Pengalaman kecelakaan naik bis “rombengan” diJalan raya Ngawi-Jawa Timur

Halo brother biker 😀 … kali ini saya mau berbagi pengalaman ketika naik bis “rombengan” dan mengalami kecelakaan didaerah Ngawi jawa timur. Yups..dulu sekitar tahun 2004 hingga tahun 2008 saya sering traveling kewilayah jawa timur (Ponorogo, Surabaya, Jombang dan Pasuruan) karena tuntutan pekerjaan sebagai Inspector mebel, saya harus melakukan seperti itu. Saya lebih sering menggunakan jasa angkutan Bus umum untuk melakukan Perjalanan menuju kota-kota tersebut saya. Tercatat hanya sekali menggunakan sepeda motor dan apesnya malah dirubung lelembut diartikel ini
Nah..pada tahun 2005, waktu itu hari Jum’at sekitar jam 11 siang saya hendak pulang dari Ponorogo mau menuju Semarang. Perjalanan harus ditempuh sekitar 6 jam dengan 1x naik angkot dan 3 x ganti bis.
1. Angkot Ponorogo kota – terminal Ponorogo
2. Bus Bumel/ekonomi Ponorogo – Madiun
3. Bus Bumel/ekonomi madiun – Solo
4. Bus patas Solo – Semarang

Weh..bisa dibayangkan betapa capeknya perjalanan dengan gonta-ganti bus-bus bumel 😥 Yah..memang sarana transportasi dijawa timur, khususnya didaerah Ponorogo-madiun memang seperti itu, bisa naik travel tapi jamnya sudah ditentukan, gak bisa seenaknya naik dan itupun harus keMadiun kota dulu. Disaat saya siap-siap mau berangkat, ada “sesuatu” yang membisikkan ditelinga kanan.. “berangkatnya nanti siang aja bro, habis jum’atan dan makan siang..” Namun ditelinga kiri “sesuatu yang lain” membisikkan.. ” Berangkat sekarang saja bleh..nanti malah kemaleman sampai semarang..” . dan timbullah keraguan dihati. Akhirnya saya mengikuti bisikan ditelinga kiri. jam 11 siang saya start dari Ponorogo. Setelah naik angkot dan sekali naik bus bumel, saya sampai Madiun jam 12.30 (weleh..malah nggak jum’atan). Kemudian saya menunggu bus dihalte bus. Sial!! sekitar setengah jam nggak ada bus yang lewat. oh..iya bus-bus surabayanan waktu itu ada Sumber Kencono, Eka, Mira, Restu dan satu lagi bus gurem (saya lupa namanya).

Jam satu siang, mulai muncul bis-bis yang mau menuju keSolo jawa tengah. Bus pertama lewat, busnya bagus tapi penumpangnya bludak, saya nggak jadi naik. Bis kedua, ketiga dan seterusnya datang juga sama, penumpaknya penuh sesak. Saya masih belum naik, dalam hati menyesal.. “Kalau tau beginimah..mendingan tadi jum’atan dulu.. ” kemudian datang lagi bis yang lain, bisnya penumpangnya kosong tapi bisnya jelek, saya batal naik. setelah satu jam dihalte dan gak dapat-dapat bis, akhirnya saya naik bis seadanya.. saya lupa nama busnya, yang saya ingat warnanya kopi susu. menurut saya bus yang saya tumpangi termasuk bis “rombengan”, disamping bodinya sudah jelek dan banyak berkarat, joknya juga banyak yang robek. posisi tempat duduk 2-3. dan kalo saya duduk, dengkul saya mentok kejok depan saya 😥 Karena badan sudah capek dan ngantuk, saya tertidur dengan posisi kepala menyandar pada jok depan. Cuaca panas, banyak pedagang asongan silih berganti masuk bus menawarkan dagangannya plus pengamen jalanan yang menyayikan lagu-lagu campur sarinan 😀 Saya terjaga sejenak, lihat diluar kaca jendela, wah..baru sampe terminal ngawi…wis tidur lagi.

Bus berjalan tersendat-sendat, sepertinya mesinnya ada yang nggak beres..namun bus tetep berjalan. Baru sekitar lima belas menit tertidur, tiba-tiba badan saya seperti ada yang menarik kebelakang beberapa saat, kepala saya yang tadinya menyandar dijok depan langsung terdorong kebelakang sampai badan pada posisi tegak dan kemudian badan seperti dilempar kedepan dengan cepat dan terdengar suara benturan keras “glodak!!” (ternyata bus menerem mendadak menghindari mobil box didepannya dan nggak nyampe, kemudian bus menabrak bagian belakang mobil box tersebut), hidung saya terbentur dengan keras kejok depan bagian atas. Semua penumpang panik, berebut keluar bus. Saya tertegun sejenak, dan mengucur darah segar dari hidung saya dan belepotan dimana-mana. Saya seperti linglung, penumpamg ibu-ibu yang duduk dijok seberang kanan malah teriak-teriak.. “Mas..mas..itu hidungnya berdarah!!” sembari mengeluarkan tisu yang diberikan kesaya. Saya turun dari bis sembari memegangi hidung saya dengan tisu, agar darah tak bercecer. Turun dari bus, semua penumpang melihat kesaya…wis kepala terasa pusing, badan lemes seperti mau pingsan. Saya segera masuk kewarung makan terdekat untuk membasuh hidung saya yang berdarah. Setelah itu saya raba hidung saya… Ya Allah, hidung saya jadi rata!!.. yang tadinya mancung, malah jadi mblesek.. muncul perasaan kalut..waduh!!..jangan-jangan gegar otak!! jangan-jangan tulang hidung saya remuk!! belum hilang rasa kalut, petugas polisi lalu lintas mencari-cari saya.. “mana tadi penumpang yang terluka?”.. kemudian petugas mengantar saya dengan mobil patroli polisi, mobilnya Kijang yang didalamnya sudah nggak ada joknya. saya duduk ndlozor bersama seorang ibu2 berumur sekitar 40an yang juga terluka, bibirnya sobek!! dan seorang lagi kenek bus. Kami dibawa kerumah sakit didaerah kota ngawi. Saya langsung dibawa keIGD (Instalasi gawat darurat). Seorang dokter jaga hendak memberikan oksigen, namun saya menolak karena saya masih bisa bernafas normal. Setelah memeriksa sebentar, dokter keluar sebentar dan kembali membawa peralatan. dokter mengeluarkan alat semacam gunting namun ujungnya tumpul.. “mas..rilex saja, saya coba membetulkan posisi tulang rawan hidungnya”.. wis. saya pasrah..dokter memasukan alat tersebut kelubang hidung saya kemudian mengangkat keatas dengan cepat dan berbunyi “krek”. stelah hidung saya dibetulkan, saya bertanya kedokter “pak, apakah saya gagar otak?” dokter menjawab, kalau melihat kondisi fisik mas, sepertinya tidak terjadi gegar otak. namun untuk memastikannya nanti saya ronsen tengkorak mas”, “sekarang mas, istirahat saja dulu”.
Bersambung…

Hikmah dari kejadian yang saya alami:
1. kalau brother biker mau melakukan perjalanan dihari jum’at, lebih baik pagi sekalian atau sesudah solat Jum’at.
2. Kalau anda ragu-ragu akan sesuatu tindakan, lebih baik jangan dilaksanakan

Setelah tujuh tahun berlalu dan membaca artikel tentang Ujikir diKompasiana, baru ngeh.. ternyata memang bis-bis rombengan itu sebenarnya tidak layak jalan tapi dicap layak jalan

Iklan

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Pos ini dipublikasikan di pengalaman berkendara. Tandai permalink.

44 Balasan ke Pengalaman kecelakaan naik bis “rombengan” diJalan raya Ngawi-Jawa Timur

  1. theo berkata:

    Wah bro, hidungnya kenapa bsa rata begitu?:/

  2. theo berkata:

    Pertamax:D apa ada bekas nya bro?

  3. sendal bolong berkata:

    sule dong.
    xixixi…

  4. c-seratus berkata:

    makasih sharingnya mas bro…
    pelajaran berharga..

  5. Biker Ngonthel berkata:

    Bis Sumber Bencono

  6. hanis berkata:

    bis mandala kuwi

  7. kharis27 berkata:

    Bener nie kalo maksain perjalanan menghindari solat jum’at suka ada kenapa2nya,

  8. blink berkata:

    wah enek jawa indah
    pngalaman numpak kepepet kemalemen jmber_suroboyo
    udan bis e bocor nyalip2 ga isa cepet wuss mbarai deg2 ser tnyata emang bis e wes tuo

  9. anharvictor berkata:

    betul kang yudi. Kalo jum’at.. Lbh baek off..

    • yudibatang berkata:

      sebenernya nggak harus off bro, yang penting bisa mengatur waktunya. Bila waktunya nanggung mendekati solat jum’at, mendingan solat dulu dan makan dulu 😀

  10. zackyjunior berkata:

    pelajaran sangat berharga .
    Maturnuwun …

  11. beckhem berkata:

    Jum’at….Mending Jam10 dah harus naik, diatas jam itu jam susah, lebih tepatnya dah diatur sedemikan rupa sama yang Kuasa heheheee………..

  12. archnine berkata:

    warna bus nya kopi susu kemungkinan ya hasti, ato kalo nggak dahlia indah om :p

  13. Ari CX Rider berkata:

    betul mas,
    hindari bepergian pas jam 11-12.30 an,, rawan laka, :mrgreen: pengalaman pribadi

    http://areeya2.wordpress.com/2012/03/02/sedikit-spek-tentang-minerva-x-road-um-xtreet/

  14. tahu berkata:

    kejadian yang sama bro yud, bawa istri ke jogja pakai inazuma 1200, moge baru sebulan beli. di jalan sdh diingatkan istri bbrp kali supaya jumatan, tp nekat jalan terus karena keenakan mbetot gas 1200 cc. sampe di kutoarjo mesin langsung pet, mati. chack check chack check ternyata aki jebol. sak kutoarjo di ubek gak dpt aki utk moge. akhirnya motor nitip di rmh org dan perjalanan di lanjut dengan bus. bayangkan di jalan kita pakai kostum biker komplit tp naik bus, dasar orang kutoarjo, sepanjang jalan melototin kita terus karena salah kostum. belum lagi istri yang ngomel sepanjang jalan karena gak nurutin sarannya untuk shallat jumat. kapok deh…..

    saran saya ada 4: shallat jumat, ttp shallat jumat, harus shallat jumat dan jangan bawa istri heheh..

  15. awakku berkata:

    Hikmah dari kejadian yang saya alami:
    1.
    2.
    3. Pakailah sabuk pengaman…
    🙂

  16. ups berkata:

    Alhamdulillah tidak fatal..

  17. johan berkata:

    diambil hikmahnya,setuju.

  18. Ridwan berkata:

    trus yg bayar biaya rumah sakitnya siapa om yud…???
    anda or polisinya

  19. daniee berkata:

    owalah mz bro ! Kejadian itu pasti ada hikmahnya !! Dan memang betul , umat islam di haram kan berpergian pd hr jum’at menjelang waktu jum’atan ! Apa lg kita berniat untuk menghindari sholat jum’at ! Bisa apes tuh dunia akhirat !!! Dan rosulullah pun tlh mewanti-wanti kita agar kita menghindari bersafar pd wkt menjelang jum’atan serta di sunah kan bepergian pd hr kamis taw maksimalnya hr jum’at shubuh!! Saya lupa hadisnya…. ” saya juga dulu prnh mengalami hal seperti itu ,, kejadiannya pd thn 2009 lw gx salah ..ketika saya dr surabaya mw pulang ke pesantren di magelang ! Saya dr surbaya menggunakan bus patas po EKA berangkat jam 11.15 pd hr jum’at,selang 1 jam kemudian ,ketika masuk wilayah mojokerto , perasaan sdh gx enak seolah olah bakal terjadi sesuatu gx di inginkan ,, di tambah supir ugal2an kya’ kesatan ! apalagi di tengah perjalan bertemu dgn rival abadi ” po sumber kencono . Waduh … Tanda2 apes gw nih ! Singkat cerita , sang supir pun betot power bus semaksimal mungkin ,saya perhatikan jarum di speedo sdh mendekati angka 120 kpj ! Krn kebetulan saya duduk paling depan . Buseet dah ! Supirnya ngeblog abis !!! perasan takut saya semakin menjadi-jadi ! Akhirnya saya putuskan untuk pindah seat paling belakang . dan tdk lama kemudian muncul dr jarak kurang dr 200 m ,seorang pengendara sepeda motor dr gang ,menyebrang dgn asal nyelonongboy !bukannya langsung menyebrang , eh… Malah berhenti di tengah jalan sambil teriak gx karuan! Penumpangpun menjerit histeris seketika !! Kontan Sang supir ngerem mendadak busnya !!, krn sy ditengah seat paling belakang yg tdak ada pegangannya , saya pun terpental jatuh dan terseret dr belakang sampai jauh ke depan !! Alhamdulillah ,rupaya Allah msh selamatkan saya , para penumpang , dan si pengendara motor yg hampir naas beberapa meter lg di gilas oleh bus yg saya tumpangi !!! saya pun haya mengalami luka memar di bagian kaki dan tangan karena bertubi tubi terbentur dgn kaki seat penumpang yg ada di depan saya , serta luka di bagian kepala, karena beberapa koper penumpang jatuh dr bagasi menghantam kepala saya ! Walaupun begitu , saya tdk menyalahkan siapa2 ! Karena ini adalah teguran buat saya ,dr yg maha kuasa !! Dan saya tdk akan mengulangi hal itu lg …..

  20. lolipop berkata:

    wah kok tidur sih bro ..
    Sya klo lg diperjalanan susah bgt tidur bro , apalagi bus kotor dan tak nyaman itu .. Tp anehnya saat perjalanan selesai , eh malah ngantuk wkwkwk

  21. gogo berkata:

    ngeri dah, bener2 pengalaman berharga.. nice share.. smoga bus2 tak layak dan petugas korup segera di rongsokan..

  22. Over Gear berkata:

    kalau saya sebelum bepergian ada perasaan ragu-ragu atau was-was biasanya saya tunda. tapi kalau terpaksa saya mesti konsentrasi dan hati-hati berlipat-lipat serta tidak lupa berdoa.
    karena rasa was-was atau ragu tersebut saya rasakan seperti sebuah peringatan dari Tuhan.

  23. lovemybike berkata:

    titip artikel ga mutu aja, mohon bantuannya 😀

    http://lovemybike.wordpress.com/2012/03/02/bingung-milih-oli/

  24. vixy182 berkata:

    ragu2 lebih baik kembali 🙂

  25. @_purno berkata:

    kalo saya ke jawa lebih enak pakai kereta api, ngeri naik bis 😀
    tuker link nya http://www.twonovember.com/tukar-link/

  26. Mesin Kasir berkata:

    daerah sini emang terkenal dengan nama jalur tengkorak

  27. gaplek mania berkata:

    trayek dikampungbmemang banyak bus nggak layak jalan dipaksa jalan

  28. Black_Viper berkata:

    Dahlia indah isinya pedagang ma copet, kalo mau isinya anak kuliahan naek mira ma eka, kalo isinya campuran naek sumber kencono.
    Pernah naek dahlia indah sekali dari sragen ke solo marai misuh-misuh thok isine

  29. Blade - Crot it berkata:

    hadeeehhh, ngilu bacanya…

  30. Ping balik: Pengalaman dirawat dirumah sakit, “direp-rep” penunggu rumah sakit diNgawi-jawa timur | yudibatang personal blog

  31. willykk berkata:

    turut berduka broth.. memang makin banyak angkot/bus2 umum yg berbahaya 😥

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s