Mengganti per kopling sendiri, siapa takut??

Halo brother biker 😀 ..melanjutkan artikel tentang kiriman per kopling, yudibatang mencoba mengganti per kopling sendiri sekalian share info untuk brother semua. Sebenarnya saya nggak ada pengalaman sama sekali membongkar bak kopling dan memasang per kopling sendiri. namun saya sudah pernah melihat mekanik membongkar bak kopling dan memasang per kopling. nekat saja coba bongkar dan pasang sendiri..kalau salah ya, tinggal panggil mekanik kerumah :mrgreen: Oh..iya mengganti perkopling sekalian saja dengan ganti oli dan ganti filter oli 😀 berikut tahapan membongkar dan memasang per kopling :

1. Siapkan peralatan seperti kunci pas, kunci shock, kunci ring, kain lap, wadah untuk menampung oli.
2. Siapkan Oli, per kopling dan filter oli
3. Buka tutup oli bawah dan Keluarkan oli
4. Kendorkan kepala baut satu persatu pada baut bak kopling, setelah semua kendor baru dilepas satu persatu dan ditaruh
ditempat yang dialasi kain atau kertas serta urutkan posisinya.
5. Setelah semua baut terlepas, tarik bak kopling pelan2.

6. Lepas baut penahan per kopling (agar rumah kopling tidak ikut berputar ketika kita mau mengendorkan, ganjallah salah satu
baut per kopling dengan kunci pas yang ditahan dibaut terdekat)

7. Lepas satu baut penahan per kopling, ambil per kopling lama lalu masukkan per kopling baru dan kencangkan (jangan sampai
pol dulu)
8. Lepas baut penahan per kopling yang kedua dan pasang perkoplingnya, lanjutkan pada baut penahan per kopling lainnya

9. Setelah per kopling baru sudah terpasang semua, kencangkan satu persatu hingga menurut anda sudah kencang 😀
10.Setelah per kopling baru terpasang semua, bersihkan bak kopling dan rumah filter oli dengan bensin.
11.Pasang filter oli baru dan masukkan baut-bautnya.
11. Pasang kembali bak kopling dengan memasukan satu-persatu baut-baut lalu kencangkan.
12. Pasang tutup oli bawah dan isilah oli yang baru.

Selamat mencoba 😀

Iklan

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Pos ini dipublikasikan di Bikers, Tips sepeda motor, Yamaha dan tag , , . Tandai permalink.

35 Balasan ke Mengganti per kopling sendiri, siapa takut??

  1. memet berkata:

    pertamax

  2. Novian Agung berkata:

    Thanks tutorialnya om,….

  3. beckhem berkata:

    masih g berani klo sendiri heheee………

  4. blognyamitra berkata:

    Wah punyaqu juga dunk sekalian 😀

  5. kurnia1prorider berkata:

    hati2 ngencangke baut per kopling harus menyilang kalo ga mau putus rumah kampas koplingnya, apalagi pake per kopling lebih keras!!

  6. vixy182 berkata:

    next artikel… Rasax gimana setelah pemakainx bro…. :mrgreen:

  7. tovavanjava berkata:

    nice info om… 😀

  8. Over Gear berkata:

    nambahin aja, ngencangin bautnya harus menyilang, menghindari kerusakan karena salah satu sisi terlalu kencang dari pada sisi lain pada rumah kopling maupun bak kopling.

  9. shinigami.yu 023 berkata:

    Bang mau nanya, saya kan mau ganti kamkop Vixion sya yg sudah habis nih. Tapi kalo beli ori V-ixion kemahalan (sekitar 400rb). Ada saran dari teman pake punya Scorpio saja. Nah, kalo make Kamkop Pio itu ngefek negatif gak bang ke mesin? Makasii.

    -Keep Brotherhood-
    Wahyu YVCI-N 023/

  10. kid781 berkata:

    @shinigami.yu 023 : pake kampas kopling scorpio atau daytona aja sekalian. 2thn lalu g dpt 200ribu skg gak tau hargnya

  11. penggemar ninja berkata:

    mantab…tinggal reviewnya nich

  12. ocecoco berkata:

    cara ganti kampas kopling sendiri gmn sih masyud ?

  13. Virus berkata:

    om yud iku air radiator gak perlu di keringin sekalian tah? soale kmrn pernah tanya2 ama mekanik klo mo ganti kamkop pio + per kop tigor musti siapin oli baru ama aer radiator baru juga katanya…
    *btw deltabox ny di cat item yah hehehehehe

  14. gogo berkata:

    praktis dan ringan…

  15. riska berkata:

    lw gnti prodo ny gmn y??

  16. sapi udin berkata:

    brmnfa’t. . . . . . !

  17. Edie Rockmantic berkata:

    per kopling nya ga di kasi liat gan??

  18. mameg berkata:

    katanya pake per kopling orisinal tiger revo juga recomended, lebih murah pula

  19. Dellfa six berkata:

    Kalo ganti sendiri, apa gk akan mengganggu sistem enjeksi’a mas?

  20. mangpulsa berkata:

    salah2 pasang malah lompat motor hehehe http://www.mangpulsa.com

  21. om kalo ganti dimotor smash trus ngempos kick starternya, kenapa ya ? padahal udah disetting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s