempurna dan parts yang lainpun ikutan rusak karena bergesekan tanpa pelumas CMIIW 😀 Berikut poto piston/sekher yang baret

Dua photo diatas, menurut Bapo, mekanik yang “mengoperasi” vixion yudibatang adalah sudah termasuk kategori parah 😥 Untung segera ditangani. Alhamdulillah sekarang motor sudah normal kembali. Pas lihat-lihat dapur bengkel tersebut, ternyata sudah terdapat mesin bubut, bor, grinda, las dan lain-lain, sayapun minta kepada Bro bapo untuk sekalian “mentuning” ulang siKibaliyut biar lebih ngacir 😀 (rencananya sih mau shoot video top speed lagi..sekalian shoot video jalan alas roban :mrgreen: )

Semoga berguna 😀

Iklan

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Pos ini dipublikasikan di Bikers, Info parts motor, Modifikasi performa, pengalaman berkendara, Tips sepeda motor, Yamaha dan tag , , , . Tandai permalink.

38 Balasan ke “Sekhernya kena” maksudnya gimana sih?

  1. nick69 berkata:

    Tanda2 seher kena bagaimana bro?

    • yudibatang berkata:

      Ntar dibahas diartikel yang lain bro 😀

      • Indra W. Handoko berkata:

        Salam kenal Mas Yudi…
        Ni saya dari Tulungagung Jatim, Mau tanya2 tentang cara meningkatkan tenaga dan speednya yamaha Vixion yang seperti motornya Mas Yudi. Ubahan2 apa sajakah yang perlu dilakukan pada yamaha Vixion py saya agar bisa mencapai topspeed seperti motornya Mas Yudi. Mungkin itu saja pertanyaan saya dan mohon bantuannya pada Mas Yudi untuk menularkan ilmu korek harian motor yamaha Vixionnya, terima kasih.

      • yudibatang berkata:

        Salam kenal juga mas bro 😀 Coba dibaca-baca dulu artikel pertama saya disini Modif instant agar performa motor meningkat

        kalo sudah menerapkan seperti dilink atas masih belum puas, langkah selanjutanya porting dan polish serta papas head 😀

  2. ipanase berkata:

    mantap,,maleh 180 km/jammmmmmmmmm

  3. tigerpiceks berkata:

    sehere kena tusbol!

  4. Over Price berkata:

    sepertinya pernah ngancing pistonnya ya mas yud?

    • Virus berkata:

      di artikel yg lalu kan, ngancing karena klep piston yg macet mungkin bertabrakan ama tuh piston jd nya baret gitu

      • penggemar ninja berkata:

        di matic saya piston ngancing, nabrak klep patah2nya, pisotn jebol , headnya kyk di cakar macan..:D, stang seher oblak…ancuur dah..
        klo sering geber2 RPM tinggi, musti rajin2 check OLI..PENTING BGT

        sekedar curhat..:)

  5. Spacey berkata:

    Yang di maksud sekher itu piston apa silindernya sih? Kok ada istilah Ring Sekher (ring piston)

  6. Virus berkata:

    wooooooooooohg top speed baru? woooooooooooohg mo shooting video lg…
    *bener-bener ditunggu artikel nya xxxixixixixixi…

  7. si Oom! berkata:

    silinder e lower 😆

  8. didi berkata:

    kata diasil silinder g bisa baret…kok baret juga?

  9. Fuad Fakhrudin berkata:

    ganti bore-up apa msh pake seker ori vixion om??
    bloknya jg diganti gak?

  10. zhe berkata:

    @8. Spacey
    Sekher itu piston na brother. .

    Eh bner ga sh??!
    Perasa’n bner ah

    • Spacey berkata:

      “../sekher bagian dalam terdapat baret-baret karena bergesekan dengan piston tidak pada semestinya….”
      “setelah bongkar-bongkar, sekher/blok silinder dan piston pun bisa terlihat dan dipoto. ”
      ==============
      Sekher bergesekan dengan piston? Wah bingung saya, sekher itu istilah dari bahasa mana sih?

      • Over Price berkata:

        1. seher/seker/piston sami mawon.
        2. stang piston/connecting rod/paha ayam (hahaha) sami mawon.
        3. liner/boring, adalah rumahnya piston, yang sering dibubut kalau oversize, diatur dengan clearance tertentu. kalau piston pemuaiannya jelek atau kualitas oli jelek bisa timbul gejala ngancing..
        4. ring piston seperti gelang kalau di motor standar kebanyakan jumlahnya 5 kalau 4-tak. 3 dipasang di got paling bawah (2 tipis atas bawah, tengahnya ring cacing), yang dua masing-masing berada di got atasnya (tidak boleh ketuker).
        5. pin piston ada 2 (CMIIW), yang atas kecil menghubungkan seher dengan stang piston. kalau 4-tak tanpa bearing, berbentuk pipa. sedangkan yang bawah lebih besar dan berupa silinder pejal. menghubungkan stang piston dengan kruk as.

  11. cahjoz150cc_ajah berkata:

    kmrn bar operasi ninja, ganti stang seker 1 set, total entek 600rb…. 😦

  12. davied berkata:

    Seher itu bukannya nama lain piston?,makanya ada istilah ring seher dan stang seher,sedangkan yg baret pada poto diatas namanya silinder/blok silinder.hati2 ngasi info di google byk pencerahan utk istilah2.btw tu mesin vixi da dr kapan bore up hehehe

  13. beckhem berkata:

    ouw disitu tho bagiannya….baru tahu

  14. gogo berkata:

    sip infonya.. mngkin ad patokan d km brp, jeroan vixion musti di rehat..

  15. Gendown berkata:

    Swap engine sekalian Om Yud xixixi :mrgreen: xixixixi awas kompor di bengkel…

  16. yudibatang berkata:

    Halo brother biker 😀 Mohon maap baru tau ternyata terjadi kesalahan penulisan, namun sekarang sudah diedit. :mrgreen:

    Yup bener yang dikatakan Bro Over Price seperti dikomentar beliau dibawah ini :

    1. seher/seker/piston sami mawon.
    2. stang piston/connecting rod/paha ayam (hahaha) sami mawon.
    3. liner/boring, adalah rumahnya piston, yang sering dibubut kalau oversize, diatur dengan clearance tertentu. kalau piston pemuaiannya jelek atau kualitas oli jelek bisa timbul gejala ngancing..
    4. ring piston seperti gelang kalau di motor standar kebanyakan jumlahnya 5 kalau 4-tak. 3 dipasang di got paling bawah (2 tipis atas bawah, tengahnya ring cacing), yang dua masing-masing berada di got atasnya (tidak boleh ketuker).
    5. pin piston ada 2 (CMIIW), yang atas kecil menghubungkan seher dengan stang piston. kalau 4-tak tanpa bearing, berbentuk pipa. sedangkan yang bawah lebih besar dan berupa silinder pejal. menghubungkan stang piston dengan kruk as.

  17. si kembar berkata:

    yang “mentuning” itu gmana bro yudi ? ?
    kalo boleh tau kalo mau bore up mesin . pake silinder asli vixion bisa nggak ya ? ? ?

  18. setya nurtaniyo berkata:

    mas yudi trmksh infonya.mudah2an my vixi beetle bsa cpt di pulih kan cz.pnyakitnya sama.. Mas salam buat tmen2 di batang y dari neo yvc bk 37.*

  19. Yudi berkata:

    Wah infonya bermanfaat banget nih

  20. handika berkata:

    Mas yudi… Boleh saya minta alamat email jenengan… Lagi ada trouble ne….

  21. rian berkata:

    ganti di yamaha aja bro

  22. brian surabaya berkata:

    @yudibatang .gan vixion ane lmpu netralnya gk nyala wktu di on (mati). .di stater susah dan lampu indikator yg kuning nyala terus klw sudah jalan . .pdahal sudah saya gnti cts yg baru. .itu knp ya gan.. mohon infonya

  23. putut asmoro berkata:

    Gimana sih caranya memulihkn agar mesin motor saya jadi prima sprti semula,karna motor saya klo dpnasin suaranyamesinnya ngak kyk semula/gk bsa langsam,mohon komen ya mas bro,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s