Mengenal Kampas rem cakram, yang aus dan yang baru

Halo brother Biker πŸ˜€ …. Artikel ringan pengisi kekosongan menjelang artikel horor nanti malam :mrgreen: . Yups.. Kampas rem cakram..Bagi biker yang sudah lama jam terbang ridingnya, biasanya akan bisa merasakan bila kampas rem cakramnya sudah aus dan minta diganti. Nah..bagi biker pemula,kadang-kadang tidak menyadari kalau kampas rem cakramnya sudah aus dan minta diganti. Hingga sampai terjadi kampas rem habis dan yang mencengkeram piringan cakram hanya tinggal besinya saja πŸ˜€ . Nah berikut ini poto penampakan kampas rem cakram yang sudah aus dijejer dengan kampas rem cakram yang masih baru πŸ˜€

Ketebalan kampas rem cakram yang masih baru kira-kira sekitar 5-6 mm. sedangkan kampas rem yang sudah aus kira-kira ya hanya tinggal besinya sampai 1 mm CMIIW πŸ˜€
Untuk menghindari masalah lupa mengganti kampas rem cakram yang sudah aus, sering-seringlah kita cek ketebalannya. Untuk masa pakai kampas rem cakram, setau yudibatang belum ada patokan pasti.. karena awet dan enggaknya kampas rem cakram tergantung dari cara berkendara ridernya πŸ˜€

Semoga berguna πŸ˜€

Iklan

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Pos ini dipublikasikan di Hiburan, Info parts motor, Tips sepeda motor dan tag , . Tandai permalink.

30 Balasan ke Mengenal Kampas rem cakram, yang aus dan yang baru

    • Redribbon Army berkata:

      lho… motor saya dari baru sampe sekarang cakramnya bunyi sring 2… trus motor yang lama dari tahun 2000 ya bunyi sring 2 kalo roda diputar…. (jadi bingung)

  1. Ridwan berkata:

    kalo saya patokan celahnya habis brati waktunya ganti om…

  2. nice inpo mas yud… πŸ˜€

  3. Aa Ikhwan berkata:

    sip..ajiib

  4. Imouto berkata:

    hehehe jadi keinget motor lama. koq lama kelamaan enak gini ya remnya, pakem abiss. mulai lah berulah, coba2 late braking. seminggu berikutnya pas week end mampir deh ke bengkel bwt serpis rutin. lhadalah :

    mekanik : mas yang punya motor ini, hayoo sini…….
    saya : ada apa mas ? (kepala dah penuh tanda tanya)
    mekanik : mas nih rem depan ganti saja ya, dah kemakan nih piringannya
    saya : he ?
    mekanik : coba deh diliat piringannya bagian dalem, ada alur goresan yang mayan dalem soalnya, tuh liat kampasnya dah keliatan besinya.
    saya : waduh cekung disk nya, ya dah ganti saja deh (wogh pantes menggigit, kemakan ternyata disknya)

    • joko berkata:

      biasanya karakter rem cakram pakem di akhir usia itu terjadi pada motor honda,,kalo kampas masih tebel gak begitu pakem dibanding yg akhir.
      entah mas ini pake motor apa… tapi biasanya gitu tuh.

  5. beckhem berkata:

    weleh…..berati semakin habis kampas rem….semakin pakem…?horor…

  6. nanared berkata:

    ganti jangan2 tanggung2,yang orisinal.. daripada ngincar murah tapi yang habis malah piringan cakram… kampasnya awet malahan
    *pengalaman pribadi :mrgreen:
    http://nanared.wordpress.com/2012/05/23/musim-layangan-tibabiker-musti-ekstra-waspada/

  7. kudalumping berkata:

    kampas reme Yamaha luarang je. Tobat @.@

    • hi hi hi berkata:

      bener bro, tapi mending yg ori, pernah beli abal-abal malah gak ngiigit, mending bandingin harga di beberapa bengkel. mx gw satu bengkel ada 90, trus pindah lagi ada yg 75 sama sama ori.

      • kudalumping berkata:

        he eh owm. Katanya yang murah buatan Thailand (yg wadahnya biru), kalo yang merah agak mahalan..
        entah Thai beneran apa ga. :p

        Ane kemaren mau ganti pas kosong.. Jadi kepaksa pake Indopart. Masi enak2 aja πŸ™‚

  8. wishnutriwibowo berkata:

    nambh lg ilmu.. nice share. titip jemuran…

    http://wishnutriwibowo.wordpress.com/2012/05/24/inazuma-vs-ninja/

  9. andy berkata:

    nanti malem artikelnya tentang apa mas?

  10. sssrrrriiiiiiiiiiiiiiing……sssrrriiiiiiiiiiiiing…. begitulah bunyinya kalo kampas udah habis….besi pembatas udah kena piringannya πŸ˜€

  11. Irfan Vixigraphy berkata:

    pernah kampas rem abis kok malah lebih pakem,. hehehe,.

  12. mas wahyu berkata:

    sip,sawa 6 bulan sekali untuk depan,1thn sekali utk belakang

  13. kisalim berkata:

    di tunggu ni mas cerita seremnya apa lagi.. newbie mohon petunjuknya..salam kenal…

  14. kankkunk berkata:

    kira-kira kalo berdasar kilometernya, tiap berapa kilometer ya mas?

  15. sinbe berkata:

    Manggut manggut aja sambil nunggu yg horor2 :mrgreen:

  16. Gogo berkata:

    klo dah ga enak, rutin ngecek ketebalannya.. siip infonya.

  17. si Oom! berkata:

    bisa diintip ketinggian oli remnya oom, buat yang males jongkok-jongkok πŸ™‚

  18. eko susanto berkata:

    waktu itu pernah sempet bunyi “sring” sedikit,trus gw ganti kampas depannya,tp ko’ udah d ganti tuh kampas,pas roda d dpn d puter malah lebih parah lg tuh bunyi “sring-sring”nya,knp yah bro

  19. Zukri berkata:

    Bro, ada yg pernah pake R*MBrak* nggak ya? Temen yg di Bogor, ngomongnya awet sama empuk?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s