Part sepeda Motor yang perlu perhatian khusus ketika musim hujan tiba

Halo brother biker 😀 … Artikel tentang tips sepeda motor berdasarkan pengalaman pribadi. Ada beberapa parts sepeda motor yang perlu perhatian khusus bila musim hujan tiba. Seperi kita ketahui bila musim hujan tiba maka medan dan jalan yang dilalui oleh sepeda motor mengalami perubahan, misal jalan yang tadinya kering jadi basah, suhu udara yang tadinya panas menjadi lembab dan lain sebagainya. Okay, langsung saja :

1. Ban

Ban adalah salah satu bagian sepeda motor yang sangat penting, Motor tanpa ban ya nggak bisa jalan he..he.. Karena ketika hujan tiba atau setelah hujan, umumnya jalan aspal menjadi licin dan basah dan jalan tanah menjadi becek, serta lubang jalan akan tergenang air. Maka perlu sekali brother biker memperhatikan ban sepeda motornya. Bila ban sepeda motornya sudah gundul atau grip ban masih bagus namun masa pakai ban sudah kadaluwarsa, segeralah ganti ban anda dengan ban baru!! Karena bila memaksakan menggunakan ban gundul pada kondisi jalan basah dan becek akan berpotensi selip dan mengalami kecelakaan!! waspadalah!! jangan lupa tekanan angin ban juga harus diperhatikan, Sesuiakan tekanan angin ban mengikuti spek ban. Jangan Menggunakan ban tjatjing, berbahaya!!

Ban tidak rata

2. Rem

Part lain yang harus diperhatikan adalah rem, periksa kampas rem. Bila sudah menipis segeralah diganti. Periksa juga minyak rem (untuk sepeda motor dengan rem cakram), Bila minyak rem tinggal sedikit, segeralah isi ulang.

kampas rem 1

3. Rantai sepeda motor

Part yang ketiga adalah rantai sepeda motor, pada umumnya bila memasuki musim hujan, rantai cenderung akan sering kena air hujan. Maka agar rantai dalam kondisi bagus, rajin-rajinlah memberi pelumas rantai. jangan sampai kering kerontang dan berkarat!! nanti rantai bisa putus ditengh jalan.

 

Semoga berguna 😀

Iklan

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Pos ini dipublikasikan di Bajaj, Bikers, Honda, Info parts motor, Kawasaki, pengalaman berkendara, safety riding, Suzuki, Tips sepeda motor, TVS, Yamaha dan tag . Tandai permalink.

5 Balasan ke Part sepeda Motor yang perlu perhatian khusus ketika musim hujan tiba

  1. monkeymotoblog berkata:

    makasih pak udah diingetin

  2. momo malang berkata:

    Mantel/jas hujan sobek ganti pisan kang

    Niat ibadah jangan jadi celaka http://goo.gl/RCmZis

  3. petirabang berkata:

    Emang umur pakai ban berapa tahun ya ? meskipun alur masih bagus harus di ganti juga ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s