Ketika “kendaraan kesayangan” menemani tuannya hingga usia senja

Halo brother biker 😀 … dari pada nggak ada artikel baru, sekali2 nulis tentang sepeda onthel 😀 Yups..kemarin ketika lagi duduk-duduk disebuah kedai dipelosok sebuah dusun diCirebon, ada seorang bapak tua dengan sepeda tuanya mampir dan duduk-duduk serta ngobrol-ngobrol dengan saya. Namanya pak Katmina, lahir ditahun 1935 atau sekarang sudah berumur 78 tahun!! Subhanallah…diusia segitu masih kuat ngonthel muter-muter sampai ketetangga desa. Ketika saya tanya tentang sepeda tunggangannya, beliau menjawab dengan sangat antusias.
??????????
Menurut beliau sepeda onthel kesayangannya dibeli dari baru ditahun 1967, waktu beliau masih bujangan. Merk sepedanya “Root” sepertinya buatan kumpeni atau belanda CMIIW. Mungkin pada jamannya, sepeda ini termasuk kendaraan yang top markotob :mrgreen: tahun segitu pabrikan motor jepang belum ada yg jualan motornya ditanah air.
??????????
Sepeda onthel ini memiliki nilai historis yang sangat tinggi untuk pakKatmina..bayangkan ..sepeda beli dari baru ketika masih bujangan, mengiukuti aktivitas sehari-hari. Mungkin juga sepeda ini pula yang menun jang penampilannya ketika pedekate dengan sang pujaannya. Hingga kejenjang pernikahan. Memiliki anak, membesarkan dan menyekolahkan, menikahkan anak, memiliki cucu hingga sekarang… apapun kendaraan kita, bila kita rajin merawatnya dengan baik, bisa saja kendaraan kesayangan kita menemati kita hingga usia senja. 😀
??????????
Pak Katmina menawarkan saya untuk mencicipi sepeda onthel kesayangannya..gayung bersambut, sayapun mencobanya. Busyeet! Untuk tingga badan saya diatas 170cm saja masih jinjit balet sekale.. bagaimana dengan pakKatmina yang tinggi badannya sekitar 160cman…ah..tentu beliau sudah memiliki tekhnik ksusus untuk menumpakinya 😀
sepeda onthel dan yudibatang
??????????
??????????

Sepeda ini memiliki tiga percepatan, uda per dibawah sadelnya..sangat nyaman ketika dikayuh. Nggak berat, nggak krotak-krotak. Pokoknya tastenya lain dibanding naik sepeda gunung keluaran terbaru sekalipun. Mungkinkah saya dan anda semua bisa mencapai usia seperti pakKatmina dan masih ditemani kendaraan kesayangannya?? Kata juragan rondo..”Time will tell lah..” 😀

Iklan

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Pos ini dipublikasikan di pengalaman berkendara dan tag , , , , . Tandai permalink.

35 Balasan ke Ketika “kendaraan kesayangan” menemani tuannya hingga usia senja

  1. rusmanjay berkata:

    sepeda onthel bersejarah

  2. rsaputro berkata:

    weheheh pertamax ini, ajib terawat banget sepdenya kakek itu punya nenek saya malah sudah dihibahkan ke tetangga jadi gak sempat ngrawa bgituan.. salut deh mbah! 😉
    http://wp.me/p3wvjk-gD

  3. rusmanjay berkata:

    cirebonnya didaerah mana?

  4. Aa Ikhwan berkata:

    selalu setia 😀

  5. ketika itu sepeda mahal, kualitas terlihat masih ajib…
    mantaps…

  6. fnaufala berkata:

    mbah ane udah gonta gabnti seoeda gara2 pernah di tabrak

  7. archnine berkata:

    waduh jadi “kelingan” sepeda bapak dirumah, operannya saya rusakkan, belum tau tempat service nya dimana (ada masukkan?)

  8. kasamago berkata:

    luar biasa,
    pling sneng liat benda jadul terawat bgt sm pemiliknya.

  9. njajal ngonthel cirebon – batang

  10. jeviaja berkata:

    onthel jg ada yg seharga innova lo..yg bilang toko sepeda di semarang..

  11. mudagrafika berkata:

    Onthel bukan sembarang onthel… 😀

  12. frontdiskbrake berkata:

    kalo jalan bunyi cik cik cik…..
    Sayang punyaku rangkanya udah patah, so percuma disambung, krn harganya gak antik lg.

  13. ami-san berkata:

    salam kenal mas bro…

    dari saya pernah tinggal di Batang

  14. ipanase berkata:

    wah malah larang kui

  15. hanuji berkata:

    Smoga Kita dan Motor kita bisa seperti Sepeda Itu…Amiiiin

  16. sugiyantokenz berkata:

    apik bane kon ganti seng 17″ opo 14″ ben gak jinjit sampean 😀

  17. pak tarno berkata:

    keren ada persnelingnya juga, tapi mekanismenya gimana ya? kok beda ama mekanisme persneling sepeda MTB masa kini? di sepeda itu gak kelihatan tekukan rantai di gir belakang

  18. Fitready berkata:

    yang begini emang yang sering pada panjang umurnya mazbro, olahraga teruss..

  19. baridienbp berkata:

    Jadi inget almarhum uwaku,badan tinggi rambut jenggot&kumis putih sudah tua tp msh kuat ngontel 20km

  20. djaloemodjo berkata:

    dulu ada lungsuran simbah tapi pas renovasi malah dirongsokke 😦

  21. Rollerman berkata:

    seperti Vixie…

  22. ayoi berkata:

    barang sangat SITIMEWAH…Jross….

  23. Erit07 berkata:

    Kuat bnget ketahanan onthelnya…

  24. husni berkata:

    top speed?

  25. smartfaiz berkata:

    sporty banget setirnya dibawah pinggang 🙂

  26. ari berkata:

    sepeda jadoel

  27. die berkata:

    terharu .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s