Tips menghilangkan kutil tanpa operasi, obat-obatan dan bahan kimia

Halo brother biker 😀 …Saatnya tulis artikel OOT dari seputar roda dua. Yups..yang namanya kutil memang bentuknya kecil, tapi kadang bikin risih bagi yang “terjangkit”. Apalagi bagi brother biker and sister yang masih sendiri, terutama yang cewek…wih.. bakalan hilang rasa percaya diri. Apalagi sikutil tumbuhnya dibagian tubuh yang mudah terlihat… isiiin :mrgreen:
Nah.. kali ini saya mau berbagi tips cara menghilangkan kutil tanpa operasi, obat-obatan dan bahan kimia berdasarkan pengalaman pribadi. Dulu..waktu saya kelas 6 SD, entah apa penyebabnya dilutut kanan saya tumbuh kutil, awalnya kecil dan sedikit…namun seiring berjalannya waktu, kutil-kutil tersebut tumbuh membesar dan jumlahnya semakin banyak. Bahasa Tegalnya “kemrotok” :mrgreen: Saya berusaha menghilangkan kutil-kutil tersebut dengan cara dicoak pake silet, namun tetep tidak bisa hilang. usaha lain dengan cara diberi cairan penghilang kutil, cuman mati sementara tapi tumbuh lagi. Saya hampir putus asa dan saya biarkan saja kutil-kutil tersebut.
Setahun berlalu, saya lulus SD dan masuk kesebuah SMP negeri dikampung saya, nama sekolahnya SMP N 1 Balapulang. Dalam sekolah baru sayapun bertemu dan berkenalan dengan teman-teman baru, salah satu teman baru yang saya kenal bernama Yasin dari Desa Banjaranyar, kecamatan Balapulang kabupaten Tegal. Nah.. Yasin ini yang memberikan ilmunya tentang cara menghilangkan kutil tanpa operasi, obat-obatan dan bahan kimia. Awalnya saya dan Yasin ngobrol-ngobrol diteras kelas dengan posisi jongkok bersebelahan. Disela-sela obrolan, Yasin memperhatikan lutut saya.. “Yud! kamu lututnya kutilan ya?” … saya menjawab “Iya Sin, sudah saya coba ilangin tapi tetep saja tumbuh lagi “. Yasin menawarkan saya tips untuk menghilangkan kutil tanpa operasi, obat-obatan dan bahan kimia. Sayapun dengan senang hati mendengarkan dan memperhatikan tips yang diberikan oleh Yasin. Ini tipsnya :

1. Sediakan 7 helai damen (batang padi), tapi saya menggunakan helai sapu lantai dari tangkai padi yang dingenggam jadi satu.

2. Tahan nafas dan dalam hati membaca Bismillah.
begini urutannya : Tahan nafas mambaca Bismillah sekali dan tangkai padi diusapkan kekutil.
masih tahan nafas membaca Bismillah lagi, tangkai padi diusapkan lagi kekutil dan seterusnya sampai 7 kali
(Satu kali tahan nafas, membaca Bismillah dalam hati dan mengusap kutil dengan tangkai padi sebanyak 7 x )

3. Waktu mengusap kutil pas Kamis malam Jum’at sehabis waktu solat maghrib

Setelah saya mempraktekkan tips dari Yasin, hari itu kutil tidak langsung hilang. namun berangsur-angsur tenggelam dan sekitar seminggu kemudian, kuti-kutil itu lenyap entah kemana.

Tips ini saya tuliskan dengan sebenar-benarnya, mungkin kalau ada teman-teman SMP saya yang membaca tulisan ini, pasti kenal dengan teman saya yang bernama Yasin. dulu panggilan plesetannya “Yansen” 😀

Semoga berguna 😀

Iklan

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , . Tandai permalink.

108 Balasan ke Tips menghilangkan kutil tanpa operasi, obat-obatan dan bahan kimia

  1. Ridwan berkata:

    dulu aq juga punya kutil. hilangnya stelah aq iris dengan silet habis gitu aq oleskan balsem geliga

  2. jaelan.. berkata:

    hihih….kirain artikel yg goib………
    tp lumayan tuh ilmunya…

  3. fitready berkata:

    Yansen, yang mbantu tony stark membuat baju iron-man yach,,,
    OOT mode: ON

  4. kudalumping berkata:

    lho. Ko ganti kenean owm.
    Ndi seng miris2e
    :p

  5. Sendal.bolong berkata:

    kalo untuk yang non ,gimana gan?
    maaf no sara.

  6. dhonie berkata:

    untung sawa gak punya kutil

  7. adam berkata:

    om,, yen panu ngarti ga cara ngilangine ?

  8. mason berkata:

    hubungan ama malem jumat apaan coba?

  9. Yoshi berkata:

    di antara ratusan postig di blog yudibatang ini,
    kayanya baru post ini yang benar-benar bermanfaat

    #kaboooooor

  10. Medium berkata:

    untuk andeng2 gimana ya :mrgreen:

  11. dowey berkata:

    disetrika aja…. :gore:

  12. redcowboy berkata:

    kalo ane, saya kasih deterjen om… bisa sembuh dalam 3-4 hari kutil akan kering dan mati. setelah 1 minggu akan mengelupas dan lepas dengan sendirinya. apalagi setelah cuci baju ato cuci motor om, pas si kutil njebebeg (jawanya medhok)
    :pengalaman pribadi hehehehehe

  13. james berkata:

    dulu ane pas SD juga pernah punya kutil di dengkul…ga pernah diobatin, cuma di cungkil2 pake kuku setiap hari yang sering…awalnya sakit, tp lama2 biasa, kalo ga keras2 garuknya kurang afdol, sampe kira2 seminggu krn di cungkil2 terus, lama2 bernanah, jadi kaya koreng…krn udah kebiasaan, cungkil mencungkil jalan terus, sampe nanahnya pecah. itu terjadi beberapa hari, sampe suatu hari gatel bgt, dgn gemes ane garuk, eh nyoplok, dan bekasnya ga ada luka menganga, malah mulus aja, ga tahan dia di garukin terus…pernah yg rada ekstrim, mata iklan di kaki, kalo jalan berasa ada batu didalam kulit, ga nyaman bgt, eh lama2 timbul kutilnya. krn kulit telapak kaki dibawah tumit tebel, dan akarnya dalem, susah kalo pake metode garuk, akhirnya daripada kesiksa terus, sekeliling kutil ane “gali” pake gunting kuku, trus pake jari digoyang2 sampe keluar darah banyak…krn lama dan sakit, ane kesel juga gan, ane ambil gegep/kakatua/catut. ane capit tuh kutil pake catut, trus ane cabut dgn cara goyang kiri/kanan, semakin darah mengucur gan, sakit tapi gatel…sedkit2 kecabut, akhirnya catutnya ane plintir dgn keras, aga dikagetin gitu, sambil dicabut, dan alhamdulillad kecabut dgn akarnya yg besar beberapa buah dgn meninggalkan lubang sebesar kutil dan berdarah…serasa nyabut singkong yg guede dah…sakit, darah mengucur sebentar, pake hansaplas, beres dah…besoknya luka kering dan sampai saat ini ga kambuh lagi. amit2 jabang bayi deh kalo mata ikan mah…

    • ASHTER berkata:

      ekstrim banget broww..
      ane juga pernah punya pengalaman brow tentang kutil, kutil ane dulu ane papas bahasa kerenya mutilasi pakek silet. darahnya kluar bnyak bnget brow sambil nyengir2 gtu nhan sakit.. setelah copot yg bagian tonjolanya kan kelihatan kya akarnya tuh brow, trus ane tetesin air aki bekas motor brow ( nih di kasih tw orang tua tetangga saya ) yaa ampun broww rasanya amit amit jabang bayi.. dehh.. tapi 1 minggu kemudian rontok tuh kutil wkwkwkw berkat bekas aki motor mujarab

      ini kisahku, kamuu? hehe

    • putu jodi berkata:

      Gan ane juga kena mata ikan nih di telapak kaki bagian tengah, kemaren sih udah ane silet, tapi sakit banget gan dan sekarang juga masih ni mata ikannya. Agan bunya tips gx buat ngilangin mata ikan tanpa harus ngerasaain sakit.?

  14. Lisnia berkata:

    Bagus juga tips cara menghlangkn kutil dg cara alami, aq jg punya kutil di jari tlunjuk knan,trus aq sring di kupasi tapi ttep aja tmbuh lg..

  15. Lisnia berkata:

    Bagus jg tipsnya mas yudi

  16. raya berkata:

    resep tradisional untuk basmi kutil sebenarnya mudah, cuma kapur sirih (bahasa inggrisnya injet) dicampur sabun apa saja, ditempel ke kutilnya. biasanya kutil akan rontok setelah beberapa hari..

    • biker ngonthel berkata:

      baru tahu saya, kalo injet itu bhs.Inggris :mrgreen:

      • ganaspatie berkata:

        kapur yg buat bangunan juga bisa, yg udah adem bekas di siram air,
        campur sama sabun dulit, langsung kayak bolu kukus tuh kutil, merekah dan copot sampai akar-akar nya.

        saya udah coba waktu tahun 1994 tan, gak bakalan tumbuh lagi

    • ganaspatie berkata:

      dan yg penting gak sakit, sehari langsung copot.
      tapi bekas luka nya lama sembuh nya. soal nya copot sampai dalam (kayak sumur) bekas akar nya (lebih sebulanan daging nutup lagi)

  17. raya berkata:

    setahu saya, sapu lantai seperti itu terbuat dari bunga glagah, bukan dari damen padi..

  18. johan berkata:

    artikel ringan,bermanfaat,dan fenomenal! mahasiswa S3 kayaknya perlu baca ini… utk bahan jurnal ilmiah international,hehehe…

  19. raja berkata:

    pake plester cina gan buat ngilangin kutil & mata ikan,,,ane dah coba,, seminggu copot sampe ke akar2nya n ga tumbuh lagi,,, dijamin,, belinya di toko obat cina,,pasti ada,,

  20. bcellcibitung berkata:

    pernah nempel 1 bj di ibu jari kaki, waktu itu saya coba bbrp kali scan pake scaner komputer, dlm waktu 1 minggu akar” yg di dlm berubah warna jd hitam & bagian kulit luarnya jd keropos, hingga bersih tanpa membekas

  21. az3angle berkata:

    cara ngusapinnya gimana mz????kasih ilustrasi donk biar tmbah jelas

  22. zhe berkata:

    Jan medeni nemen sing arane kutil. . .
    Ya allah moga2 terhindar dari pnyakit itu amin. . .
    😀

  23. ridertua berkata:

    artikel berhubungan dengan R2 nih… kalau melanggar pasti KUTILang… :mrgreen:

  24. ridertua berkata:

    tampilin di youtube dong omm 😆

  25. wardiyanto berkata:

    kutilnya di dekatkan bangkong juga takut/hilang.

  26. satria biru berkata:

    klo ane pake sabun batangan dibakar pake lilin ampe sabunya agak panas trus diolesin ke kutilnya. beberapa hari kemudian kutilnya mengeras trus copot.

  27. andeeekkkkk berkata:

    wauuu….kerentt….jd pingin punya kutil biar bsa buktiin nie resep hahaha hiiiiii

  28. DOnii berkata:

    ane juga pernah ada gan di tangan gni ni, wktu itu kan umur 13an lahh, ane plng dri sklh, ane lapeer bnget eehh gk ada nasi lagii, ya udh ane beli mie indomi, ma ane rebus tuh mi ampe mateng, kan ane bkin pakepanci, pas mateng ane angkat ajah tu mie, eee pas mau di tuangin ke mangkok, ade gw mukul panci’y gra pake pedang”an dia kan baru 2 thun tuh, wa jadi smua tumphkena tangn, waaaa panas banget lahh apalgi kna kutil lgii….
    ya akhirnya gwe takol aja tuh adi gwe. wkwkwk

    Ini deritakuu, apaaa Deritamuuu?

  29. lovelify berkata:

    Coba pakai daun kemangi..
    caranya daun dihaluskan cukup pake jari tangan lalu tempelkan ditempat kutil insya allah sembuh lakukan selama 3 hari berturut2…

  30. ahmadsaefullah berkata:

    apapun caranya semua adalah ikthiar,kesembuhan punya ALLAH SWT..

  31. ahmadsaefullah berkata:

    dan semua harus di coba..thanks bro atas semua saran n tipsnye.

  32. Saya juga punya tips cara meng hilangkan kutil,,,,tp cara saya sangat ekstrime cara nya,ambil batu es lalu si batu es taro di atas kutil sampe rasa kutil kalau di cubit gk berasa lalu kalau sudah tidak berasa lalu ambil gunting kuku potong lah kutil tersebut dengan gunting kuku dan nanti gk berasa sakit namun sesudah rasa ba’al nya hilang berasa lah sakit nya tapi yakin di jamin mujarab pasti ilang tuh kutil soalnya pengalaman saya kayak begitu selamat mencoba….

  33. sama saya saya kasih obat calllusol di apotik dgn harga 30000
    obat nya kcli tapi manjur saya mempunyai 13 kutil tangan kiri 3 tangan telunjuk 2 kaki 3 jari kelingngking 10
    kutil saya sekarang tinggal 3 lagi saya sudah bosan pke calllusol karena perih

  34. Gareng Rengga berkata:

    Semua cara diatas beberapa sudah saya coba, tapi tuh kutil msh tetap nempel di tangan saya……..

  35. Santi.50 berkata:

    Pake kapur sirih campur dgn sabun colek 1:1

  36. coconias berkata:

    buset,, bisa begitu ya? 😀
    ntar ane cari deh yg punye kutil buat praktekin nih artikel hihihi

  37. hadi berkata:

    Percaya atau tidak….setelah baca artikel ini beberapa bulan yg lalu….ternyata BERHASIL/SUKSES…..Alhamdulillah……walaupun tidak dalam waktu 2 minggu.
    ane praktekkan dlm waktu 1-2 bln berangsur2 hilang 2 kutil yg ada di jari tangan kiri dan kanan.
    Thank’s mas bro……

  38. Ping balik: Alhamdulillah…artikel tentang meghilangkan kutil sudah ada yang berhasil membuktikannya | yudibatang personal blog

  39. adipatigsp7 berkata:

    sip inpo nya mas ,, dulu waktu kecil temen2 menghilangkan kutil dengan cara di potong terus di beri air aki,, jangan di tanyaperihnya,, dan yg pasti bekas item gitu

  40. jozz berkata:

    pengalaaman pribadi broo.
    ane wktu sma pernah ada dua kutil di jari teunjuk sebelah kiri, pernah ane iris pake silet ampe akar2nya..sakit, perih bnagetn darh mengucur keluar bnyk bnget. tapi setelah beberapa minggu tumbuh lagi. ane sempat kesel ma tukul kutil.tiap hari ane gigitin tu kutil, tapi malah tambah gde ja dya.
    nah. pas lebaran ane pulkam. n dikasih tau ma sepupu ane cara ngobatinya. caranya, di sundutin aja pake rokok, hari pertama terasa pns, hri k2 gk terlalu pns, hr ketiga, angaet doang, nhari ke 4 rasanya hatel2 aja. itu berarti kutilnya dah mati ampe akar2nya. dijamin kaboor n gak balik tu kutil.

  41. Indri berkata:

    Umh.. Memang ini fakta,, umh.. Ntr mlm la q coba.. Tpi benerkan ni gk jalan yg sala..
    Huc.. Q pengen banget kutil ku ni lenyap.. Krna q takut ,, ud berbagai obat q coba, tp gk bersahil.. Sumpah aku takut banget..

  42. Munandar berkata:

    Ini lain lagi menghilangkan KUTIL…….semasa SMA aq ada kutil di jari…tiap di iris pake silet nongol lagi…..trs aqu coba pake plastik yg dibakar dan tetesan plastik aqu teteskan pas kutil tadi….dan esoknya kutil kucabut…..sungguh mantab….kutil beserta akarnya keangkat dg mudah dan tdk sakit
    …”sembuh deh”……

  43. Dimas berkata:

    Ijin bookmark ya… 🙂

  44. ahmad berkata:

    saya pernah punya kutil di jari kaki dan tangan, lumayan banyak deh pokoknya…

    cara ngilanginnya ternyata mudah gan: olahraga…
    kalo mau tips lebih detil nya boleh email saya aja di: ahmad.madicken@gmail.com

  45. sha-asa ginting berkata:

    cara na lumyan aneh jga y

  46. andree berkata:

    coba pake air aki..tusuk2 atau lukai sedikit kutinya, lalu teteskan air aku diatasnya (jangan melebar ke area sekitar kutil, karena kulit akan menjadi gosong)lakukan sehabis mandi dan saat mau tidur..2 hari kutil akan rontok dan hilang.

  47. wildan berkata:

    waaaaahhhh……. hrs sedia air aki nih klo mo tdr brooo,,,,,

  48. gundamz berkata:

    Suer…artikel plus komennya bikin ai ngakak guling2 ampe nangis.Bini jg bingung liat suami bntar2 liat hp,bntr2 ngakak..dbilangin gendheng…byk pahala mas yudi…salam dr wong cherbond

    • dedy berkata:

      satu lagi nih pengalaman memiliki kutil diare kaki manjur dan cuma hari itu langsung kecabut kutilnya.disundutin aja pakai obat nyamuk bakar.caranya ambil obat nyamuk bakar kira2 sepanjang 2 cm bakar lalu sundutin tepat diatas kutil kalau dah terasa panas lepas dan ulangi beberapakali.nanti tuh kutil atasnya akan agak keras dan pipih tapi dibawahnya akan berair setelah cukup lunak tinggal ambil aja tuh kutil dengan kuku.dijamin langsung kecabut tuh kutil keakarnya saat itu juga..sedikit sakit sih tp tidak menunggu berhari2.

  49. Wahid berkata:

    Ntar ane akan bikin resep, 99 cara hilangkan kutil dgn cara ekstrem..

  50. Korban Kutil berkata:

    Kutil itu sejenis JIN atau apa ya?
    kok pake mistik2 segala

  51. tgh berkata:

    pengalaman pribadi & terbukti berhasil : buka ( diiris atau garuk pakai kuku tangan ) lapisan kutil bagian atas untuk membuka pori-pori (kutil), ambil buah pepaya yang masih muda (kecil), teteskan getahnya pada lapisan kutil yang sudah dibuka tadi. ulangi 2 atau 3 kali. InsyaAllah sembuh

    • gede berkata:

      baru setahun ane susah jg ngilangin kutil di lutut sebesar buah kemiri,….( sebesar batu salak) itu membesar gara gara gue pake mainan dicungkilin tiap hari, udah beberapa tip gue coba kagak ada hasilnya, Tip gue bawa ke RS kulit kebetulan dokter kulitnya cantiiik banget gue rella lutut gue di solder alat listrik panas baunya kayak membakar daging gue ga peduli di apain lutut gue yang terpenting gue bisa melirik dokter kulit yang cantiiik merawat gue, al hasil luka baru sembuh 2 bulan,…….

  52. Rahman berkata:

    Halo mas bro slam knal gua kls 2 smp di riau

    saya dulu pernah terkena kutil pas kls 1 smp pas itu saya malu tkut keliatan tmen” 1 skola pas dirmah saya garuk pke kuku ampe kluar drah tpi msih dkit .besok nya saya gunting pake gunting kuku selama 1 minggu tpi ga ilang” jga ni ktil bkin saya kesel lalu saya ksi kapur sirih saya campur sabun mandi saya bkin tuh kek kue selama 1jam .lalu esoknya ga ilang” jga sangkik keselnya tuh kutil saya bakar pake pancis(ato koreng api) ampe item tangan saya berdarah tpi saya ga perduli karna keselnya pas berdarah itu saya kasi deterjen lalu kasi cuka lalu saya campur dan saya ltaki tuh kutil ke campuran cuka dan deterjen saya biarin selama sekitar 3jam. Saya kira ga ilang tuh kutil rpanya udah kabur pas besoknya saya pun senang gan bisa berhubungan dgn tman” saya tnpa rasa malu lagi

    itulah nasib parah gua ygmw ikuti than ya sakitnya tpi dijamin ampur merampuh dah……

  53. Rahman berkata:

    Thanx ya infonya baru” ni ad kutil di tangan kri karna ksel dan malu tuh kutil ku ptong dgn spit kuku lalu ku olesi balsem lakuin 4x aj udh kaborr tuh kutil karna kepanasan ……….

    2.ambil cuka lalu botolnya celupi ke tangan yg ad kutil lalu gesek” pake handuk lakuin trus langsung kecabut tuh tpi sakitnya jgn ditanya klo ga kuat nangis aj ……

    Orr koment dah bkin stat yg lebih ampuh lgee

  54. heni berkata:

    maaf ya, aku kurang setuju. kenapa harus ada tahan nafas, baca bismillah sekian X, & pda malam jumat? gak logis banget… ntar bisa-bisa malah jadi syirik…

  55. 4nd1st berkata:

    Salam kenal Mas Yudi.
    he he he… kutil ya … gituuu ajaaa kok repot….:)
    nih cara yg paling sederhana … n mudah berdasarkan pengalaman sendiri, ambil kaca pembesar… trus kluar rumah dech jam 11 siang,nah tu kutil dilaser pake kaca pembesar dibawah terik matahari sampe ngebuuullll kayak bau singkong bakarrr…he he he…waduhhh … jadi inget cerita horornya Mas Yudi dech.memang rasanya panas tapi cepet sembuh kok dijamin cuma 3 hari KUTIL jadi keras klw mo langsung ilang digunting aj tpi disterilkan dulu,bisa juga coplok sendiri.
    moga berguna.thank`s.

  56. k1k4 berkata:

    Pake Callusol. Kutil yg diolesi callusol tsb hrs ditutup kapas dan dibalut dgn micropore. Ulangi terus pemakaiannya setiap hari dan jgn lupa kapas & microporenya juga harus diganti setiap hari. Cara ini gak bisa instan. Berdasarkan pengalaman gw, dibutuhkan waktu 2 bulan-an sampai sembuh. Dan hasilnya bagus dari pada di laser atau di kauterisasi (ada bekasnya).

  57. Ujje matsa'i berkata:

    Mksh byk gan, tips ente sngat brguna bwt ane yg m’mg saat ini msh pnya kutil yg ga kunjung hilang….

  58. si kutilan berkata:

    lo lo pada enak mas bro punya kutil gak kaya KUTIL gue..lo smua gak KUTIL AKAR tp kutil biasa/mata ikan..klw cara dari sekian bnyk yg di atas BASI mah bosan gax guna ama KUTIL gue.
    nich KUTIL gue KLIATAN akarnya BNYAK ddlam TP YG BLUM SAYA coba DR coment’diatas cuma GETAH pepaya YG BLUM…moga”ilang….
    baguslah klian gax punya KUTIL kyk KUTIL gue…klaw tidak lo prustasi n BUNUH DIRI…
    Kacian awag nie….dah 20 thun MSIH kutilan….

  59. novi berkata:

    yg paling manjur adalah pakai sabun colek ama kapur sirih…
    Kedua bahan itu di campur beri sedikit air.. Oles kan campuran bahan tadi ke bagian tubuh yg ada kutilxa….. Jangan terlalu banxak cukup 3 tetes per kutil…. Kalau terlalu banyak bisa bahaya untuk kulit… Setelah setengah jam bersihkan pakai air… 5akukan tiap hari sampai kutil kering …. Di jamin akan mati sampai akar akar xa….

    Sudah terbukti

    • Vilenox berkata:

      wahhh ini cara yang menyiksa mbak… hedehhh sabun colek + kapur sirih dulu ane coba pake cara ini gk perlu harian, cuma 5 menit kurang langsung copot tuh kutil… tapi rasanya… halah2… bisa kejang2 wakowakwa

  60. dora berkata:

    Yg blum tw kutilan pgn kutiln y hhh

  61. harga kapur sirih berapa sich..?

  62. ibnu berkata:

    itu serius …kutilnya lenyap..?

  63. trieznae berkata:

    Mau nyobaa ahhh

  64. Ping balik: Cara Menghilangkan Baju Warna Kena Luntur - Fashion Tips Up To Date

  65. Ping balik: Cara Menghilangkan Baju Yang Terkena Lunturan - Tips Fashion Terkini

  66. Ping balik: Cara Menghilangkan Baju Yg Terkena Lunturan - Tips Fashion Terkini

  67. Ping balik: Cara Menghilangkan Baju Kena Lunturan - Tips Fashion Terkini

  68. Ping balik: Cara Menghilangkan Kelunturan Baju Warna - Tips Fashion Terkini

  69. Ping balik: Tips Menghilangkan Baju Yg Kelunturan - Tips Fashion Terkini

  70. Ping balik: Cara Menghilangkan Warna Baju Yg Kelunturan - Tips Fashion Terkini

  71. Ping balik: Cara Menghilangkan Baju Yang Kelunturan Warna Lain - Tips Fashion Terkini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s