Motor anda diservis “kroyokan”? anda harus lebih waspada dan teliti

Halo brother biker ๐Ÿ˜€ … Satu lagi dapat pengalaman berharga yang saya alami hari kamis pagi kemarin. Maksud hati mampir salah satu beres diCirebon hanya ingin menanyakan sedikit problem pada motor. Air radiatornya rembes dibaut silinder blok. Setelah dicheck sama mekanik, beliau menyarankan dibongkar saja. Ya..wis lah..sayapun nurut ngikutin saran mekanik. Motor langsung naik ke “meja operasi”. Karena hari itu orang yang nyervis motor sepi (katanya karena pas tanggal tua), mekanik-mekanik yang junior pada ikut bantuin..motor sayapun diservis “kroyokan”

Singkat kata setelah ganti gasget dan lubang baut silinder blok diberi sealer, mekanik dan krunya segera memasang kembali silinder blok dan silinder head. Setelah membayar ongkos servis, saya segera bergegas mau menuju tempat kerja. Tapiii…baru dibawa jalan seratus meter, motor terasa bergetar hebat!!.. โ€œwaduh!!..motor kok jadi ada fitur vibratornya!? โ€œ. Saya segera putar balik kembali menuju beres. Saya komplain kemekanik tentang โ€œvibratorโ€ dimotor saya. Simekanik segera mengecek ulang motor.. ditemukan satu kelalaian krunya, memasang tutup radiator kurang pas.
Setelah selesai, motor saya tes kembali. Ternyata problem getar masih belum hilang!! Saya komplain lagi kemekanik dan minta dibongkar ulang. Mekanikpun menurut dan mulai melepas sroud dan tangki… Ternyata sumber penyakit getar ketemu… gara-gara salah satu kru lupa mengencangkan baut pengikat mesin kesasis !! Waduh..untung saja belum jauh… Mekanik menyadari kesalahannya dan meminta maaf kesaya, beliau beralasan karena lupa mengecek ulang hasil kerja krunya.
Jadi..bila kita menyervis motor kebengkel dan dikerjakan โ€œkroyokanโ€, kita harus lebih waspada dan lebih teliti. Oh..iya..saya mengikuti proses pembongkaran mesin dan perbaikannya. namun ketika mesin dipasang kembali, saya tidak mengikuti..yah..saya pikir tinggal masang doang. ternyata kelalaian ada pada proses pemasangan mesin.

Semoga berguna ๐Ÿ˜€

Iklan

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

54 Balasan ke Motor anda diservis “kroyokan”? anda harus lebih waspada dan teliti

  1. ipy berkata:

    buat praktek bljaran itu pak….

  2. Geon,.. berkata:

    wahhh bener bgd itu om yud…. kroyokan gak teliti.. motor sya prnah di keroyok,ehh pegangan rante keteng gk di pasang. surammm ๐Ÿ˜€

  3. ax125 berkata:

    Piksenya di rewo :mrgreen:

  4. Maskur berkata:

    nek keroyokan Kuntilanak?

  5. fresh and fresh berkata:

    wah bahaya, bisanya maen keroyokan,

  6. sinbe berkata:

    Salah satu alasan saya males ke bengkel ya itu, mekanik yg junior2 pada kurang pngalaman.

    • Roy Gracie berkata:

      motor gw juga waktu ke beres begitu pertama x beli… ama bokap akhirnya dibawa ke bengkel tetangga… hadeeehhhh….

      anak stm biasa praktek… tuh kripton dirumah jadi bangke ama ade di pake praktek…
      tapi pas sekarang dah bisa… temen nya di bore up malah ama ade… wkwkwkwkwkwk…

      vega bore up 150cc… edannnn…

      :mrgreen:

  7. absoluterevo berkata:

    abah ko tidak ada cerita horonya bah? Padahal ini malam jummat bah ๐Ÿ˜€

  8. dowey berkata:

    digawe bancakan…

  9. Aa Ikhwan berkata:

    Hmm ajiib..persiapan test top speed nih ๐Ÿ˜€

  10. heaven2000 berkata:

    piksen’e mas yudi di gangbang…
    hehehehe…

  11. Ad berkata:

    Servis di beres kadang ky gt.. Kesannya terburu-buru karena banyak yang ngantri..

  12. fitready berkata:

    Sama mas, pernah jg servis mio kya gitu ceritanya haduuhh… jd gak percaya deh ma tuh beres.

  13. rusmanjay berkata:

    dipake praktek siswa PKL

  14. Ridwan berkata:

    waduuuh…..
    malpraktek dong…

    xixixixixi… ๐Ÿ˜€

  15. andhi_125 berkata:

    perlu diawasin lebih kalo ada mekanik junior…bukan-nya gak percaya, tapi pengalaman kayak mas Yudi beberapa kali saia dapet di beres AH**S juga

  16. sabdho guparman berkata:

    ane malah lebih parah om, baut olie lupa gak di kencengin . . . hasilnya turun mesin dah di alas roban ( waktu masih pake supri 125 )
    sejak saat itu aku gak percaya 100% pada mekanik beres ahass

    keep brotherhood,

    salam,

  17. DOPER berkata:

    Pengalaman berharga… Nice info ๐Ÿ™‚

  18. nunk@iman berkata:

    parah amat…
    waspadalah….

  19. Setuju masbro. Saya pernah mengalami juga apalagi bukan di bengkel resmi. Maksud hati hanya memperbaiki si A tapi malah macam2 tambahannya, lagipula orang2 tersebut menangani bermacam2 motor sekaligus. Kerjakan ini lalu ditinggal, nunggu sparepart, kerjakan yg lain dst. Akhirnya saat saya pulang kerumah terdengar bunyi aneh. Dan saat saya bongkar sendiri bagian mesin di kiri depan (as rantai) ternyata ada yang belum dikencangkan. Astaga. untung sekali saya bisa pulang dengan selamat.

    Pelajaran besar. Lebih baik ke bengkel resmi namun tetap perhatikan juga, toh manusia tak ada yang sempurna. Saling mengawasi dan mengingatkan agar sesuatunya bisa lebih baik.

  20. Aank Wijaya berkata:

    bahaya banget kalo sampek di service pake cara keroyokan kayag gitu..
    bukannya malah baik ntar malah kacau dan banyak barang yang ditukar..
    dimana itu????
    serem banget yaakk..

  21. nlavia86 berkata:

    sayangnya di kawasaki solo pasar kembang kita ndak diinjinkan liat prosesnya- cuma boleh liat kalo dipanggil ma mekaniknya T_T

  22. lare berkata:

    tetep luwih becik ke bengkel resmi, ngomong sama mekanik kepalanya, “saya mau sama mekanik ini aj (si a ato si b gitu), terus nyerpisnya jangan di keroyok… kalau dah punya langganan mekanik beres, saat datang di serpis berikutnya, mekaniknya dah tau aja tu…

  23. whitesmilee berkata:

    nggo ajang latihan mekanik2 junior, parah bahaya banget tu sampai bisa lalai gitu

  24. Yoshi berkata:

    lha ini beres apa gak pake SOP ?

  25. redcowboy berkata:

    satu untuk semua…….
    jangan sampe motor ane di gilir kayak gitu. ๐Ÿ˜€

  26. ascard berkata:

    Untung belum jauh ya mas, gak kebayang pas lagi riding mesine lepas …

  27. bengkel sahabat berkata:

    wa..bener tu..harus pilih-pilih tempat klau mau servise…infonya mantap gan.. izin nempel link ya.. http://bengkelsahabat.com

  28. terapi psikis berkata:

    wa.dulu aku jg sering mengalami kayak gitu….mau gmn lagi gan itu jg ya..buat memupuk bibit2 anak muda..ha.a.aa.aa..a.a

  29. bengkel sahabat berkata:

    wa..memeng harus pilih2 tempat servis gan… jgn salah pilih..hee..e.e.e.e izin nempel gan

  30. har berkata:

    Saya gak pernah servis kendaraan di bengkel mas Yud, motor baru pun servis gratisnya tak abaikan cuma ambil oli gratisnya doang ( prinsip saya setelan pabrik lebih bagus dan akurat). Klo ada trouble bongkar sendiri malah lebih puas…

  31. basri berkata:

    Itu namanya kelalaian, ada juga lainnya yang juga perlu di waspadai, seperti mekanik yang nggak jujur pada konsumennya. Saat terjadi keluhan pada sepeda motor yang sebenarnya cuma masalah ringan tapi mekanik memvonisnya lain, misal cuma mbrebet dikit tapi mekanik memvonis CDI-nya rusak dan perlu di ganti, konsumen pun keluar biaya banyak untuk membeli CDI baru yang mahal. Kemudian CDI yang di vonis rusak di simpan sama mekanik di ganti sama CDI yang beneran rusak untuk di bawa pulang sama konsumen, tentunya penukaran tersebut tanpa di ketahui konsumennya.
    Waspada gan, dan harap maklum karena mekanik beres bayarannya sedikit, hanya di kasih beberapa persen dari biaya servis.

  32. anton nugroho berkata:

    analisis pertamanya lucu juga ya, motor getar karena tutup radiator kurang pas masangannya? ayo thole, jaos, nobita, piye iki mekanikmu?

  33. Bagoes Laveey berkata:

    Mas Yudi , Kapan-Kapan keluarin postingan tentang Happy Nexium 150R yang Katanya mirip-mirip CBR 125 yah ?

    Ditunggu . ๐Ÿ™‚

  34. asus berkata:

    untung bukan dikeroyok lelembut ๐Ÿ˜€

  35. fnaufala berkata:

    wahh untung g di keroyok massa um yud,, :mrgreen:
    kalo q pernah tutup tangki lupa di tutup sama mekanik, baru ketauan pas di rumah,,

    zrriders.wordpress.com

  36. Gogo berkata:

    busyeet..untung gak sampe rogol tuh mesin. hal kecil bs jadi besar..

    tak ad mekanik yg smpurna..

  37. tyankmbatang berkata:

    Kalau saya menolak dengan tegas..
    Bisa-bisanya bengkel resmi mempekerjakan anak yang baru training…
    Mekaniknya mau enaknya aja…
    Maunya motor mau diservis..eh malah ancur…

  38. kudalumping berkata:

    woh.. . ๐Ÿ˜ฎ

  39. si bos berkata:

    jgn mengejek mekanik training lu besok klo kerja pasti training dulu dah . gw aja perna blajar mesin training dulu . skrg dah lancar karna training namanya mekanik junior ada” aja . orang mo bisa & lancar pasti blajar dulu . lu bakal jilat ludah lu sendiri klo coment kek gitu . bukan offense yah hanya saling mengingatkan – masa sama” bangsa sendiri saling ejek

    • ipunk berkata:

      bener tu masBro! gada orang lahir langsung mahir n pinter smua berawal dari belajar! klo ada salah ya wajar namanya juga belajar!… gmna klo hal itu terjadi sama yg komen negatif diatas?… mau ga disalahkan?…

  40. Asasi berkata:

    makasih mas atas infonyaa,,

  41. kenthoet berkata:

    wah apa nggak di cek ulang sama Chief Mekanik nya sebelum motornya di serahkan om yud??
    https://kenthoetboreup.wordpress.com/2012/06/06/lampu-kuning-itu-tanda-untuk-waspada-atau-gaspoll/

  42. jatmikoputrapujo berkata:

    kerjo yo kesusu, padahal sik enom, kudune luwih telaten, tapi diuber target…jan..motore uwong gae dolanan…sekaliann nitip ya kang…
    https://jamuren.wordpress.com

  43. megalodon150 berkata:

    serem juga ya mas kalo ga ketauan, motor tiba tiba copot mesinnya di jalan!!!
    ciloko kui! masa harus di gowes, hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s