Sepeda motor untuk harian mau dibore up?? jangan deh!!..

Halo brother biker 😀  …. Yups, Terkadang ada biker yang menggunakan motornya untuk keperluan harian menginginkan performa motor tunggangannya lebih keentjang dibandingkan motor tunggangan sejenis. Hingga sibiker jadi melakukan berbagai modifikasi mesinn motornya agar motornya lebih ketjang dan akselerasi lebih galak.

Waspada-Untuk-Melakukan-Bore-Up-Pada-Motor-Kesayangan-AndaSalah satu cara dengan membore up kapasitas mesin motornya dari yang setandar dinaikkan menjadi lebih tinggi kapasitasnya. Berdasarkan pengalaman rakan-rekan yang pernah memborep motornya, mendingan jangan deh!! karena bakalan nyesel nantinya. Contoh, dulu sekitar tahun 2009 saya punya seorang rekan pengguna motor vixion dari Cirebon, namun tinggalnya dijakarta. Sebut saja namanya Yan. Yan ini ingin menaikkan performa vixionnya agar lebih gahar. maka beliau membawa motornya keseorang tuner dan mesin motornya dibore up hingga menjadi 165cc. Kalau sudah membore up mesin biasanya part lain akan mengikuti juga. Knalpot akan diganti yang free flow, koil diganti koil racing, businya racing juga, filter udaranya juga racing. Memang sih.. motor jadi lebih enak dan galak.

??????????Tapiii… performa motor hanya enak cumaan sebentar doang. hari-hari berikutnya motor jadi sering bermasalah. Dari mesin jebol, water hummer (air radiator bercampur dengan oli mesin atau bubur sumsum), klep bengkok. sekher kena, piston bolong dll.

DSCN9736 Hari-hari dilalui hanya bolak-balik kebengkel dan “jajan” jajan part motor. Dan membuat kantong jebol bin kowol-kowol. yah… akhirnya ujung2nya motor dikembalikan jadi setandar dan juwal :mrgreen: Menurut opini yudibatang, pabrikn membuat mesin itu sudah melewati berbagai perhitungan daan berbagaimacam pengujian. jadi kalau motor cuman untuk keperluan harian, mendingan jangan dibore up deh he..he.. 😀

motor Drag bapo concept cirebonBeda dengan motor-motor yang memang untuk keperluan balap atau drag. motor dimodif semaksimal mungkin sesuai regulasi. selaseai balap, mator dinaikan kedoplak, sampe bengkel dibongkar lagi dan di”otak-atik” lagi.

 

Semoga berguna.

Iklan

Tentang yudibatang

Seorang yang menyukai hal-hal tentang sepeda motor, yang sedang mencoba membuat sebuah blog.
Pos ini dipublikasikan di Bikers, Info parts motor, Modifikasi performa, pengalaman berkendara, Tips sepeda motor dan tag , , , . Tandai permalink.

19 Balasan ke Sepeda motor untuk harian mau dibore up?? jangan deh!!..

  1. ardiantoyugo berkata:

    aku wes cukup porting polish sazaa… :mrgreen:

    Lebih Dekat dengan Viar VX2: http://wp.me/p1eQhG-13b

  2. korter standar pabrikan kalo mw… OS100 mentok

  3. jbminerva.com berkata:

    yang standaran itu udah nyaman kok

    http://jbminerva.com/

  4. bimo96 berkata:

    Tapi ya liat bengkelnya jg.. Kalo bengkelnya pinter.. Pasti tahan n awet..

    • lebay berkata:

      dan usernya jg, bengkel pinter jempolan ga ada gunanya klu usernya ndableg cmiiw.. :Peace:

      fyi.. ane user bore up jg om, pasang sendiri malah, sama 60mm jg, tpnya dari aslinya 54mm if u know what i mean..

  5. mimin rider berkata:

    Minerva r150vx ku udh tak bore up 192,6 cc pke piston tiger os 300(66,5mm) n stroke up 3mm(55,5mm) klep 33/27, kompresi 10,9:1, porting polish, noken as 265drajat lift 8mm, perkop ninja rr, kamkop tiger wrx, koil scorpio 5bp with groundstrap, cdi cheetah power new classic, busi denso iridium, karbu pwk sunworld 30mm.. Alhmdulilah jalan2 solo-dieng, solo-pemalang, solo malang baik2 aja..

  6. fnaufala berkata:

    tergantung bengkelnya juga sih,,
    kalo mau main aman ya cukup OS100 aja plus maksimalin part standar motor kyk PNP n jetting 😀

  7. Endel berkata:

    Setuju..
    .nek arep modif cukup setange wae…ganti punya setang kemudinya RX Z juosss….

  8. hantu berkata:

    Ane punya shogun 125 di bore up jd 150 make piston thunder 125….porting polish busi make standart aja knalpot make FU dah stahun buat harian gak masalah mas…..cman itu sering cek oli aja….toh slama ini ganti oli tetep 1 bulan skali…dr dulu emang ane 1 bulan sekali harus ganti oli….sehari perjalanan 60 km mas…..aman2 aja tuh motor ane…..hehehehehhe

  9. brigade jalan raya berkata:

    betul. dan di stnk dan bpkb nya berubah :mrgreen:

  10. Mas Sayur berkata:

    mending sutandar wae…

  11. pakde jat berkata:

    vixion/ jup mx bore up ga masalah. nih spek motorku jup mx 2012 bore 62mm klep 23-20 karbu rx king cdi brt knalpot standart bobok gear standart top speed 145km jalan rata. sejak modif sdh 12000km lebih air radiator tanpa berkurang. semua itu aku sendiri yg modifikasi, tgl 21-3-2015 kemarin touring bandung-jogja 7jam lanjut jogja -surabaya 6jam . sampai surabaya cek air radiiator tidak berkurang. jadi mx/vixion bore up gak masalah. yg jelas mantap…kencang. yang jelas modifikasi mesin hitungannya harus tepat. dan untuk mx/vixion bore.up.mania bikinlah paking head dari bahan alumunium tebal/plat nomor dan dioles threebond atau bikinlah ke tukang paking head bikin seperti paking head mobil, air radiator mx/vixion kalian aman2 aja seperti mx 178cc punyaku

  12. sepatu bandung berkata:

    bore up bikin boros. ngga enak motornya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s